Ads #1

Panduan Terbaru dan Lengkap Blogger untuk Pemula 2023

Panduan Terbaru dan Lengkap Blogger untuk Pemula 2023. Sengaja saya menuliskan panduan ini karena tidak sedikit yang bertanya kepada saya tentang bagaimana caranya membuat blog, bagaimana daftarnya, caranya untuk menulis, dlsb. 

panduan blog terbaru

Daripada saya capek-capek bicara, saya tinggal bagikan tautan ini saja, nanti kalau selesai baca dan ada yang kurang paham kan bisa bertanya. Gitu kan? Hehe

Oke langsung saja, ini adalah panduan terbaru dan lengkap blogger untuk pemula di tahun 2021

Apa itu Blog, Blogger dan Blogging?

Pada 17 Desember 1997 seorang bernama Jorn Barger menggunakan istilah pertama kalinya web log, yaitu menyimpan informasi log di website. Lebih lengkapnya tentang blogger, blogging dan ngeblog silakan baca artikel berjudul apa itu blog?

apa itu blog

Memilih Platform

Platform merupakan hal penting untuk ditentukan terlebih dulu, apakah memilih blogspot atau wordpress, selain itu apakah ingin menggunakan self hosted atau pilih gratisan saja. Semua platform memiliki versi gratis seperti blogspot dan wordpress. 

Keduanya ada sisi kekurangna sekaligus kelebihannya

Secara singkat, kekurangan dari self hosted tentu soal biaya tahunan yang harus anda bayarkan secara rutin sekaligus merawat hosting dari hal-hal teknis. Sedangkan sisi kelebihan dari self hosted adalah anda secara mandiri bisa mengubah apa saja secara kustom sesuai keinginan sendiri. 

Tentunya, hal itu dibekali teknik pemograman secara khusus sekaligus memahami logika kode pada struktur website. 

Adapun yang kedua secara gratisan juga memiliki kelebihan tersendiri, di antaranya tidak perlu memaintenance hosting sebab semua sudah dihandle oleh Google. Saya sendiri memilih blogger sebab hal ini bisa meringankan. Saya cukup membeli domain TLD saja untuk mengubah dari qowim.blogspot.com menjadi qowim.net 

Cara untuk kustom domain pun sangat mudah, saya sudah memberikan tutorialnya pada artikel berjudul Cara Custom Domain melalui DNS Management.

Tutorial ini tentang blogspot, jadi saya rasa akan lebih bermanfaat jika mulai dari sini akan membahas seputar blogspot saja. 

Cara Daftar Blogspot

Cara mendaftarkan blogspot cukup mudah sekali, anda hanya perlu email dari Google saja untuk mendapatkan fitur blogspot gratis. 

Lebih lengkap dan detailnya silakan baca panduan cara membuat dan daftar blogspot secara gratis, bisa dilakukan melalui HP maupun PC. 

Pengaturan Awal Blogspot

Setelah mendaftarkan blogspot, pahami terlebih dulu struktur blog dan bagaimana cara pengaturan awal blogspot. Oleh sebab itu, saya akan memberikan langkah-langkah praktisnya agar Anda bisa melakukannya dengan mudah dan tidak membuang-buang waktu. 

Menentukan Judul dan Deskripsi Blog

Judul dan deskripsi adalah hal paling penting dalam membangun sebuah blog. Oleh sebab itu sebelum membuat blog, tentukan terlebih dahulu blog seperti apa yang anda inginkan atau cita-citakan. 

Lebih kurang ada 11 macam dan jenis blog jika dilihat dari sisi konten dan tujuannya. Saya tidak akan menjelaskan semuanya di sini, sebab sudah saya tuliskan pada artikel yang sudah saya terbitkan berjudul 11 Jenis Blog yang wajib diketahui.

Memilih Template/Tema

Template atau tema juga hal penting, usahakan sebagai seorang blogger jangan terlalu sering gonta-ganti template, hal ini akan membuat mesin pencari kebingungan sebab setiap tema memiliki karakteristik dan kode berbeda. Itulah salah satu pengaruh dari terlalu sering ganti template.

Usahakan tema harus fixed di awal, blogspot sudah memberikan tema-tema yang bagus secara struktur yang sederhana jika ingin memilih template bawaan blogspot. Tidak ada yang salah di sana. 

Namun, jika anda memiliki dana yang cukup, anda bisa membeli template premium yang sudah dibuat oleh para master blogger di dunia internet. Harganya pun tidak tergolong mahal jika digunakan satu kali untuk seumur hidup. 

Saya sendiri memilih template yang dibuat oleh Mas Sugeng yang dinamai LINKMAGZ. 

Pemasangan template di blogspot sangat mudah apalagi pada tampilan yang baru sejak tahun 2020.

Daftarkan di Mesin Pencari Google

Setelah membuat blog dan menulis artikel, usahakan blog anda terdaftar dan terindeks di mesin pencari google. Anda dengan mudah bisa mengindeks artikel secara gratis di google search console. 

Saya sudah menulis tentang cara mendaftarkan blog di google. Silakan baca artikel berjudul Cara Lengkap menambahkan Properti Google Search Console.

Selain Google search console, anda juga bisa mendaftarkan indeks di DuckDuckGo dengan cara yang sudah saya tuliskan pada artikel lain yang berjudul Cara Submit blog di DuckDuckGo.

Terdapat 4 platform pengindeks website yang saya kira harus dipertimbangkan, agar blog kita mudah ditemukan oleh pengguna.

Memahami Tata Letak Menu dan Fungsinya

Cara Posting Artikel

Terkait cara posting artikel sekaligus optimasinya, silakan baca artikel berjudul Cara membuat postingan blog sekaligus optimasinya

Di sana saya menuliskan secara lengkap bagaimana memposting artikel sekaligus optimasinya.

Cara Membuat Halaman Statis

Cara Memasang dan Menampilkan Widget

Cara Mengganti Template Blogger

Cara Memasang Favicon

Favicon merupakan hal yang sangat penting juga untuk diperhatikan. Favicon merupakan simbol karakter yang tersemat di blog kita ketika ada yang mengakses lewat browser, baik itu safari, chrome bahkan microsoft. 

Secara lengkap saya sudah menuliskan tentang cara membuat dan memasang favicon di blog secara mudah dan sederhana. Silakan baca artikel berjudul Cara Mengganti Favicon Blog secara Mudah.

Cara Mengganti Judul Blog dengan Logo

Pengaturan Bahasa

Pengaturan robot txt

Tutorial Dasar Blogger untuk Pemula

Sebelum memilih ngeblog menjadi jalan ninja, kalian harus tahu dulu tentang tutorial-tutorial dasarnya, karena kata orang Jawa kabeh laku kudu dingilmoni - semua tindakan kita harus didasari oleh ilmu. Pengetahuan dasar ngeblog ini tidak rumit kok. 

Di bawah ini adalah tutorial dasar tentang ngeblog.

1. Cara Posting Tulisan

Memposting tulisan adalah hal yang paling utama dalam aktivitas ngeblog, bahkan menjadi satu-satunya kunci ngeblog. Ya, gimana mau ngblog kalau gak ada tulisan? Memang basis dari ngeblog ya menulis itu sendiri.

Setelah kalian berhasil mempersiapkan konten, tentu harus mempostingnya agar tulisan kalian bisa dibaca oleh banyak orang.

Cara ini sudah saya tuliskan secara panjang pada artikel yang berjudul cara memposting artikel di blog sekaligus optimasi SEO-nya

Silakan dibaca terlebih dahulu.

SEO itu penting gak penting, artinya ya kalau mau terjun di dunia blog harus tahu dikit-dikit tentang SEO, sebagai bekal saja. Sebab artikel di internet itu polanya berbeda dengan artikel di artikel-artikel secara konvensional.

2. Cara Menambahkan Label pada Postingan

Menambahkan label termasuk hal yang penting juga, sebab hal itu bisa memberikan navigasi kepada pembaca. Biar pembaca tahu bahwa ia sedang membaca topik apa.

Jangan sampai pembaca tersesat di blog kita lalu bingung dengan skema-skema artikel yang kita buat. 

Saya sudah memberikan tutorial secara lengkap tentang cara menambahkan label postingan dan fungsinya sebagai navigasi blog. Silakan baca artikel berjudul cara menambahkan label postingan pada blog. Di sana saya menjelaskan cukup detail tentang manfaat dan tata cara praktis dan mudah menambahkan label pada postingan blog. 

3. Cara Edit Menjadwalkan Postingan Blog

Hal ketiga yang tak kalah penting adalah menjadwalkan postingan blog. Blogger yang baik biasanya dilihat dari jumlah postingannya yang konsisten. Tidak perlu mengejar kuantitas tulisan, namun perhatikan saja kualitas dan interval antara postingan satu dengan yang lainnya secara lebih baik. 

Jika anda misalnya hanya bisa menulis dua artikel dalam satu bulan, maka buatlah jarak dua minggu sekali posting. Anda bisa menggunakan fitur dari blogspot yaitu jadwal postingan blog. 

Lihat di samping kanan. dashboard ketika menulis postingan, di sana ada menu dipublikasikan pada. Silakan anda isi dengan waktu dan tanggal yang anda inginkan. 

Nantinya, postingan anda tersebut akan tertulis dijadwalkan. Jadi ketika sudah masuk waktu yang anda jadwalkan, maka secara otomatis akan terbit dengan sendirinya di blog anda. 

4. Cara Menambahkan Lokasi

Jika anda suka menambahkan lokasi anda di blog, jangan khawatir di blogspot sudah memberikan fasilitas tersebut. Meskipun saya sendiri tidak memakainya dan tidak banyak pula yang memakainya. 

Hal itu adalah selera masing-masing blogger. Jadi silakan saja jika anda suka menambahkan lokasi di postingan anda. 

Caranya sangat mudah, ketika anda menulis konten, di sebelah kanan anda terdapat menu lokasi, silakan tuliskan saja lokasi anda di sana, secara otomatis google akan membantu anda untuk mendapatkan lokasi yang anda inginkan. 

5. Cara Menambahkan Deskripsi Penelusuran

Deskripsi penelusuran adalah hal penting di blogspot. Anda wajib mencantumkan deskripsi penelusuran di tiap konten yang anda tulis. 

Secara panjang saya sudah menuliskan hal ini, yang kebetulan juga termasuk salah satu konten tentang meta deskripsi artikel. Fungsinya adalah untuk membantu mesin pencari google agar secara cepat dapa menemukan konten anda. 

Silakan baca artikel berjudul cara menuliskan meta deskripsi pada blog. Di sana saya menuliskan juga tentang fungsi dan tata cara secara mendetail. 

6. Cara Mengatur Tag Robot Custom

Tag robot custom juga tak kalah penting untuk diperhatikan oleh para blogger. 

Cara Promosikan Artikel Blog

Pentingnya Promosi 

Promosi website atau blog itu tidak bisa terabaikan begitu saja, sebab sangat penting.

Promosi Lewat Media Sosial 
Promosi Backlink
Promosi ke Teman dan Lingkugan

Pertanyaan-pertanyaan Umum

Konten ini akan selalu saya perbarui seiring dengan pertanyaan atau hal-hal penting yang menurut saya penting untuk dijelaskan di sini. Niat saya untuk belajar sekaligus memberikan pemahaman saya kepada orang lain. Kali aja bermanfaat. Semoga saja... 



Qowim Musthofa
Qowim Musthofa Blogger yang tinggal di Bantul. Mengajar di Institut Ilmu al-Qur'an (IIQ) An-Nur Yogyakarta. Terima kasih telah berkunjung. Korespondensi melalui surel: [email protected]

Post a Comment for "Panduan Terbaru dan Lengkap Blogger untuk Pemula 2023"