Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Cara Custom Subdomain ke Blogspot Lewat DNS Management

tutorial subdomain blogspot
qowim.net

Cara Custom Subdomain ke Blogspot Lewat DNS Management - Domain saya ini qowim.net isinya sudah sangat gado-gado. Apa aja saya tulis di sini. Kadang saya merasa bersalah karena membingungkan pengunjung.

Coba sambil saya inget lagi ya apa aja kategorinya; Parenting, artikel untuk kebutuhan mahasiswa, curhat yang tidak sistematis, iklan, Yahya. dan lain sebagainya... Wah ini sudah terlampau banyak. 

Sebenarnya tidak baik untuk sebuah blog. Nichenya tidak spesifik. Tapi yaaa sudahlah gak papa. Sekalian saya tambahin aja nih tentang tutorial ngeblog. Semakin jadi gado-gadonya. 

Tapi... saya buat subdomain ini juga niatnya untuk mengkhususkan pembahasan sih. Beberapa hari yang lalu saya buat subdomain di blog ini dengan nama bahasaku.qowim.net sebelumnya saya juga buat subdomain untuk kepentingan materi kuliah di tajwid.qowim.net

Rencananya sih mau saya isi semua panduan dan artikel tentang Bahasa Indonesia, ya karena kebutuhan kampus sih sebenarnya. Biar tidak capek-capek share materi, tingga share link subdomain di atas saja kalau ada perkuliahan. Beres... 

Nah oleh karena itu saya mau sekalian aja lah buat tutorialnya, kali aja ada yang nyangkut di sini dan bisa bermanfaat. 

Sebelum mulai tutorial ini saya menggunakan jasa jogjaweb. Jadi jika kalian menggunakan jasa lain, mungkin tampilannya akan berbeda, tapi pada intinya sama sih, tentang pengaturan DNS Management saja. 

Cara Custom Subdomain ke Blogspot

Sebelum membuat subdomain, kalian harus punya domain TLD terlebih dulu, dan juga punya halaman di blogspot yang lain. Dari blogspot tersebut baru nanti kita alihkan ke subdomain yang kita inginkan, yang sudah kita miliki. 

Ikuti tutorialnya;

1. Buka aku jasa penyedia domain

Karena saya pakai jogjaweb, maka tampilannya nanti akan seperti ini. Mungkin tampilan pada penyedia layanan domain kalian berbeda, tapi pada intinya sama kok. 

2. Buka menu domain manager 


Domain saya qowim.net akan saya tambahkan subdomain untuk menghemat biaya pembuatan blog lain. 

3. Buat record baru

Isi add record nama host dengan nama subdomain, alias diisi dengan CNAME, dan alamat diisi dengan ghs.google.com

Semua penyedia layanan hosting mungkin punya tampilan yang berbeda, tapi pada intinya sama. Kalian harus mengisi nama host, jenis host dengan CNAME, lalu mengisi alamat dengan ghs.google.com (google hosting)


4. Simpan

Sudah selesai untuk pengisian alamat subdomain. Tapi ini belum selesai, karena kita belum setting di blogspotnya. 

Kita lanjut di tahap selanjutnya

Cara Setting Subdomain di Blogspot

Di tahap ini sebenarnya sangat mudah, ikuti saja langkah berikut ini. 

  1. Buka dasbor blogspot
  2. Klik menu setelan 
  3. Cari menu memublikasikan 
  4. Isi subdomain (subdomain.domain.TLD)
  5. Simpan

*btw. Google sebenarnya keliru memublikasikan, sebenarnya huruf p pada kata mempublikasikan tidak perlu luruh meskipun mendapatkan awalan me- karena kata publis itu berasal dari bahasa asing, jadi mendapatkan imbuhan apapun tidak perlu diubah-ubah. Beda kasus dengan kata pamer menjadi memamerkan, bukan mempamerkan. Ah sudahlah.

Tampilannya begini ya, diisi saja subdomain kalian 

Jika sudah klik simpan saja, lalu kalian tunggu saja google membaca pengalihan tersebut sesuai dengan yang sudah diatur dari DNS Management tadi ya. 

Ketentuannya diminta menunggu 24 jam, tapi praktiknya lebih cepet kok. 15 menitan coba dicek dengan mengetik url subdomain pada alamat browser. Kemungkinan besar sudah dialihkan. 

Jika lebih dari 24 jam kok belum teralihkan, silakan hubungi cs peneyedia layanan hosting kalian. 

Di jogjaweb csnya sangat responsif dan sangat membantu jika ada kesulitan setting begini, apalagi yang awam seperti saya ini. Kalian bisa kepoin layanannya di sini; JOGJAWEB mulai dari domain, hosting hingga layanan pembuatan website dengan harga bersaing. 

Qowim Musthofa
Qowim Musthofa Dosen swasta yang suka ngeblog

Post a Comment for "Cara Custom Subdomain ke Blogspot Lewat DNS Management"