Ads #1

Cara Membuat Blog Gratis dengan Mudah di HP atau PC

Cara membuat blog gratis di HP dengan mudah. Akhir-akhir ini banyak sekali iklan bersliweran tentang pembuatan website. Mungkin karena dampak pandemi, orang-orang butuh halaman di website, baik untuk jualan, maupun untuk portofolio. Mungkin saja sih. Semoga ini bisa membantu dengan menuliskan tentang membuat blog gratis di hp.

cara membuat blog mudah
qowim.net

Oke tapi gini, Istilah web ini terkesan konvensional sih. Kalau website pribadai saya lebih enak nyebutnya dengan istilah blog. Bagi yang masih agak bingung mengidentifikasi istilah tersebut, bisa baca artikel berjudul Apa itu Blog, Blogging dan Blogger

Ada platform yang paling banyak diminati di dunia blogging, yaitu yang sedang saya pakai juga ini untuk ngeblog.

Apalagi kalau bukan blogspot milik google.

Sebelum beranjak ke langkah teknis, saya ingin membahas dulu tentang beberapa alasan mengapa memakai blogspot, bukan wordpress.

Mengapa Pilih Blogspot?

Berikut ini adalah tiga alasan mengapa memilih blogspot

Gratis

Yah, ini tentu saja. Kalian kalau bikin blogspot begini, tak perlu mengeluarkan biaya sepeserpun. Karena untuk membuat akun blogspot seperti ini adalah GRATIS.

Tidak perlu repot-repot sewa hosting yang mahal itu, dan domain yang lumayan juga. Untuk sewa hosting dan beli domain, minimal kalian harus nyiapin dana sebesar 500.000/tahun. 

Beda dengan blogspot, semuanya sudah difasilitasi oleh Google. Tahu sendirilah di dunia internet search engine, ya Google rakasasanya. 

Jadi hampir sulit dipastikan kebangkrutannya di masa depan, kecuali kiamat mungkin. Selama google masih ada, selama itu blog kalian tetap aman dan terkendali. Hehe

Aman

Keamanan blogspot juga terjamin. Maksudnya aman itu konten-konten yang sudah kita tulis dipastikan masih terus ada dan tidak bisa diakses oleh orang lain tanpa seizin kita. Apalagi jika sudah diverifikasi email dan nomor hp. 

Meskipun aman, jika konten-konten yang dibuat itu menyalahi aturan-aturan di google juga bakalan dikunci, jadi pastikan saja kontennya aman tanpa adanya pornografi. 

Kustomisasi Tema

Jangan khawatir, di blogspot kalian sudah disediakan template gratis, kalian bisa pilih template yang sesuai dengan karakter kalian.

Hebatnya lagi, kalian juga bisa melakukan kustomisasi, baik itu dari segi warna, jenis font, hingga tata letak yang sangat ramah terhadap manusia. 

Namun, jika kalian ingin ringkas dan praktis, kalian bisa sedikit modal dengan membeli template premium di blog sugeng.id di sana kalian bisa membeli template secara cepat dan akurat.

Seperti yang sedang saya pakai ini. 

Harganya sangat terjangkau, jika minat bisa klik di sini.

Sepertinya 3 hal tersebut sudah cukup menjadi alasan mengapa harus memilih blogger sebagai platform blog yang sangar ramah kepada blogger pemula.

Nah, oke langsung saja bagaimana caranya membuat blog di blogspot?

Cara Membuat Blog Lewat PC

Untuk membuat blog di blogger bisa juga kalian lewat hp ya, tidak harus pakai pc atau laptop. Inilah langkah-langkah membuat blog di blogspot.

  1. Kalian harus punya akun di google.
  2. Kunjungi website https://www.blogger.com
  3. Sign in di bagian kanan atas. Masukkan saja email dan password kalian
  4. Klik New Blog
  5. Tentukan nama blog
  6. Klik Next atau Selanjutnya

Alamat blogspot harus unik ya, kalau sudah pernah dipakai orang lain, maka kalian harus pakai nama sendiri. Misalnya qowim.blogspot.com ini sudah saya pakai, kalian tidak bisa pakai lagi untuk alamat blogspot kalian.

Jangan lupa klik Simpan/Save

Selanjutnya blog pengguna secara otomatis akan dibuat. Kalian dapat mengelola blog sendiri atau menentukan siapa saja yang dapat menambahkan postingan/konten, mengedit hingga membaca blog pengguna.

Kalian juga dapat memilih bagaimana blog pengguna terlihat.

Selain itu, asyiknya kalian juga dapat membuat halaman ke blog gratis yang berisi About atau Contact. Halaman dapat muncul di blog pengguna sebagai tab di bagian atas atau tautan di samping.

Dalam menulis blog di blogspot, kalian pun dapat mengedit, menghapus, dan mengelola tulisan.

Dalam satu postingan blog, pengguna juga dapat menambahkan gambar dan video. Tak hanya itu, pengguna juga bisa mengelola kolom komentar pada bagian bawah blog.

Blogspot dapat diakses melalui berbagai mesin peramban, seperti Chrome, Firefox, Safari, dan MS Edge.

Nah itu dia cara-cara membuat blog di blogspot. Mudah kan? 

Langsung praktik ya. 

Cara Membuat Blog Lewat HP

Jika kalian ingin lebih ringkas dan mudah, bisa saja kok membuat blog lewat hp. Cara dan ketentuannya kurang lebih sama dengan cara di atas. 

  1. Pastikan smartphone kalian sudah login di email google
  2. Buka browser www.blogspot.com
  3. Klik New Blog
  4. Tentukan nama dan alamat url. Pastikan belum ada yang menggunakannya. 
  5. Klik Simpan

Kalian langsung bisa membuat postingan, mengatur tata letak, memilih tema, dan lain-lain. Tahapan-tahapan yang harus dilakukan memang agak lumayan banyak, jadi harus telaten untuk mengikuti panduan-panduan yang banyak tersebar di internet. 

Oke segitu dulu tutorial membuat blog gratis di hp dengan mudah. Semoga bermanfaat. 

Cara Kustomisasi Domain menjadi dotcom


Qowim Musthofa
Qowim Musthofa Blogger yang tinggal di Bantul. Mengajar di Institut Ilmu al-Qur'an (IIQ) An-Nur Yogyakarta. Terima kasih telah berkunjung. Korespondensi melalui surel: [email protected]

Post a Comment for "Cara Membuat Blog Gratis dengan Mudah di HP atau PC"