Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

ads.header2

Cara Memasang dan Mengatur Meta Deskripsi di Blogger

Sebagai seorang blogger wajib hukumnya mengetahui tentang meta deskripsi di dalam blog, baik di homepage maupun di postingan blog. Oleh sebab itu, pada artikel ini saya akan membagikan bagaimana caranya memasang dan mengatur meta deskripsi atau desciption di blogger.

meta deskripsi blogger
qowim.net

Namun, sebelum beranjak ke sana, penting terlebih dahulu untuk diketahui apa itu meta deskripsi blog. Tak hanya itu, kamu harus tahu apa fungsi dari meta deskripsi tersebut.

Apa itu Meta Deskripsi?

Meta data dari sebuah blog atau postingan artikel yang berfungsi untuk memudahkan mesin pencari dalam menelusuri isi dari artikel. Di setiap postingan di internet sebaiknya harus mencantumkan ini.

Oleh sebab itu, google sangat menyukai artikel yang lengkap meta data dari blog atau artikel. Selain memudahkan merayapi konten, juga bisa memperbanyak jumlah artikel yang terindeks di google. 

Walaubagaimanapun, algoritma google menyukai hal-hal yang lengkap dari sebuah artikel.

Fungsi Meta Description

Fungsi dari meta data blog berguna untuk optimasi SEO setiap artikel. Salah satu cara untuk optimasi SEO adalah dengan mengatur meta description di dalam postingan. Tentang bagaimana caranya untuk optimasi SEO silakan baca artikel Cara Optimasi SEO di Postingan Blogger.

Kegunaan lain dari itu adalah untuk menampilkan deskripsi ketika di mesin pencari. Agar lebih mudah dipahami silakan perhatikan gambar di bawah ini.

Meta deskripsi postingan
gambar 1

Tulisan yang berada di dalam lingkarang hijau adalah meta deskripsi yang sudah ditulis. Jadi hal ini bisa menarik perhatian calon pembaca blog agar mengklik artikel kita.

Oleh sebab itu, penulisan meta deskripsi tidak boleh sembarang. Harus sesuai dengan isi dari postingan atau artikel yang ditulis.

Lalu bagaimana caranya mengarut meta deskripsi? Sebelumnya, harus diketahui terlebih dulu bahwa meta data itu ada banyak, misalnya halaman depan, gambar, dan postingan. Namun tutorial ini hanya membahas dua hal saja, yaitu homepage dan postingan. 

Yuk simak.

Cara Mengatur Meta Deskripsi di Halaman Depan Blog

Soal cara mengatur meta deskripsi ada dua, manual dan otomatis. Untuk memudahkan agar lebih sederhana, kita bahas yang otomatis saja, yang sudah disediakan oleh Blogspot di dashboard kita. 

  1. Masuk di dashboard Blogspot
  2. Klik Setelah/setting
  3. Cari menu pilihan Tag Meta
  4. Centang (check) Aktifkan Deskripsi Penelusuran
    tag meta blogger
    gambar 2
  5. Klik Deskripsi Penelusuran lalu isilah tag meta deskripsi yang ingin ditampilkan
  6. Lalu klik Simpan

Hasil dari pengisian tag meta tersebut akan berada di bawah alamat blog ketika muncul di mesin pencarian google. Lihat gambar di bawah ini

tag meta blogspot
gambar 3

Sekali lagi, ini adalah cara untuk meta tag di halaman beranda ketika muncul di laman pencarian, baik google, bing maupun yahoo. Setelah ini saya kita akan beranjak bagaimana cara mengatur meta deskripsi di postingan blog.

Cara Mengatur Meta Deskripsi di Postingan Blog

Cara ini sangat mudah sekali, sebab blogspot sudah memberikan fasilitas itu kepada blogger. Kita tak perlu lagi mengulak-ulik kode html di blog. Lalu bagaimana?

  1. Login ke dashboard blog
  2. Klik salah satu artikel yang sudah diterbitkan. Jika menulis baru juga boleh. 
  3. Lihat di menu bagian kanan
  4. Klik Deskripsi Penelusuran
  5. Tulis kata kunci yang dikehendaki. Sebaiknya memuat kata kunci yang ada di dalam judul.
    cara mengatur meta deskripsi postingan
    gambar 4

    Keterangan
    Deskripsi ini dibatasi hanya 15 karakter, jadi jangan melampaui batas itu.
  6. Lalu Publikasikan

Sudah gitu aja, kok. 

Penutup

Dua cara di atas adalah teknik yang paling sederhana namun sangat penting untuk diperhatikan dalam proses ngeblog. Hal ini berfungsi agar postingan kita mudah ditemukan oleh mesin pencari seperti Google. Apalagi, blogspot itu miliknya Google, jadi harus ramah dengan pemiliknya. 

Segitu dulu artikel tentang cara memasang dan mengatur Meta Deskripsi di Blogger. Semoga bermanfaat.

Qowim Musthofa
Qowim Musthofa Dosen IIQ An-Nur Yogyakarta Fakultas Ushuluddin Prodi Ilmu Hadis

Post a Comment for "Cara Memasang dan Mengatur Meta Deskripsi di Blogger"