Ads #1

Cara Mengganti Template Blogger pada Tampilan Blogspot Terbaru

Cara mengganti template blog sering kali menjadi hambatan blogger pemula. Hal ini biasanya masing sering bingung soal tampilan blog yang menarik dan sesuai dengan keinginan hati. 

Saya sendiri ketika awal-awal main blog, sebulan bisa ganti template baru hanya karena terpengaruh ketika berkunjung blog lain dan ternyata templatenya lebih menarik. 

Tampilan memang penting bagi seorang blogger, tapi bukan satu-satunya yang paling penting. Sebab sebagus apapun tampilan blog kalian, kalau kontennya biasa saja dan malah jarang update, niscaya bakalan sepi pengunjung. Ya, seperti blog ini, sering ganti-ganti template blog pada awalnya. Tapi sekarang alhamdulillah sudah tidak lagi ganti-ganti tema blog.

Karena sering ganti, kayaknya udah hafal di luar kepala deh ini tentang cara mengganti template blog. Sebenarnya sangat mudah sekali. Cuma yang sulit itu, menentukan tema apa yang mau dipakai.Tapi yang jelas harus mempertimbangkan kecepatan loading blog biar tidak terlalu berat.

Langsung saja deh, ini dia cara mengganti template blogger.

Ikuti panduan berikut ini, mudah sekali tidak ada sulit-sulitnya, butuh ketelitian saja kalau soal template. 

  • Login ke dashboard blogger kalian
  • Klik saja menu Tema
  • Pilih tema yang sudah disediakan oleh Google di sana lalu klik tema tersebut
  • Di bawahnya ada pilihan Pratinjau, Sesuaikan dan Terapkan
  • Klik terapkan jika merasa sudah paling cocok di hati
  • Selesai

Mudah sekalli, bukan? persoalan cara mengganti template blogger secara otomatis disediakan oleh pihak Google. 

BACA JUGA: Panduan Terbaru untuk Blogger Pemula

Namun jika anda mempunyai kode template sendiri yang tidak ada di persediaan otomatis template dari Google, maka dibutuhkan sedikit keahlian untuk menerapkannya. Sebelum memakai metode ini, silakan backup terlebih dahulu template yang sekarang anda pakai. 

Hal ini agar bisa dikembalikan lagi, jika ternyata dalam proses instalasi template nantinya mengalami kesalahan.

Caranya sebagai berikut

Tetap di menu tema blogger kalian, pada bagian paling atas terdapat pilihan sesuaikan, klik tanda anak panah ke bawah di sampingnya. Lalu akan muncul menu lain. Perhatikan gambar berikut;

cara ganti template blogger


  • Setelah itu silakan klik pulihkan
  • Pilih berkas template yang sudah anda miliki lalu upload
  • Selesai

Sekian tutorial tentang cara mengganti template blog pada tampilan blog yang baru seperti sekarang ini. Semoga tutorial ini memberikan manfaat. Jangan lupa bagikan jika bermanfaat.

Jika ada pertanyaan silakan cantumkan di kolom komentar, ya.

Qowim Musthofa
Qowim Musthofa Blogger yang tinggal di Bantul. Mengajar di Institut Ilmu al-Qur'an (IIQ) An-Nur Yogyakarta. Terima kasih telah berkunjung. Korespondensi melalui surel: [email protected]

Post a Comment for "Cara Mengganti Template Blogger pada Tampilan Blogspot Terbaru"