Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Cara Membuat Postingan di Blogspot dan Optimasi SEO

Cara membuat postingan di blogspot dan optimasinya. Dulu, ketika awal-awal nulis di blog, saya cuma nulis aja tanpa mempertimbangkan ini dan itu. Yang penting nulis lalu posting gitu aja. Dan, sepertinya  hal ini sering terjadi pada blogger-blogger pemula. Yang penting tulis lalu posting. Ya, maklum juga namanya pemula. 

Pengantar

posting artikel blog
qowim.net

Kita tidak boleh abai dengan artikel yang sudah berhasil kita posting dengan membiarkannya, tanpa memberikan sentuhan-sentuhan kecil. Ada baiknya kita juga harus tahu cara optimasi postingan, dan sebenarnya kita juga harus tahu fungsi-fungsi dari fitur di blogspot. 

Sederhananya, tidak mungkin dong blogspot memberikan fitur yang banyak ketika sebelum posting tapi tidak ada gunanya? 

Ya, nggak sih? 

Oke langsung saja, cara membuat postingan di blogspot sekaligus optimasinya. 

Cara Membuat Postingan di Blogspot 

Sebenarnya sih mudah ya untuk membuat postingan di blogspot, tapi biar klir saja, sekalian deh saya kasih cara-cara praktisnya di sini. 

  1. Pastikan sudah login di dasbor blog
  2. Klik tanda plus POSTINGAN BARU
  3. cara posting artikel
    qowim.net
  4. Tuliskan Judul pada tanda no. 1
  5. Tulis artikel kalian pada tanda no. 2
  6. Isi label postingan sesuai yang kalian buat pada no. 3
  7. Jadwal postingan, kalian bisa ubah sesuai keinginan.
  8. Link bisa dikustom atau otomatis pada no. 5
  9. Isi deskripsi penelusuran
  10. Opsi pada no. 7 tentang izin komentar. Kita boleh memilih mengizinkan komentar atau tidak di postingan kita. 
  11. kompponen di dalam postingan blog
    qowim.net
  12. Pratinjau terlebih dahulu untuk memastikan
  13. Jika sudah silakan klik Publikasikan

Artikel kalian sudah terbit dan bisa tampil di hompage blog kalian. Sebelum kalian praktik, ada hal-hal yang harus diperhatikan agar blog artikel bisa maksimal untuk ditemukan di mesin pencari google. 

Optimasi SEO Artikel di Blog

Soal optimasi SEO artikel di blog, sebenarnya ada banyak hal yang harus dibahas, namun di sini saya akan membahas 3 hal saja. Biar tidak terlalu banyak, yang sederhana-sederhana saja sesuai pengalaman saya. Kalian bisa melihat gambar sebelumnya. 

Membuat Judul Artikel

Judul ini sangat penting dalam pembuatan artikel di blog. Ya, karena yang dibaca pertama oleh pembaca adalah judul, kalau judul tidak menarik ya niscaya tidak akan diklik oleh calon pembaca. 

Pembuatan judul ini sebaiknya jangan terlalu pendek dan jangan terlalu panjang. Jika sempat, ketik saja di google, barang kali ada yang sudah menggunakan judul tersebut. Coba cari-cari kata yang menjadi kata kunci di dalam postingan kalian. 

Jadi, judul harus mengandung kata kunci yang ingin dijadikan sebagai pondasi primer artikel di blog.

Permalink Khusus

Permalink Khusus berada di menu link yang sudah saya tandai no. 5 di atas. Jika kalian klik link tersebut maka akan dihadapkan dua pilihan, permalink otomatis dan permalink khusus. Klik saja yang permalink khusus. 

Bedanya apa? 

Permalink otomatis dibuat sesuai judul. Misalnya judul potingan yang sedang kalian baca ini adalah Cara Membuat Postingan di Blogspot dan Optimasinya, maka yang dibuat otomatis kira-kira jadi begini https://qowim.net/2021/08/cara-membuat-postingan-di-blogspot-dan.html link itu akan menjadi alamat/url postingan di browser. 

Permalink khusus dibuat untuk memudahkan google merayapinya agar cepat ditemukan di mesin pencari. Oleh karena itu, postingan ini permalinknya saya ganti menjadi qowim.net/cara-optimasi-artikel-seo-blog.html

Mengapa? 

Menurut beberapa artikel yang saya baca, hindari konjungsi dalam permalink, daripada digunakan untuk konjungsi, lebih baik digunakan untuk kata kunci lain. Misalnya dalam url postingan ini saya menambahkan kata artikel, karena untuk mengakomodir pencarian jika ada yang mencari cara membuat artikel di blogspot. 

Jika ada yang mencari kata kunci di atas, dimungkinkan artikel saya akan muncul juga di pencarian. Ini cuma kira-kira saja sih. 

Deskripsi Penelusuran

Deskripsi penelusuran sangat penting juga, meskipun ini tidak mempengaruhi SEO google. Tapi setidaknya akan muncul di pencarian. Misalnya seperti ini

deskripsi penelusuran
qowim.net

Yang diberi tanda merah adalah hasil dari mengisi deskripsi penelusuran. Sekali lagi, meskipun tidak mempengaruhi SEO google, tapi itu juga penting untuk memikat calon pembaca, sebab kata kunci yang dicari akan dicetak tebal pada deskripsi penelusuran yang sudah kita buat. 

Letakkan saja paragraf pertama postingan kalian di deskripsi penelusuran, tapi ingat-ingat bahwa deskripsi penelusuran dibatasi hanya 150 karakter saja. Tidak bisa lebih dari itu. 

Penutup

Oke, segitu dulu tutorial cara membuat postingan di blogspot dan optimasi SEO sederhana, semoga bermanfaat ya. Tetaplah menulis, semoga dengan menulis tutorial ini bisa menjadikan ilmu bermanfaat. Hehe.

Qowim Musthofa
Qowim Musthofa Dosen swasta yang suka ngeblog

Post a Comment for "Cara Membuat Postingan di Blogspot dan Optimasi SEO"