Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Cara Lengkap Menambahkan Properti Situs dan Sitemap di Google Search Console (GSC)

Assalamualaikum wa rahmatullah wa barakatuh. Segala puji bagi Allah ﷻ yang menciptakan internet dengan segala kemajuan dan kemudahan untuk umat manusia. Selawat dan salam semoga senantiasa menyelimuti Nabi Muhammad ﷺ. Pada tulisan kali ini, saya akan membahas tentang cara menambahkan properti situs di google search console. 

Tutorial blogger ini membahas mulai dari sekilas tentang GSC, fungsi google search console, cara menambahkan peta situ hingga verifikasi domain tag html. Silakan mengikuti tutorial ini secara lebih seksama agar mendapatkan kemudahan dalam melakukan indeks artikel di google. 

Tugas seorang blogger sebenarnya tidak hanya menulis, tetapi juga memikirkan bagaimana agar artikel yang sudah ditulis tersebut disebarluaskan dengan baik. Percuma saja, kan kalau sudah menulis banyak tapi ternyata tidak ada yang membaca? Nah, oleh sebab itu Anda harus tahu tentang cara menambahkan properti situs di google search console. 

logo google search console
qowim.net

Apa fungsinya? 

Fungsi mendaftarkan dan menambahkan blog kita ke GSC adalah agar diindeks oleh mesin pencari google. Gambarannya, kalau kita mencari topik di pencarian, maka banyak sekali artikel yang muncul di sana. Nah, oleh sebab itulah blog dan artikel kita harus didaftarkan di GSC. 

Fungsinya itu yang paling praktis. Lebih lanjut Anda harus mengenal terlebih dulu tentang GSC dan bagaimana cara kerja sekaligus fitur-fitur yang ditawarkan.

Tentang Google Search Console

Di laman bantuan google menyebutkan bahwa Google Search Console adalah sebuah layanan bebas biaya atau gratis yang ditawarkan oleh Google untuk membantu para blogger seperti Anda dalam memantau, mempertahankan, bahkan memecahkan masalah kehadiran situs Anda di hasil Google Penelusuran. 

Sebenarnya Anda tidak harus mendaftar ke Search Console agar blog Anda dicantumkan pada hasil Google Penelusuran, namun Search Console dapat membantu Anda memahami dan meningkatkan cara Google melihat situs Anda.

Search Console menawarkan fitur dan laporan untuk tindakan berikut:

  1. Memastikan bahwa Google dapat menemukan dan meng-crawl situs atau blog Anda.
  2. Memperbaiki jika terdapat masalah pengindeksan dan meminta pengindeksan ulang untuk konten baru atau artikel yang diperbarui.
  3. Melihat data traffic Google Penelusuran untuk situs Anda: seberapa sering situs Anda muncul di Google Penelusuran, kueri penelusuran mana yang memunculkan situs Anda, seberapa sering penelusur mengklik untuk kueri tersebut, dan banyak lagi.
  4. Menerima pemberitahuan yang masuk di email anda saat Google menemukan masalah pengindeksan, spam, atau masalah lainnya di situs Anda.
  5. Menampilkan situs mana saja yang menautkan link ke situs Anda.
  6. Memecahkan masalah terkait AMP, kegunaan seluler, pc, tablet, dan fitur Penelusuran lainnya.
Setelah memahami sedikit hal tentang Google search console, mari kita mulai tutorial ini yaitu tentang cara menambahkan properti situs di Google search console.

Cara Menambahkan Properti Situs

Sebelum mempraktikkan tutorial ini, anda harus sudah memiliki akun google, sebab platform yang kita pakai adalah Google, jadi mau tidak mau kita harus memiliki akun google. Baca artikel cara membuat akun gmail baru, jika masih ada yang belum tahu tentang caranya yang sangat mudah. 

Setelah memilki akun google, silakan ikuti tutorial cara menambahkan properti situs di bawah ini

  1. Silakan pergi ke https://search.google.com/search-console/about
  2. Klik mulai sekarang
  3. Klik penelusuran bagian kiri atas
    menambahkan properti situs blog
    gambar 1

  4. Lalu klik tambah properti
  5. Pilih jenis properti yang diinginkan lalu klik TERUS
    cara menambahkan properti situs di goole
    gambar 2

  6. Keterangan
    Pemilihan jenis properti bisa dua jenis, yaitu domain dan awalan URL. Anda bisa memilih salah satu atau dua-duanya sekaligus. Namun, jika memilih salah satu lebih baik memakai awalan url saja, sebab awalan https;// lebih disukai oleh mesin pencari google. 
  7. Lakukan verfikasi domain.
    Beberapa metode sudah dicantumkan oleh GSC, anda tidak perlu memilih semua jenis verifikasi, cukup pilih salah satu saja. Verifikasi ini berfungsi sebagai bukti bahwa anda benar-benar pemilik situs tersebut.
    verifikasi domain di google
    gambar 3
    Secara lebih lengkap, ikuti cara verifikasi kepemilikan domain di google search console sebagai berikut

Cara Verifikasi Kepemilikan Domain

Verifikasi domain ada bermacam-macam yaitu file html, tag html, hingga penyedia domain. Secara ringkas dan lebih cepat, sebaiknya menggunakan tag html saja. 

Berikut adalah cara verifikasi kepemilikan domain dengan cara tag html. 

Lihat gambar 3 di atas.

  1. Klik tag html
  2. Salin kode verifikasi 
  3. Pergi ke pengaturan html tema blogspot Anda
  4. Cari kode <head>
  5. Lalu tempelkan kode tersebut tepat di bawah kode <head>
  6. Klik simpan tema
  7. Pergi lagi ke alaman verifikasi domain
  8. Lalu klik verifikasi
  9. Lalu klik selesai

Sudah, ya. Kini anda sudah memasuki laman google search console dengan alamat website yang sudah diverifikasi. 

Setelah selesai memverifikasi domain, kini saatnya anda menambah sitemap di google search console. Silakan ikuti panduan atau tutorial cara menambahkan sitemap di google search console sebagai berikut.

Cara Menambahkan Sitemap di GSC

Cara menambahkan sitemap di GSC sangat mudah. Namun, sebelum itu anda harus sudah memiliki halaman sitemap atau daftar isi di blog. Silakan baca tulisan Cara membuat sitemap di blog jika anda belum membuatnya.

Setelah anda memiliki halaman sitemap, silakan ikuti panduan berikut

  1. Pergi ke Google Search Console
  2. Perhatikan dashboard sebelah kiri, lalu klik menu peta situs
  3. Jika masih kosong, artinya anda belum memasukkan peta situs. Silakan cantumkan alamat peta situs di seperti di bawah ini
    1. https://namablog.com/sitemap.xml
    2. https://www.namablog.com/sitemap.xml
    Keterangan
    Ganti yang ditandai warna hijau di atas sesuai nama blog Anda.
  4. Setelah itu klik kirimkan.
  5. Selesai

Setelah itu google akan meyarapi blog anda dan menentukan beberapa penilaian misalnya tentang penelusuran oraganik, sejauh mana konten anda dibaca oleh orang, kata kunci apa yang paling sering muncul untk menemukan situs anda, hingga alamat-alamat url yang rusak hingga menyebabkan gagal indeks di google. 

Untuk mengantisipasi hal-hal tentang gagal indeks silakan baca tulisan berikut ini

  1. Cara pengaturan robot txt agar menghindari gagal indeks 
  2. Cara mudah mengatasi url yang dikirimkan ditandai noindex

Penutup

Sudah selesai tulisan ini yang membahas tentang cara lengkap menambahkan properti situs dan sitemap di google search console. Semoga artikel ini bermanfaat. Jika ada yang ditanyakan silakan ketik di kolom komentar. 

Sampai jumpa lagi di tulisan berikutnya.

Qowim Musthofa
Qowim Musthofa Dosen paruh waktu dengan anak satu. Suka menulis tentang apa saja, sesuai minat dan bidang yang sedang ditekuni. Surel [email protected]

Post a Comment for "Cara Lengkap Menambahkan Properti Situs dan Sitemap di Google Search Console (GSC)"