Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

11 Jenis Blog yang Wajib untuk Diketahui Para Blogger

Jenis-jenis blog. Hmmm... Blog itu memang jenisnya sangat beragam, sesuai dengan peminat dan karakteristik yang punya. Di samping itu juga tergantung keahlian yang dipilih. Blogger bilang niche, atau pembahasan yang ingin difokuskan. 

jenis blog
qowim.net

Banyak blogger yang bilang bahwa semakin spesifik niche-nya, maka semakin baik untuk perkembangan blog tersebut. Oleh sebab itu, menentukan jenis blog adalah hal yang penting agar tidak terlalu banyak tema dari tulisannya.

Hal ini sih, tidak menutup kemungkinan blog-blog yang banyak sekali pembahasannya bisa jadi besar dan menguntungkan bagi pemiliknya. Banyak hal yang memengaruhi perkembangan blog, masing-masing blogger mempunyai caranya sendiri yang unik.

Nah, untuk itu coba yuk kita ulik dan lihat terlebih dahulu. 

Sebenarnya apa aja sih jenis-jenis dari blog itu? 

Eh, barangkali ada yang belum paham soal blogger dan ngeblog, bisa baca artikel saya berjudul Apa sih Ngeblog dan Blogging?

Berikut ini adalah daftar dari 11 jenis blog yang berhasil saya identifikasi. Jika ada kurang-kurangnya monmaap laaaah... 

  1. Blog Personal. Blog ini biasanya diisi dengan kehidupan pribadi dari seorang blogger, bisa diisi tentang aktivitasnya, hobinya, dan lain-lain. Banyak lho blogger yang sukses karena ia berhasil membranding diri di blog. Hingga datang bermacam tawaran, bisa jadi endorsement, iklan dan lain sebagainya.
  2. Group blog – blog yang dikelola dan diisi oleh kelompok/komunitas. Misalnya kelompok pecinta ikan cupang di Yogyakarta membuat blog tersendiri yang isinya macem-macem, pokoknya tidak jauh dari percupangan. Kontributornya biasanya diambil dari anggota-anggota grup tersebut. 
  3. Event blog – blog yang fokus berisi acara (event) Blog jenis ini bisa dibilang hanya spesifik memposting informasi-informasi yang berkaitan dengan acara-acara yang diselenggarakan di berbagai daerah. Biasanya sih, jika pengunjungnya bagus, ada jasa untuk posting, tapi tidak mahal kok tergantung blognya sihi. 
  4. Celeblog – blog yang fokus posting seputar selebritas. Ckckck. ini blog ghibahin selebritis, seleb bisa banyak jenisnya juga sekarang, apalagi semenjak ada media sosial. Wah bisa jadi nih, semua akun medsos ada selebnya. Kalau ada blog yang isinya gibahin selebriti, nah ini dia namanya. 
  5. Celebriblog – blog yang dikelola oleh selebritas. Berbeda dengan celeblog, celebriblog ini isinya adalah para selebriti yang tersebar dan membuat blog tersendiri, isinya ya bisa macem-macem. Gibahin lagi juga bisa. 
  6. Metablog – blog tentang blogging; berisi tips ngeblog. Nah ini dia yang saya pilih, yaitu metablog. Pengalaman saya yang masih anyar di dunia blog ini, pengen sekali punya blog yang isinya panduan-panduan semacam ini. Ya memang tujuannya untuk adsense sih, tapi kan lumayan bisa belajar sambil buat konten. Hehe
  7. Edu-blog – education blog, blog pendidikan. Para guru dan dosen biasanya punya ini, etapi dosen dan guru yang kreatif ya. Mereka seperti punya sesuatu yang ingin disampaikan di blog, misalnya bisa materi-materi ajar, inovasi mengajar dan lain-lain, pokoknya tentang pendidikan deh. 
  8. Blogopotamus – posting blog yang sangat panjang. Kalau sobat pernah baca artikel di blog yang panjaaaaang sekali, nah ini namanya Blogopotamus. Blog ini artikelnya bisa 5000 karakter lho. Hebat deh penulisnya. 
  9. Blogoholic – kecanduan ngeblog (addicted to blogging). Yang sedang gila ngeblog, nah ini sebutan dana jenis blognya. Blogoholic. Tiada hari tanpa ngeblog; nulis buat konten. Wah pokoknya tiap hari bisa update puluhan artikel deh. Ini diurus sendirian lho, bukan kelompok.
  10. Linkbaiting – membangun link/backlink. Pernah gak? di grup-grup blog gitu sobat nemuin jasak backlink-backlink? nah ini dia. Blog semacam ini memang khusus ada jasa tanam link kita untuk ditaruh di sana, biasanya sih blog-blog paus gitu. Fungsinya biar blog kita juga dibaca di google pernah dikutip di sana. 
  11. Problogger – professional blogger. Wah, ini sebutan yang sudah jadi master/suhu blog. Blogger profesional bisa dilihat dari jenis keahlian yang dipilihnya, bisa jadi master SEO, programmer yang rajin ngoding, dan lain-lain. Pokoknya dia tahu banyak hal tentang blog lah. 

Nah itu dia 11 jenis blog yang bisa saya identifikasi, kalau ada yang belum ditulis, berarti luput dari pandangan saya. Hehehe. 

Jika ada, bisa kok ditaruh di komentar. Barang kali cocok, nanti saya tambahin deh...

Qowim Musthofa
Qowim Musthofa Dosen paruh waktu dengan anak satu. Suka menulis tentang apa saja, sesuai minat dan bidang yang sedang ditekuni. Surel [email protected]

Post a Comment for "11 Jenis Blog yang Wajib untuk Diketahui Para Blogger"