Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Apa itu Blog, Blogger dan Blogging serta Manfaatnya

definisi blog
qowim.net

Apa itu Blog? Pertanyaan sederhana yang kadang bikin bingung untuk menjawabnya. Saya sendiri terutama. Lagi pula aneh juga sih, bertahun-tahun ngeblog kok masih bingung aja kalau saya ditanya apa itu blog? 

Soalnya jawabannya tidak seringkas 

"Blog itu rumah kamu di dunia maya" 

Saya sering jawab gitu soalnya memang saya anggap ini menjadi rumah yang bisa saya kelola secara pribadi dan sesuai dengan kemauan. Tapi kan... itu jawaban yang sangat, dan amat sangat subjektif.

Oleh karena itu, saya rasa, saya harus nulis tentang ini di rumah saya ini deh. Mulai dari sejarahnya secara ringkas ya, nanti baru ke istilah-istilah yang agak teknis.

Sejarah Blog

Konon pada tanggal 17 Desember 1997 seorang bernama Jorn Barger mengemukakan istilah pertama kali yaitu weblog, yang berarti menyimpan informasi "log" di website. 

Beberapa tahun setelah Jorn Barger mengemukakan istilah weblog, lalu istilah tersebut semakin santer terdengar. Ya, kalau secara konseptualnya berarti weblog sudah sekitar 2 dekade. Cukup lama. 

Pada awal milenium 2000, blogging mulai populer di dunia internet. Saya masih duduk di bangku MI, waktu itu sedang santer-santernya Primus sebagai Manusia Milenium. Hahaha. 

Pada tahun 2002 ada kejadian menarik yang menggegerkan dunia maya. Saat itu, seorang blogger yang bernama Heather B. Armstrong mengalami kesialan yang mengakitbatkan ia dipecat, lantaran ia menulis cerita tentang teman-temannya di blognya sendiri dooce.com. 

Kasus tersebut menimbulkan kegemparan di komunitas blogger dalam persoalan privasi di internet. Untungnya, semuanya baik-baik saja. Lalu berkahnya adalah kegiatan blogging semakin populer. 

Pertanyaan kemudian adalah siapa yang mendirikan blog menjadi sebuah sistem web log? Oke lanjut...

Siapa Pendiri Blogger? 

Menurut wikipedia ensiklopedi bebas, Blogger dibuat oleh perusahaan bernama Pyra Labs yang didirikan oleh dua orang bernama Evan Williams dan Meg Hourihan dengan perjalanan yang cukup panjang. 

Biar enak dibaca secara ringkas, saya bikin aja sub-subnya. 

Blog Diakuisisi oleh Google

1999

Kali pertama diluncurkan oleh Pyra Labs yang mengenalkan blog di dunia internet sebagai halaman penyedia informasi secara virtual. 

2003

Pyra Labs diakuisisi oleh Google, yang pada awalnya layanan blogger dari Pyra Labs berbayar, sejak diakuisi oleh Google, layanan Blogger sepenuhnya disediakan secara gratis. 

2004

Salah satu pendiri Pyra Labs Evan Williams mengundurkan diri.  

2006

Blogger meluncurkan versi terbaru dengan memberikan halaman khusus seperti tampilan, postingan artikel, komentar, hingga transliterasi bahasa lain di beranda halaman. Pada saat itu bahasa yang disediakan di antaranya adalah Jerman, Prancis, Spanyol, dan Italia.

2007

Pada tahun ini, blogger secara resmi migrasi ke server yang sepenuhnya dikelola oleh Google. Pada tahun ini pula prestasi Google sangar luar biasa, yaitu menempati urutan 16 dari 50 situs besar yang menggunakan domain blogspot. Jadi sudah banyak sekali orang-orang yang menggunakan domain blogspot.com pada saat itu. 

Ya, faktor paling rasional adalah karena gratis. 

Kalau sekarang, google sudah menyediakan untuk custom domain, dari blogspot.com menjadi hanya .com saja. Misalnya blog saya ini awalnya adalah qowim.blogspot.com lalu saya membeli domain dotnet (.net) sehingga menjadi qowim.net 

Pengaturan seperti itu bisa dilakukan secara custom, untuk tutorialnya kalian bisa baca artikel berjudul Cara Custom Domain Blogspot menjadi dot.com

Lalu, apa itu blog, blogging dan blogger? 

Secara umum, blog artinya sebuah ruang digital yang bisa kita jadikan sebagai tempat untuk menuliskan pandangan, pendapat, serta berbagai hal lain yang dilakukan sehari-hari. Bahkan, kita bisa menjadikan blog sebagai sumber penghasilan, jika fokus pada suatu topik unik yang bisa menarik pembaca.

Sekarang siapa itu blogger? Ya, secara bahasa aja sudah tahu lah, kalau blogger itu orang yang mengurusi blog. Mengurusi ini bisa jadi menulis artikel, desain template, ngoding, hingga melakukan promosi dan lain-lain. 

Nah, aktifitas ngurusi blog itulah namanya blogging atau kalau bahasa jawa namanya ngeblog

Manfaat Blog

Membahas soal manfaat blog, mungkin beberapa hal di bawah ini bisa memberikan gambaran secara praktis tentang manfaat blog, minimal untuk diri kita sendiri. Aktivitas ngeblog itu sebagian besar dihabiskan untuk menulis, dan menulis itu juga manfaatnya besar, salah satunya bisa menyalurkan tekanan lahir dan batin secara lebih sehat.

Daripada melampiaskan pada hal-hal negatif, lebih baik dituliskan agar bisa meresapi dan merasakannya secara lebih intim.

menurunkan stress
qowim.net

Oke ini beberapa manfaat ngeblog;

  1. Sebagai jurnal harian yang bisa dijadikan sebagai tempat untuk mengabadikan momen-momen spesial yang ada di dalam kehidupan kita.
  2. Membiasakan diri untuk menulis secara lebih bebas
  3. Memberikan informasi yang baik kepada pembaca
  4. Sebagai arsip secara digital, tentunya yang sudah dipertimbangkan tentang kebebasan akses secara publik
  5. Mendapatkan penghasilan dari iklan yang sudah ada dipasangkan di blog
  6. Sebagai portofolio, baik untuk diri kita maupun perusahaan, atau bisnis yang ditekuni. 
  7. Sebagai sarana dan bentuk mengembangkan minat di bidang yang sudah dipilih. 

Masih banyak manfaat-manfaat yang kita dapatkan dari blog yang sudah kita bangun, misalnya saya sebagai penyimpanan artikel dari materi-materi kuliah yang akan saya sampaikan. 

Sebab banyak hal terkadang ditanyakan, namun jawabannya bisa panjang, daripada panjang-panjang, lebih baik saya bagikan tautan dari blog saya ini untuk dibaca terlebih dahulu. 

Jika sudah dibaca, tinggal dilanjutkan diskusinya. 

Bisa menghemat energi dan waktu. Sangat efisien.

Jika membaca artikel ini, mungkin kalian tertatik untuk mengetahui bagaimana caranya membuat blog di blogspot, bisa dibaca tutorial berjudul Cara Membuat Blog dengan Mudah Lewat HP dan PC.

Qowim Musthofa
Qowim Musthofa Dosen swasta yang suka ngeblog

Post a Comment for "Apa itu Blog, Blogger dan Blogging serta Manfaatnya"