Widget HTML #1

Pilih Wordpress atau Blogspot? 7 Poin Perbandingan Blogspot dan Wordpress

Sebagian orang nyaman dengan blogspot, sebagian yang lain nyaman dengan wordpress. Ada yang masih bimbang menentukan pakai blogspot atau wordpress. Sebaiknya sih dipikir-pikir lebih dulu, dipertimbangkan. Jika anda masih bingungn menentukannya, nah ini dia perbandingan wordpress dan blogspot. Semoga ini bisa memberikan gambaran sebelum anda menentukan pilihan. 

Pilih wordpress atau blogspot
qowim.net

Meskipun blog ini menggunakan platform blogspot, bukan berarti saya tidak menyukai wordpress dan mengunggulkan blogspot. Hmmm. Tapi, setidaknya saya ingin membagikan kekurangan dan kelebihan dari Wordpress dan Blogspot secara jujur, barangkali ini bisa menjadi pertimbangan buat pembaca sekalian terkait perbandingan blospot dan wordpress.

Kali aja yang masih butuh pengertian apa itu blog dan aktivitas blogging. Silakan baca tulisa apa itu blog, blogging dan blogger. Ada beberapa jenis blog, setidaknya ada 11 jenis blog. jadi tentukan dulu anda itu termasuk yang mana.

7 Poin Perbandingan Blogspot dan Wordpress

Blogspot dan WordPress adalah dua platform blogging yang sangat populer. Berikut adalah perbandingan antara Blogspot dan WordPress:

Kepemilikan

Blogspot dimiliki dan dioperasikan oleh Google, sedangkan WordPress tersedia sebagai perangkat lunak bebas yang dapat diunduh dan diinstal di hosting Anda sendiri.

Biaya

Blogspot gratis, sedangkan WordPress memiliki biaya, misalnya hosting dan domain.

Kustomisasi

WordPress memberikan kemampuan kustomisasi yang lebih besar daripada Blogspot. WordPress memungkinkan pengguna untuk mengubah tema, menginstal plugin, dan mengedit kode secara langsung. Sementara Blogspot memiliki keterbatasan dalam kustomisasi, meskipun masih memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan tampilan blog.

SEO

WordPress memiliki kemampuan SEO yang lebih baik karena memiliki banyak plugin SEO seperti Yoast SEO yang membantu mengoptimalkan konten. Namun, dengan sedikit pengetahuan teknis, Blogspot juga dapat dioptimalkan untuk SEO.

Keamanan

Karena Blogspot dioperasikan oleh Google, ini lebih aman dibandingkan dengan WordPress. Namun, WordPress memiliki keamanan yang sangat baik jika diinstal dan dikonfigurasi dengan benar.

Skalabilitas

WordPress memiliki kemampuan skalabilitas yang lebih baik daripada Blogspot. WordPress memungkinkan pengguna untuk menambahkan fitur dan fungsi tambahan melalui plugin, dan dapat mengakomodasi pertumbuhan lalu lintas yang lebih besar.

Dukungan

Blogspot menyediakan dukungan melalui forum dan dokumentasi online, sedangkan WordPress memiliki komunitas yang lebih besar dan aktif serta dokumentasi yang luas.

Simpulan

Dalam kesimpulan, kedua platform blogging memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jika Anda seorang pemula dan ingin membuat blog secara gratis tanpa banyak kustomisasi, maka Blogspot mungkin pilihan yang tepat. Namun, jika Anda ingin memiliki kontrol yang lebih besar atas blog Anda, dengan kemampuan kustomisasi dan SEO yang lebih baik, maka WordPress mungkin lebih cocok untuk Anda.

Seperti itulah 7 poin perbandingan blogspot dan wordpress. Silakan sesuaikan dengan kebutuhan Anda sendiri. Tapi kalau saya pribadi, karena pengguna blogspot, ya tetep saja pilih blogspot. Hehehe... Gratis dan aman. Jika anda memerlukan turorial blogger silakan baca tulisan Panduan Blogger terlengkap.

Qowim Musthofa
Qowim Musthofa Blogger yang tinggal di Bantul. Mengajar di Institut Ilmu al-Qur'an (IIQ) An-Nur Yogyakarta. Terima kasih telah berkunjung. Korespondensi melalui surel: [email protected]

Post a Comment for "Pilih Wordpress atau Blogspot? 7 Poin Perbandingan Blogspot dan Wordpress"