Widget HTML #1

Cara Submit Blog di DuckDuckGo

Tulisan ini membahas tentang bagaimana cara submit blog di DuckDuckGo dengan membagi pembahasan menjadi 3 bagian; pengantar yang isinya terkait fakta-fakta dan apa itu DuckDuckGo, lalu teknis cara submit blog di DuckDuckGo dan yang terakhir penutup. 

cara submit duckduckgo
qowim.net

Pengantar

DuckDuckGo kini menjadi alternatif mesin pencari di luar Indonesia, terutama di Eropa. Apa pasalnya? Sebab mesin pencari semacam Google ternyata banyak data privasi pengguna yang digunakan untuk kepentingan komersial. Selain itu, memang DuckDuckGo ini menjadi salah satu mesin mencari yang harus digunakan dalam indeks blog atau website.

Salah satunya adalah iklan atau ads.

Google memiliki semacam database pengguna mulai dari usia, georgrafi, minat, dan semua hal yang berkaitan dengan manusia yang mengakses di Google. Riwayat pencarian pengguna dijadikan sebagai basis data untuk mengembangkan algoritma yang terus memperbarui sistemnya. 

Ada yang memberikan pembelaan sih, bahwa Google Chrome sudah meluncurkan fitur incognito yang berfungsi agar tidak mendeteksi riwayat dan hal-hal privasi lainnya yang dilakukan oleh pengguna.

Kalau Anda sudah menonton film dokumenter Social Dilemma, pasti tahu terkait hal-hal seperti itu. Oke daripada terlalu panjang, inilah cara submit blog di DuckDuckGo secara mudah tanpda daftar terlebih dulu. 

Cara Submit Blog di DuckDuckGo

Mengenai cara submit blog di DuckDuckGo ini sebenarnya hanya butuh satu langkah saja, tanpa ada verifikasi domain dan lain-lain sebagaimana cara submit di Google Search Console. Oleh sebab itu submit di DuckDuckGo ini terbilang sederhana dan mudah sekali untuk melakukannya.

Begini cara submit blog di DuckDuckGo

  1. Kunjungi laman https://duckduckgo.com/newbang
  2. Isilah beberapa data yang tedapat pada semua kolom
    submit blog di duckduckgo
    qowim.net

  3. Lalu klik submit 

Keterangan

Terdapat 7 hal yang harus diperhatikan dan diisi secara lengkap di sana. 

  1. Nama situs yang anda cantumkan di blog
  2. Bang command adalah platform yang anda gunakan pada website. Bisa diisi Blogspot, Wordpress, Jomla atau platform lainnya yang anda gunakan.
  3. Bang URL. Format harus seperti ini ya contohnya https://www.qowim.net/search/?term=[{{s}}]
    Ganti yang berwarna kuning dengan blog alamat blog anda. Kode /?term= adalah url hasil pencarian ketika anda mencari di blog anda sendiri. Misalnya ketika saya melakukan pencarian pada kotak di blog qowim.net ini dengan kata kunci "tutorial blog" maka url yang dihasilkan adalah https://www.qowim.net/search?q=tutorial+blog
    Nah, jadi kode search?q= itulah yang menjadi inti dari Bang URL. Semoga mudah dipahami, ya.
  4. Example search. Di sini hanyalah contoh saja, coba ketikkan kolom pencarian yang ingin Anda test apakah sudah merujuk pada blog anda dan sesuai pencarian atau belum.
  5. Bang category. Pilih kategori website anda.
  6. Sesuaikan saja dengan kategori yang anda pilih
  7. Comment; boleh diisi apa saja untuk menjelaskan tentang blog anda. 
  8. Centang semua untuk konfirmasi
  9. cantumkan alama email anda, ini sifatnya opsional

Eh, kok malah ada 9 hal ya? Gpp, begini. Itu yang 7 sesuai dengan gambar di atas, dua yang terakhir karena tangkapan layarnya tidak memenuhi saja jadi ketinggalan. 😅😅😅

Setelah Anda submit, dalam beberapa hari ke depan akan ada laporan dari DuckDuckGo tentang submit yang sudah anda lakukan. Pastikan ketika anda submit mencantumkan alamat email Anda dengan benar. 

Penutup

Segini aja tentang tutorial cara submit blog di DuckDuckGo semoga bisa memberikan manfaat. Jika ada pertanyaan silakan cantumkan pada kolom komentar, ya.

Qowim Musthofa
Qowim Musthofa Blogger yang tinggal di Bantul. Mengajar di Institut Ilmu al-Qur'an (IIQ) An-Nur Yogyakarta. Terima kasih telah berkunjung. Korespondensi melalui surel: [email protected]

Post a Comment for "Cara Submit Blog di DuckDuckGo"