Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

ads.header2

Cara Mengganti Favicon di Blog Versi Terbaru 2022 (Blogspot)

Cara mengganti favicon blog terbaru. Assalamualaikum warahmatullah wa barakatuh. Apa kabar? Semoga baik-baik saja, ya. Alhamdulillah hari ini masih diberikan sehat dan bisa menulis di blog ini. Nikmat sehat memang nikmat yang sangat berharga bagi manusia. 

cara membuat favicon

Kali ini saya akan membagikan tutorial tentang cara mengganti favicon blog. Namun, sebelum membahas secara teknis, ada baiknya saya jelaskan terlebih dulu apa itu favicon. Ya, barangkali masih ada yang belum tahu, kan? 

Kalau udah tahu ya skip aja deh, langsung scroll aja ke bawah. To the point, gaes. He... 

Apa itu Favicon? 

Di blog, baik kalian yang pakai blogspot atau wordpress tentu tahu dengan gambar kecil di sebelah alamat blog kalian ketika membukanya di perangkat browser. Gambar kecil tidak datang dengan sendirinya sim salabim, namun ada caranya. 

Coba lihat gambar di bawah ini

Gambar kecil di sebelah google itulah yang disebut sebagai favicon. Cukup jelas, ya. Apa itu favicon secara praktisnya. 

Sampai di sini, jangan tergesa-gesa dulu untuk tahu cara mengganti favicon di blog. Anda harus tahu juga tentang manfaat favicon sebelum menggunakannya. 

Manfaat Favicon

Dilihat dari segi manfaatnya, ternyata juga lumayan banyak manfaat favicon, lo. Jadi, tak ada ruginya untuk memasang favicon di blog yang anda kelola. 

Berikut ini adalah beberapa manfaat favicon bagi blog kita

Menambahkan kesan profesional

Adanya favicon yang unik bisa memberikan kesan kepada pengunjung bahwa blog benar-benar diurus dan dikelola secara baik. Hal ini juga akan meningkatkan kepercayaan kepada pengunjung tentang kualitas dan informasi yang kita sampaikan di blog.

Memberikan keunikan

Masing-masing blog memiliki logo tersendiri dan biasanya disematkan pula pada favicon dengan versi yang lebih kecil. Sehingga favicon akan memberikan kesan unik pada blog yang kita kelola. Ini tentu sangat menambah pengalaman kesan pengunjung blog. 

Mudah dikenali

Membuat favicon sendiri sangat penting juga untuk memudahkan pengunjung mengenali blog Anda. Jadi, tak perlu ragu lagi untuk membuat favicon. Cara mengganti favicon blog pun sangat mudah sebenarnya, dari pada anda menggunakan favicon bawaan dari blogspot, lebih baik membuatnya sendiri, bukan?

Itulah beberapa manfaat favicon yang harus anda tahu agar tidak hanya ikut-ikutan tapi juga tahu manfaatnya bagi blog anda. Manfaat sudah tahu, nah sebelum beranjak ke teknis cara mengganti favicon, anda juga harus tahu dulu bagaimana caranya membuat favicon. 

Percuma dong mau mengganti favicon tapi tak tahu cara membuatnya bagaimana? 😃😄

Cara Membuat Favicon 

Mengenai cara membuat favicon sebenarnya sangat mudah. Anda tidak perlu harus jago desain untuk bisa membuat favicon, sebab sekarang sudah banyak sekali aplikasi peralatan untuk desain secara mudah dan praktis. 

Misalnya memakai aplikasi canva. Lalu berapa ukuran favicon? 

Ukuran favicon sangatlah kecil, anda harus membuatnya dalam bentuk persegi dan maksimal ukuran yang digunakan dalam format png adalah 100 kb. Jadi jangan sampai lebih dari batas maksimal itu, sebab itu sudah aturan dari blogspot. 

Sebenarnya ada dua cara membuat favicon, yaitu manual dan otomatis menggunakan aplikasi. 

Membuat Favicon secara Manual

Membuat favicon secara manual artinya anda membuat favicon mendesain dengan aplikasi-aplikasi pembantu yang bisa membuat dimensi dan bentuk tertentu. 

Aplikasi edit gambar sangat banyak sekali, anda bisa memilih sesuai dengan aplikasi mana yang menurut anda paling mudah dan terbiasa menggunakannya. 

Membuat Favicon secara Otomatis

Membuat favicon secara otomatis sangat mudah dibantu dengan website yang bisa mengkonversi gambar atau desain anda menjadi sesuai dengan ukuran favicon yang menjadi ketentuan blogspot. 

Anda bisa mengunjungi alamat website https://favicon.io/favicon-converter/ di sana anda bisa mengconvert berkas favicon anda menjadi dimensi dan format yang otomatis diinginkan oleh blogspot.

Nah, sekarang kita akan melanjutkan pembahasan mengenai cara mengganti favicon blog. 

Cara Mengganti Favicon Bawaan Blog

Pastikan anda sudah menyediakan berkas dalam bentuk PNG dan transparan. Selain itu ukuran yang digunakan maksimal adalah 100 kb saja, jangan sampai lebih dari itu. 

Ikutilah panduan cara mengganti favicon blog berikut ini

  1. Login ke dashboard blogspot anda
  2. Klik setting dan cari menu favicon
    cara mengganti favicon

  3. Klik menu favicon lalu anda akan diarahkan seperti gambar di bawah ini
    cara mengganti favicon

  4. Pilih berkas yang sudah anda siapkan
  5. Klik simpan jangan lupa
  6. Selesai

Setelah selesai tunggu beberapa saat dan coba refresh beberapa kali browser anda. Biasanya membutuhkan waktu yang tidak lama, jika tidak muncul-muncul favicon anda, cobalah menghapus cookies yang ada di browser internet anda.

Penutup

Demikianlah cara mengganti favicon di blogspot versi terbaru. Semoga konten ini bisa memberikan manfaat. 

Qowim Musthofa
Qowim Musthofa Dosen IIQ An-Nur Yogyakarta Fakultas Ushuluddin Prodi Ilmu Hadis

Post a Comment for "Cara Mengganti Favicon di Blog Versi Terbaru 2022 (Blogspot)"