Ads #1

Menambahkan Subdomain Blogspot Gratis dan Mudah

Cara menambahkan subdomain di blogspot diperlukan ketika kita menggunakan blogspot sebagai platform blog dengan domain TLD. Contohnya .com .id dan domain yang sedang Anda baca ini, yaitu .net. Blogspot terdapat perubahan-perubahan signifikan terutama sejak tahun 2022. Bisa jadi, Anda mengalami hal yang sama, yakni ketika custom subdomain tidak muncul CNAME yang biasanya ada di menu setting. 

Bagi yang ngeblog memang harus memiliki keterampilan tersendiri biar bisa optimasi blognya sendiri.

cara setting subdomain blogspot

Menambahkan Subdomain Blogspot

Sebagaimana yang sudah dijelaskan di atas, perubahan pengaturan blogspot terkadang membuat kita bingung sendiri bagaimana caranya kustom subdomain blogspot. Hal ini saya alami sendiri ketika saya ingin menambahkan subdomain catatan.qowim.net. Salah satu sebabnya adalah saya ingin membuat blog yang memang khusus untuk catatan-catatan saya. Mengingat blog qowim.net ini sudah sangat gado-gado 😅

Pengantar

Memangnya apa sih manfaatnya subdomain? Bagi saya, hal yang paling bermanfaat adalah GRATIS. Kita tak perlu lagi merogoh kocek untuk membeli domain, dan tentu saja blogspot adalah hal yang paling rasional karena tak perlu menyewa hosting juga. Silakan bandingkan sendiri antara blogspot dan wordpress, ada 7 perbandingan yang perlu dipertimbangkan.

Blog saya qowim.net ini merupakan blogspot yang saya kustomisasi sendiri domainnya sejak tahun 2019. Jadi kalau saya pribadi lebih memilih blogspot daripada wordpress. Apalagi alasannya kalau bukan gratis?

Beberapa waktu yang lalu saya ingin membuat subdomain catatan.qowim.net awalnya saya kebingungan karena ketika saya atur di menu custom domain, CNAME nya tidak muncul. Padahal biasanya harus muncul CNAME yang nantinya diupload ke DNS penyedia layanan domain yang kita pakai. Hampir 3 hari saya tak tenang dan penasaran, kok bisa tidak muncul? 

Akhirnya saya meluncur ke Forum Google dan menemukan cara yang jitu. Alhamdulillah sekarang sudah bisa diakses catatan.qowim.net 

Cara Menambahkan Subdomain Blog secara Gratisan

Tanpa basa-basi lagi karena sudah diantarkan, maka inilah cara menambahkan kustom domain blogspot secara gratis.

  1. Pastikan Anda sudah memiliki blogspot yang sudah dibuat
  2. Pergi ke Menu Setting
  3. Cari men Custom Domain 
  4. Isilah domain yang dikehendaki
  5. Klik simpan

Sampai di sini, Anda belum bisa mengakses subdomain tersebut. Seperti yang saya alami, tak ada CNAME yang biasanya muncul setelah kita klik simpan. 

Jangan khawatir, itu tak masalah. Lalu apa selanjutnya?

Verifikasi Google Search Console

Ketika subdomain yang sudah anda buat belum bisa diakses, tak perlu khawatir, karena anda hanya diminta untuk verifikasi di Google Search Console saja. Jika anda sudah pernah mendaftarkan domain utama di GSC, tinggal menambahkan saja subdomainnya. Caranya sama dengan ketika anda mendaftarkan blog utama. Silakan dibaca jika anda lupa. 

daftar subdomain blog

Pilih domain saja, bukan yang awalan URL. Jika sudah didaftarkan silakan tunggu selama 2x24 jam. Pengalaman saya pribadi sih cuma 6 jam sudah landing blog catatan.qowim.net

Simpulan

Jadi, kalau anda setting subdomain di blogspot dan tidak muncul setting CNAME yang seperti biasa itu, jangan panik dan tak usah bingung. Biarin aja. Ikuti aja panduan di atas, ya. Insyaallah, work... Namun, jika anda memiliki kasus yang berbeda, silakan tanyakan di kolom komentar. 

Sumber

https://support.google.com/domains/answer/12082587?hl=en-GB&sjid=11212982414289301183-AP
Qowim Musthofa
Qowim Musthofa Blogger yang tinggal di Bantul. Mengajar di Institut Ilmu al-Qur'an (IIQ) An-Nur Yogyakarta. Terima kasih telah berkunjung. Korespondensi melalui surel: [email protected]

Post a Comment for "Menambahkan Subdomain Blogspot Gratis dan Mudah"