Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Tentang Blog

Blog ini saya buat pada tahun 2010 Ketika saya mulai menyukai dunia membaca dan menulis. Blog itu dengan alamat katabelantara.blogspot.com

Tujuan saya membuat blog ini karena saya suka membaca novel dan dua tahun setelah saya masuk kuliah. Berawal dari alamat katabelantara.blogspot.com tersebut, saya pilih karena pada awalnya saya ingin menuliskan tentang sastra. Pokok ada belantara-belantara gitu kan aromanya sudah sastra-sastra gitu kan. Hehehe

Padahal, ketika kuliah saya mengambil jurusan Ushuludin prodi Tafsir Hadis. Saya sempat waktu itu merasa salah jurusan. Hehe. Maklum masih ababil.

Awalnya, saya mengunggah tulisan dari cerpen dan puisi serta esai-esai sastra yang saya sukai dari penulis pada saat itu, saya lalu menambah konten dan memutuskan untuk mengunggah makalah-makalah yang saya kerjakan untuk kepentingan tugas kuliah.

Pada saat itu masih jarang di lingkungan saya mempunyai halaman tersendiri di blog. Facebook pada saat itu sedang naik-naiknya.

Saya masih menulis di blog ini meskipun tidak istikamah, masih semau-maunya, dan tidak serius menekuni dunia blogger, saya katakan tidak serius karena saya hampir tidak pernah mengikuti komunitas dan acara-acara blogger yang sering mengadakan kopdar pada saat itu. Tidak tahu juga bahwa blogger bisa menghasilkan uang.

Apa sekarang sudah serius? Saya kira belum juga. Hehe

Di tahun-tahun 2012-2016 saya masih menulis cerpen dan puisi, lebih sering puisi, setiap gagal terbit di media cetak maupun daring, saya mengunggahnya di sini, meskipun tidak semuanya.

Sejak saat itu cara berpikir saya tentang blog adalah sebagai ruang arsip.

Studi lanjut yang saya jalani di UIN Sunan Kalijaga membuat saya bersemangat kembali, pasalnya banyak teori-teori baru yang saya baca, saya masih aktif di kelompok menulis pada saat itu.

Seiring dengan banyaknya makalah dan tulisan-tulisan tentang tema-tema perkuliahan, saya mengganti alamat blog saya menjadi qowimm.blogspot.com

Saya mulai menulis esai yang menanggapi isu-isu politik, agama dan sosial. Sangat nggaya sekali. (sebagian besar sudah saya hapus dari blog) Meskipun minat politik saya tidak dominan, kebanyakan saya menulis tentang isu-isu agama dan sedikit menyinggung hal-hal yang melingkupinya, apalagi sekarang era media sosial.

Blog ini masih menjadi ruang arsip bagi saya. Saya mulai menulis di situs-situs media daring seperti qureta.com mojok.co islami.co harakatuna.com dan lain sebagainya. Tiap tulisan saya tidak layak muat, hampir semuanya saya unggah di blog ini.

Tulisan saya pernah tayang di media-media tersebut meskipun hanya sekali dua kali.

Tahun 2018 saya dan teman-teman yang mempunyai hasrat menulis di lingkunga pesantren mempunyai gagasan untuk membuat situs tentang pesantren, berbagai macam pertimbangan dan niat yang baik kami memutuskan untuk membuatnya dan bernama sabak.or.id

Ternyata, mengelola website itu tidak mudah. Butuh skala prioritas untuk membuat sebuah situs menjadi baik dan besar. Apalagi, situs tersebut tidak ada pendanaan secara jelas, kami bergiliran menulis dan mencari tulisan-tulisan teman-teman untuk mengisi konten di sabak.

Selama 3 tahun, mulai dari 2015 s/d 2019 mulai sibuk di kampus untuk mengajar dan mengelola sebagai staf di kantor TU, saya masih harus mengajar di pesantren, dan tentunya saya juga butuh untuk mengaji (kegiatan yang sulit dilakukan ketika sudah berkeluarga), belum lagi satu tahun sebelumnya saya sudah mulai melakukukan bisnis penjualan buku.

Alhasil, situs sabak masih belum maksimal, awalnya kami sepakat satu hari satu tulisan, bertahan tiga sampai empat bulan dan pada akhirnya satu bulan terkadang hanya satu atau dua tulisan.

Perjalanan tersebut kemudian membuat saya melirik kembali blog ini, pertimbangan saya, sayang sekali blog yang sudah saya buat hampir 10 tahun yang lalu kok tidak dikelola dengan baik. Saya memutuskan untuk kembali ke blog ini dan akan merawatnya, tidak hanya sebagai ruang arsip saya, tetapi rumah.

Rumah, ya blog ini saya anggap sebagai rumah yang harus saya rawat sebelum nantinya saya mengurus rumah orang lain. Pada bulan September 2019 saya membeli domain dan mengganti alamat blog menjadi qowim.net

Ada banyak hal-hal teknis yang harus saya lakukan untuk mengonversi dari blogspot menjadi dotnet. Mulai mencantumkan server, crawling artikel di google, dan tentunya adsense. Berbekal tutorial yang tersebar luas di internet, saya bisa menyelesaikannya dengan penuh hati-hati.

Kini, dengan saya menikah dan punya anak, saya menjadi punya amunisi yang lebih besar untuk menulis di blog ini, setidaknya saya punya satu tahap pengalaman dalam perjalanan hidup saya yang baru.

Saya akan belajar mengenal diri saya sendiri, mengenal istri, anak, keluarga dan lainnya. Saya juga belajar menertawakan diri sendiri, sebab menertawakan kebodohan sering kali menjadi obat paling mujarab untuk membunuh keakuan.

Kemudian, pertanyaan yang harus saya jawab sendiri adalah, apa sebenarnya isi blog ini dan apa tujuan saya untuk saat ini mengisi blog ini?

Tujuan dari blog ini masih pada awalnya, yaitu sebagai media belajar saya untuk menulis, mengelola blog menurut saya bisa memberikan semangat yang lebih untuk menulis.

Gimana? Sudah gado-gado belum?

Oiya, sekalian. Karena saya mengajar di kampus IIQ An Nur Yogyakarta, maka blog ini juga saya jadikan sebagai sarana untuk mengisi materi-materi kuliah. 

Waw. Tambah gado-gado. Hahaha. Biarlah... Lagian saya masih malas nulis buku diktat untuk kuliah. Biar secara online saja materinya. 

Blog ini dikelola secara pribadi. Sambil sibuk-sibuk kegiatan sehari-hari (ngurus keluarga, anak, jualan buku, ngajar dan ngaji) agaknya ini menjadi aktivitas yang melegakan sekaligus menyenangkan. Semoga...

Salam hangat
Qowim 

Berlangganan via Email