Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

ads.header2

Cara Cepat dan Sederhana Review Jurnal Otomatis

Review Jurnal Otomatis. Sebagai mahasiswa dan dosen, mereview jurnal adalah tugas yang tidak jarang dilakukan. Kegiatan review-review ini menjadi semacam aktivitas wajib yang dilakukan. Jika mahasiswa mungkin karena tuntutan tugas dari dosen, sedangkan bagi dosen biasanya digunakan untuk menulis jurnal ilmiah berbasis open journal system (OJS)

Pengantar

Bagi mahasiswa, review jurnal otomatis sangat membantu dalam penyelesaian tugas dari dosen. Tak jarang dosen yang secara rutin memberikan tugas untuk mereview jurnal. Di sini review itu berbeda dengan resume, ya! Jadi jangan salah mengartikan sekaligus mempraktikkannya. Sekali lagi, resume jurnal berbeda dengan review jurnal. Baik dari caranya maupun langkah-langkahnya. 

Selain untuk tugas, biasanya para dosen menggunakan fitur review jurnal otomatis ini untuk membantu mempercepat penyelesaian penulisan jurnal ilmiah. 

Apalagi jika digunakan untuk literatur review, tentunya hal ini sangat membantu sekali dalam menuliskan review jurnal yang sudah dituliskan dan diterbitkan.

review jurnal otomatis
review jurnal otomatis - qowim.net

Jurnal yang biasanya berjumlah 10-20 halaman tersebut akan berat untuk direview secara dadakan bagi yang belum terbiasa. Apalagi komponen jurnal yang banyak sekali mulai dari pendahuluan hingga hasil dan diskusinya. Bisa memakan waktu yang banyak untuk melakukan review jurnal. 

Namun jangan khawatir, di era yang sudah maju dan serba digital ini sebenarnya sangat menguntungkan untuk hal-hal yang semacam itu. Sebab sudah banyak alat-alat yang bisa digunakan untuk melakukan review jurnal otomatis tersebut. Salah satunya adalah situs https://getdigest.com/en

Situs tersebut sangat membantu dalam proses review jurnal secara otomatis. Sebenarnya banyak website penyedia review jurnal, namun saya sendiri sering menggunakan getdigest dalam proses penulisan jurnal yang saya tulis. 

Cara Review Jurnal Otomatis

Langsung saja, ikuti langkah-langkah berikut ini sebagai cara review jurnal otomatis secara online.

  1. Siapkan artikel/jurnal yang ingin direview secara otomatis. Jika bentuknya adalah berkas (file) maka wajib dengan format word, pdf atau txt.
  2. Kunjungi website https://getdigest.com/en (ini merupakan salah satu web review jurnal otomatis)
    getdigest review jurnal
    gambar 1
  3. Silakan tarik artikel/jurnal yang ingin direview di kotak Source
  4. Hasilnya akan muncul di kotak bagian kanan Summary
  5. Selesai. Anda tinggal menyalin teks di bagian summary di atas. 

Mudah, bukan? Itulah cara review jurnal otomatis jika menggunakan alat bantu getdigest. Meskipun cepat dan mudah, alat tersebut juga tidak tanpa kekurangan. Salah satu kekurangannya adalah tidak selalu akurat kalimat yang tersusun. 

Jika anda mereview dalam bahasa inggris silakan menggunakan aplikasi terjemah, baik dari google maupun microsoft bing atau yang lainnya. Namun, pengalaman saya sendiri sih lebih pas dan baik kualitas terjemahannya memakai microsoft bing. 

Hal yang Harus Diperhatikan

Hal yang harus diperhatikan dalam menggunakan aplikasi review jurnal otomatis adalah Anda harus tetap melakukan penyuntingan dari hasil ringkasan jurnal tersebut agar tetap enak untuk dibaca. Tidak selalu peralatan (robot) itu bisa melakukan semua hal yang bisa dilakukan oleh manusia. 

Alat getdigest memang bagus untuk memudahkan kita dalam menyelesaikan tugas, namun harus diberikan sentuhan lagi oleh manusia, agar tugas tersebut bisa dibaca dengan baik dan memahamkan. 

Kalau anda memiliki dana yang lebih, bisa berlangganan getdigest secara berkala, agar bisa menikmati fitur-fitur lainnya yang bermanfaat untuk mempercepat penyelesaian review jurnal otomatis.

Pentingnya Parafrase 

pentingnya parafrasi tercegah plagiasi
qowim.net

Setelah selesai review jurnal secara otomatis melalui aplikasi online, maka anda jangan lupa untuk memparafrasekan bagian-bagian tertentu. Mengapa? 

Hal ini dikarenakan agar menghindari tulisan plagiat. 

Anda perlu menggunakan alat parafrase yang banyak tersebar di internet. Silakan baca tulisan berjudul 5 alat parafrase ulang untuk mempermudah pengerjaan tugas kuliah. Alat prafrase tersebut juga sangat membantu dalam melakukan kegiatan review jurnal otomatis.

Jangan Lupa Bagian Diskusi

Setiap jurnal pasti memiliki runtutan Pengantar - Metode - Kajian Terdahulu - Hasil Penelitian - Diskusi - Simpulan

Pada bagian diskusi jangan lupa untuk disertakan meskipun hanya 2 paragraf, sebab inti dari jurnal ilmiah sebenarnya pada sisi diskusinya yang bisa menarik sebuah kesimpulan yang runtut. 

Jadi, lebih baik anda menggunakan getdigest itu sebagai pembantu saja, bukan sekadar copas lalu dicantumkan saja di lembaran tugas atau jurnal yang sedang anda tulis. 

Untuk teknisnya silakan membaca artikel berjudul cara mereview artikel dengan cepat. Pada artikel tersebut saya memberikan tips dan trik agar bisa cepat dalam mereview artikel jurnal. 

Penutup

Sekian tulisan tentang cara review jurnal otomatis. Semoga ini bermanfaat dan jangan lupa bagikan kepada teman-teman agar bisa memudahkan mereka dalam melakukan review jurnal otomatis. Jika ada pertanyaan silakan cantumkan pada kolom komentar.

Qowim Musthofa
Qowim Musthofa Dosen IIQ An-Nur Yogyakarta Fakultas Ushuluddin Prodi Ilmu Hadis

Post a Comment for "Cara Cepat dan Sederhana Review Jurnal Otomatis"