Ads #1

Cara Cepat dan Sederhana Review Jurnal Otomatis

Review Jurnal Otomatis. Sebagai mahasiswa dan dosen, mereview jurnal adalah tugas yang tidak jarang dilakukan. Kegiatan review-review ini menjadi semacam aktivitas wajib yang dilakukan. Jika mahasiswa mungkin karena tuntutan tugas dari dosen, sedangkan bagi dosen biasanya digunakan untuk menulis jurnal ilmiah berbasis open journal system (OJS)

Pengantar

Bagi mahasiswa, review jurnal sangat membantu dalam penyelesaian tugas dari dosen. Tak jarang dosen yang secara rutin memberikan tugas untuk mereview jurnal. Di sini review itu berbeda dengan resume, ya! Jadi jangan salah mengartikan sekaligus mempraktikkannya. Sekali lagi, resume jurnal berbeda dengan review jurnal. Baik dari caranya maupun langkah-langkahnya. 

Selain untuk tugas, biasanya para dosen menggunakan fitur review jurnal ilmiah ini untuk membantu mempercepat penyelesaian penulisan jurnal ilmiah. 

Apalagi jika digunakan untuk literatur review, tentunya hal ini sangat membantu sekali dalam menuliskan review jurnal yang sudah dituliskan dan diterbitkan.

review jurnal otomatis
review jurnal otomatis - qowim.net

Aplikasi untuk Mereview Jurnal

Jurnal yang biasanya berjumlah 10-20 halaman tersebut akan berat untuk direview secara dadakan bagi yang belum terbiasa. Apalagi komponen jurnal yang banyak sekali mulai dari pendahuluan hingga hasil dan diskusinya. Bisa memakan waktu yang banyak untuk melakukan review jurnal. 

Namun jangan khawatir, di era yang sudah maju dan serba digital ini sebenarnya sangat menguntungkan untuk hal-hal yang semacam itu. Sebab sudah banyak alat-alat yang bisa digunakan untuk melakukan review jurnal otomatis tersebut. Salah satunya adalah situs https://getdigest.com/en

Situs tersebut sangat membantu dalam proses review jurnal ilmiah. 

Sebenarnya banyak website penyedia review jurnal, namun saya sendiri sering menggunakan getdigest dalam proses penulisan jurnal yang saya tulis. Salah satunya adalah dengan AI (artificial intelegent)

Silakan baca tutorial yang berjudul Review Jurnal Online selain Getdigest (pakai AI ChatGPT). Pada tutorial tersebut saya memberikan cara paling praktis dan mudah untuk mereview jurnal. Hasil dari generatenya juga lumayan banyak lebih dari 800 kata.

Cara Review Jurnal Otomatis

Langsung saja, ikuti langkah-langkah berikut ini sebagai cara review jurnal otomatis secara online.

  1. Siapkan artikel/jurnal yang ingin direview secara otomatis. Jika bentuknya adalah berkas (file) maka wajib dengan format word, pdf atau txt.
  2. Kunjungi website https://getdigest.com/en (ini merupakan salah satu web review jurnal online)
  3. Silakan tarik artikel/jurnal yang ingin direview di kotak Source
  4. Hasilnya akan muncul di kotak bagian kanan Summary
  5. Selesai. Anda tinggal menyalin teks di bagian summary di atas. 

Mudah, bukan? Itulah cara review artikel otomatis jika menggunakan alat bantu getdigest. 

Meskipun cepat dan mudah, alat tersebut juga tidak tanpa kekurangan. Salah satu kekurangannya adalah tidak selalu akurat kalimat yang tersusun. 

Jika anda mereview dalam bahasa inggris silakan menggunakan aplikasi terjemah, baik dari google maupun microsoft bing atau yang lainnya. Namun, pengalaman saya sendiri sih lebih pas dan baik kualitas terjemahannya memakai microsoft bing. Namun, akhir-akhir ini saya lebih sering menggunakan DeepL.

Jika menggunakan aplikasi penerjemahan, pastikan juga tata bahasanya harus benar seperti penggunaan kata baku dan tidak baku, dan sesuai dengan ejaan dalam bahasa Indonesia. Sebab hal itu pasti sangat terlihat ketika tidak ada campur tangan dari kita sendiri dalam menggunakan bahasa. Rasanya itu hambar.

Hal yang Harus Diperhatikan

Hal yang harus diperhatikan dalam menggunakan aplikasi review jurnal adalah Anda harus tetap melakukan penyuntingan dari hasil ringkasan jurnal tersebut agar tetap enak untuk dibaca. Tidak selalu peralatan (robot) itu bisa melakukan semua hal yang bisa dilakukan oleh manusia. 

Alat getdigest memang bagus untuk memudahkan kita dalam menyelesaikan tugas, namun harus diberikan sentuhan lagi oleh manusia, agar tugas tersebut bisa dibaca dengan baik dan memahamkan. 

Kalau anda memiliki dana yang lebih, bisa berlangganan getdigest secara berkala, agar bisa menikmati fitur-fitur lainnya yang bermanfaat untuk mempercepat penyelesaian review artikel ilmiah tersebut.

Tapi, hemat saya tidak perlu, sih. Sebab gratisan saja sudah lebih dari cukup. Sudah meringankan tugas kita sebagai penulis artikel ilmiah. 

Pentingnya Parafrase 

qowim.net

Setelah selesai review jurnal secara otomatis melalui aplikasi online, maka anda jangan lupa untuk memparafrasekan bagian-bagian tertentu. Mengapa? 

Hal ini dikarenakan agar menghindari tulisan plagiat. 

Anda perlu menggunakan alat parafrase yang banyak tersebar di internet. Silakan baca tulisan berjudul 5 alat parafrase ulang untuk mempermudah pengerjaan tugas kuliah. Alat prafrase tersebut juga sangat membantu dalam melakukan kegiatan review jurnal.

Jangan Lupa Bagian Diskusi

Setiap jurnal pasti memiliki runtutan Pengantar - Metode - Kajian Terdahulu - Hasil Penelitian - Diskusi - Simpulan

Pada bagian diskusi jangan lupa untuk disertakan meskipun hanya 2 paragraf, sebab inti dari jurnal ilmiah sebenarnya pada sisi diskusinya yang bisa menarik sebuah kesimpulan yang runtut. 

Jadi, lebih baik anda menggunakan getdigest itu sebagai pembantu saja, bukan sekadar copas lalu dicantumkan saja di lembaran tugas atau jurnal yang sedang anda tulis. 

Untuk teknisnya silakan membaca artikel berjudul cara mereview artikel dengan cepat. Pada artikel tersebut saya memberikan tips dan trik agar bisa cepat dalam mereview artikel jurnal. Ya, cepat dan tidaknya memang relatif, namun pengalaman saya sih memang cepat.😁

Pastikan adanya Koherensi

Koherensi antarparagraf itu penting. Tak bisa tidak. Biasanya, jika anda cermat dalam membaca artikel ilmiah, susunannya pasti pengantar-isi-penutup. 

Namun di antara ketiga hal tersebut mengalami perbedaan sistem penulisan. Misalnya dalam pengantar harus menyebutkan literatur review, dan metode penelitian atau penulisan artikel. Pada jurnal ilmiah yang lain, metode penelitian ada subbabnya tersendiri dan terpisah. Namun, sejatinya masih pada tahap pengantar. 

Lalu isi adalah diskusi, ini sudah saya jelaskan pada bagian sebelumnya. 

Jadi antara pengantar harus ada koherensi, misalnya jika pertanyaan penelitiannya itu ada dua, maka simpulannya pastikan ada dua juga. Jangan lebih dari itu. 

Penutup

Sekian tulisan tentang cara review artikel ilmiah secara otomatis. Semoga ini bermanfaat dan jangan lupa bagikan kepada teman-teman agar bisa memudahkan mereka dalam melakukan review jurnal. Jika ada pertanyaan silakan cantumkan pada kolom komentar.

Qowim Musthofa
Qowim Musthofa Blogger yang tinggal di Bantul. Mengajar di Institut Ilmu al-Qur'an (IIQ) An-Nur Yogyakarta. Terima kasih telah berkunjung. Korespondensi melalui surel: [email protected]

30 comments for "Cara Cepat dan Sederhana Review Jurnal Otomatis"

Comment Author Avatar
Asik banget, belakangan lagi banyak tugas review jurnal nih diriku Kak. Biasanya mahami Abstrak terlebih dahulu untuk dapetin gambaran keseluruhan dari jurnal yang lagi direviewkan oleh Dosen pengampu. Dengan getdigest ini bakalan jadi lebih mudah, tinggal dibaca ulang, dipahami dan disesuaikan dengan tata bahasa dan kebutuhan dari tugasnya.

Thanks for sharing Kak
Comment Author Avatar
Sekilas review jurnal ini mirip resume ternyata beda ya kak. Wah, menarik banget nih ada tools online yang bisa merivew jurnal secara otomatis. Kita jadi bisa mengerjakan pekerjaan yang lain ya, sangat membantu di kalangan akademis.
Comment Author Avatar
Sebenarnya sama sih klo aplikasinya itu seperti resume memang. Tapi utk review itu butuh perbandingan data juga dari berbagai sumber. Namanya aja review: pemeriksaan.
Comment Author Avatar
Wah udah lama gak baca yang serius begini. Review jurnal ini biasanya tugas mahasiswa ya?
Jaman kuliah dulu belum ada tugas-tugas begini soalnya
Apakah review jurnal bisa dilakukan oleh publik secara bebas?
Comment Author Avatar
Keren juga aplikasinya. Tetapi tetap saja butuh untuk di teliti ulang .
Comment Author Avatar
Enak beud jadi mahasiswa jaman now. Apa² ada aplikasinya huhuhu. Tp mmg hrs diedit lg lah ya biar ada "usaha sendiri" nya juga 🤭
Comment Author Avatar
Wahhh baru tahu saya pak perihal mereview jurnal bisa dilakukan semudah ini ya hehe. Mantap.nih
Comment Author Avatar
Ternyata ada cara semudah ini ya dan kok baru tau ada kemudahan seperti ini. Ditunggu yg lain dong ya
Comment Author Avatar
Menurut saya, memang wajib disunting lagi naskah yang direview. Jadi, hasil akhirnya sudah tak ada lagi kalimat aneh.
Comment Author Avatar
Jaman saya kuliah belum ada tugas membuat review jurnal seperti sekarang. Jaman dulu belum ada website seperti ini, yang bisa membantu kita membuat tugas, dulu berjam jam duduk di perpustakaan mencari bahan tugas kuliah maupun skripsi. Sekarang enak mau cari info tentang apa, saja tinggal googling.
Comment Author Avatar
makin enak yaa zaman sekarang buat nugas, lumayan buat shortcut. tapi tetep harus dibaca sendiri jg ya biar paham dapat ilmunya hihi
Comment Author Avatar
Sekarang teknologi memang memudahkan semua hal ya. Untuk mereview jurnal pun ada alatnya. Tinggal pakai aplikasi Getdigest, review jurnal pun bisa selesai lebih cepat. Tapi tetap saja harus di parafrase dulu ya, supaya bebas dari indikasi plagiat
Comment Author Avatar
Bermanfaat banget untuk ngerjain tugas review jurnal, terimakasih infonya ya kak
Comment Author Avatar
Wah makin canggih saja ya teknologi, bahkan review jurnal pun bisa dilakukan secara otomatis, seandainya blogger juga bisa pakai digest buat review otomatis, pasti bakal lebih rajin lagi nulis ya 😆
Comment Author Avatar
Jurnal adalah bagian penting dari dunia akademik, adanya akses teknologi ini semoga semakin jadi pemantik buat insan kampus untuk lebih baik publisitasnya.
Comment Author Avatar
Sudah lama banget nih gak menyentuh jurnal ilmiah, jadi merindukan masa-mas di kampus deh :D .
Zaman sekarang yang namanya teknologi juga sangat membantu ya buat ngerjain tugas, kyk review jurnal ini.
Comment Author Avatar
Tools cuma untuk membantu. Tetap harus diedit, dirapikan, diparafrase, dan dipahami isinya. Ini yang sering terlewat oleh mahasiswa yang enggan membaca.
Comment Author Avatar
Sesimple ini ternyata review jurnal, tapi emng iya sih perlu di pharapease, soalnya kalo ngandelin tools suka ngaco dan aneh.
Comment Author Avatar
aku baru tahu sekarang ada apliaksi yang bantu review jurnal. menarik bangeet. thank you kak infonya
Comment Author Avatar
Sekarang review jurnal udah enggak repot ya. Banyak tools yang membantu dalam proses mereview jurnal² ilmiah. Oh iya kak, ini toolsnya apa hanya tersedia mode berbagai bahasa atau hanya bisa bahasa Inggris ya? ❤️
Comment Author Avatar
Bahasa Inggris dan Indonesia bisa. Tapi lebih proper yg Inggris karena memang toolsnya berbahasa Inggris. Kalau yg bahasa Indonesia bisa diterjemahkan nantinya.
Comment Author Avatar
Terima kasih ya Kak informasinya. Jadi ingin jadi mahasiswa lagi, sekarang semua fasilitas platform lebih ringkas ya
Comment Author Avatar
baru tahu ternyata lewat situs getdigest lumayan mudah untuk review jurnalnya min, baru cobain dan memang perlu diparaphrase lagi supaya tulisanya enak dibaca dan dipahami, terima kasih infonya,
Comment Author Avatar
berhubung di tempat saya tidak membuat jurnal, saya baru sadar setelah baca tulisan serta komenan betapa pentingnya membuat jurnal seperti itu dan betapa mudahnya teknologi sekarang yang bisa meriview jurnal.

karna selama ini saya hanya membuat jurnaling sehari-hari saja hehe
Comment Author Avatar
Wah, memang ya teknologi makin canggih. Selain AI untuk bikin artikel sekarang bisa juga untuk membuat ringkasan dari suatu artikel / jurnal. Inget waktu masih kuliah harus baca keseluruhan untuk bisa membuat review.

Nilai positifnya adalah benar-benar menambah wawasan, tetapi secara waktu lebih banyak. Dengan adanya alat review otomatis seperti ini secara waktu jadi lebih singkat, inti jurnal pun dapat.
Comment Author Avatar
Wah bermanfaat banget ini informasinya , apalagi buat mahasiswa yang banyak tugas untuk mereview jurnal ya kak
Comment Author Avatar
Whoa, dengan bantuan AI sekarang review jurnal jadi mudah dan praktis walaupun kelemahannya harus di paraphrase kembali tetapi hal ini sudah cukup baik nah.
Comment Author Avatar
Kok ya saya baru tau review jurnal otomatis ini sekarang saat sudah lulus, dulu waktu jaman kuliah kalo ada tugas review jurnal kudu baca2 sampai detail dan butuh waktu yang mayan lama wkwk.
Comment Author Avatar
Belum pernah nulis ataupun review jurnal. Tapi tutor ini kelihatan bisa mempermudah pekerjaan, bisa aku manfaatin nanti kalau pas perlu. Tengkyu!