Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

ads.header2

5 Alat Parafrase Online Terbaik yang Bisa Meringankan Tugas

Tulisan ini membahas tentang alat parafrase online terbaik yang pernah saya gunakan. Beberapa menyediakan layanannya secara gratis dengan fitur terbatas, namun ada pula yang secara penuh gratisan. 

Kemajuan dunia digital sangat terasa dalam 10 tahun terakhir ini. Dulu masih susah-susah untuk menulis ulang atau menyalin catatan, lalu berkembang menjadi metode salin-tempel atau lebih dikenal copas. Kegiatan salin-tempel di internet ini juga berdampak pada orisinalitas dari sebuah tulisan. 

Sehingga melacak plagiasi sangat mudah di era sekarang. Sebab semua artikel sudah terindeks di mesin pencari. Oleh sebab itu, banyak bermunculan aplikasi-aplikasi parafrase online di internet, yang dibuat untuk membantu agar artikel yang ditulis adalah unik dan tidak ada unsur plagiat di sana. 

alat parafrase online
qowim.net

Banyaknya alat parafrase online di internet, tidak mungkin untuk dicoba satu persatu dan dicoba kualitasnya. Karenanya, saya membuat daftar 5 alat parafrase online terbaik yang bisa meringankan tugas kepenulisan. 

Hal-hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Menggunakan Alat ini

Alat parafrase ini bukan untuk asal comot artikel orang lain tanpa mencantumkan sumbernya. Walaubagaimanapun, menggunakan alat ini adalah mengambil karya orang lain, yaitu tulisan. 

Mengambil karya orang lain tanpa mencantumkan kredit atau sumber adalah salah satu dosa besar di dunia digital. Jadi, alat ini hanya untuk membantu kita agar konten yang ditulis itu unik tidak terdeteksi plagiat. 

5 Alat Parafrase Online 

Berikut ini adalah 5 alat parafrase online yang pernah saya gunakan dan hasilnya memang tidak bagus-bagus banget, namun lumayan bisa membantu. Meskipun harus melakukan penyuntingan agar naskah terlihat rapi dan bisa dipahami dengan baik. 

1. Quillbot

quillbot

Quillbot memberikan fitur keren yaitu bisa terintergrasi dengan Microsoft Office Word, Google Docs, dan adanya ekstensi untuk Google Chrome, dapat menulis ulang kalimat besar dan frasa kompleks dengan mudah, dan memiliki dua mode yang bisa Anda gunakan.
Terdapat lima mode yang ditawarkan oleh Quillbot yaitu kefasihan, standar, sugestif, kreatif, dan konisten untuk membuat teks baru. Alat ini pun hadir dengan antarmuka yang sederhana sehingga mudah digunakan oleh siapa pun.

Quillbot bisa digunakan secara gratis dan mempunyai versi berbayar dengan harga dimulai dari $4.95 perbulannya. 

Saya sendiri sering menggunakan ini untuk kepentingan penulisan kajian pustaka atau literatur review.

2. Chimp Rewriter

Chimp Rewrite mendukung hampir semua bahasa dan memiliki sinonim bawaan untuk bahasa Inggris, Denmark, Belanda, Italia, Spanyol, Jerman, Prancis, Norwegia, Swedia, Rumania, Slovenia, Portugis, dan yang lainnya. Sayangnya dalam Bahasa Indonesia belum ada. 

Alat yang satu ini tidak sepenuhnya gratis, Anda bisa mencobanya (mode trial) selama 14 hari tanpa menggunakan kartu kredit. Sedangkan ntuk versi berbayar, bisa berlangganan dengan harga mulai dari $ 15 perbulannya.

Chimp Rewriter adalah salah satu pilihan terbaik bagi Anda yang ingin melakukan parafrase yang sumbernya berasal dari artikel atau apapun lainnya dari internet dan Chimp Writer memparafrasekan artikelmu dengan nyaris sempurna. 

Banyak fitur yang diberikan, seperti , penulisan ulang direktori massal, N-spin, anchor text spin, menyusun ulang daftar, dan masih banyak lagi fitur yang tersedia untukmu.

3. SpinnerChief 6 

Spinner chief6

SpinnerChief adalah salah satu alat parafrase terbaik yang sanggup menghasilkan ribuan artikel dalam satu menit dengan kualitas tinggi. Bahkan bisa 100% unik, berbeda, dan dapat dibaca dan dipahami dengan mudah oleh siapa pun.

SpinnerChief 6 bisa digunakan secara grtais dengan fitur tertentu saja yang bisa digunakan. Terdapat pula versi berbayar yaitu versi Elite dengan harga dimulai dari $ 87 perbulannya.

Teknologi yang digunakan oleh SpinnerChief adalah hal yang baru yaitu Statictical Replacement Technology (SRT). 

Dengan teknologi tersebut, SpinnerChief bisa beroperasi dengan menggunakan statistik yang paling tepat untuk kata atau frasa apa pun. Fungsi yang berada pada teknologi ini memiliki cara yang sama dengan Google Translate. 

4. Free Parahphrasing

smallseotools

Jika mencari alat parafrase gratisan, maka ini adalah rekomendasi paling tepat. Alat parafrase dari SmallSEOTools ini adalah gratis dengan semua fitur yang disediakan. Namun, karena gratis, tetap saja banyak kekurangannya. Alat ini tidak dapat mengulangi dan merestrukturisasi seluruh kalimat.

Free Parahphrasing tidak akan menyimpan tulisan di server atau database, penggunaannya pun sederhana sehingga sangat mudah digunakan. 

Uniknya, Anda bisa memparafrasekan kontenmu dari format Ms Word, PDF, dan txt.

5. Rewrite Guru

alat parafrase online
rewrite guru

Ini adalah alat parafrase yang dibuat oleh orang Indonesia. Bahasanya yang banyak digunakan adalah Bahasa Indonesia, meskipun Anda juga bisa menggunakan bahasa Inggris untuk menggunakan alat parafrase ini. 

Terdapat 4 fitur yang bagus pada alat tersebut, yaitu ultra spin, pemeriksaan kesamaan (similiarity), ganti secara manual dan menulis ualng AI. 

Review Jurnal Membutuhkan Sedikit Sentuhan

Kegiatan mereview jurnal akhir-akhir ini sering jadi tugas mahasiswa, tentunya dosen juga untuk kebutuhan memperkaya literatur review atau menunjukkan kajian-kajian terdahulu yang relevan. Oleh sebab itu di sini saya akan membagikan review jurnal online dari beberapa website review jurnal yang tersedia secara online dan gratis. 

Saya sudah pernah menulis tentang cara review jurnal otomatis pada postingan sebelumnya, dan ternyata ada beberapa pertanyaan yang muncul yaitu tentang review jurnal online yang bisa diakses di beberapa website untuk review jurnal. 

Hal yang harus dipahami terlebih dulu adalah ...

Kegiatan review jurnal adalah berat, tapi akan lebih mudah jika ada alat yang bisa membantu kita untuk menyelesaikannya.

Jadi, review jurnal online bukan berarti kita tinggal copas-copas saja, namun harus ada sentuhan manusia yaitu kita sendiri sebagai seorang yang ingin mereview sebuah jurnal. 

Simpulan

Dari semua alat parafrase di atas, bukan bermaksud untuk memudahkan dalam melakukan kecurangan, melainkan untuk memudahkan. Lagi pula hasil dari parafrase dari semua alat di atas itu tidak sepenuhnya sesuai dengan Ejaan Bahasa dan Susunan Bahasa. 

Jadi masih sangat diperlukan sentuhan kita sendiri agar artikel yang sudah diparafrase bisa dibaca dengan baik oleh manusia, bukan mesin. 

Sekian untuk 5 alat parafrase terbaik yang bisa meringankan tugas. Semoga bermanfaat. 

Qowim Musthofa
Qowim Musthofa Dosen IIQ An-Nur Yogyakarta Fakultas Ushuluddin Prodi Ilmu Hadis

Post a Comment for "5 Alat Parafrase Online Terbaik yang Bisa Meringankan Tugas"