Widget HTML #1

Cara Menampilkan Postingan Populer di Blog

Menampilkan postingan populer di blog merupakan salah satu hal penting untuk menarik pengunjung blog. Oleh sebab itu, blogspot memberikan widget tersebut secara gratis sebagai bawaan templatenya. Baik premium maupun bawaan, biasanya perancang tema blogspot memiliki ciri khas sendiri dalam hal bagaimana menampilkan postingan populer di blog.

cara postingan populer
qowim.net

Misalnya, saya menggunakan template LinkMagz premium yang dirancang oleh Mas Sugeng, memiliki ciri khas sendiri secara tampilan dibandingkan template yang lain. 

Biasanya, seorang blogger memiliki kecenderungan sendiri dalam hal ini, karena soal desain biasanya masing-masing orang mempunyai selera yang berbeda. Namun, bagi saya secara pribadi tampilan postingan populer yang sedang saya pakai ini sudah lebih dari cukup. 

Mungkin, mungkin saja ada blogger yang masih bingung bagaimana caranya menampilkan postingan populer di blognya. Oleh sebab itu, pada kesempatan tulisan ini akan membahas soal tersebut. Silakan baca juga tulisan berjudul apa itu widget dan fungsinya pada blog.

Manfaat Popular Post

Terkait manfaat dari widget popular post adalah sebagai berikut, ini menurut pengalaman saya pribadi saja, ya. Subyektif tak masalah, yang penting bisa memberikan gambaran saja kepada Anda sekalian. 

Menarik pengungjung agar mau membaca tulisan kita yang populer.

Hal ini karena tidak semua pengunjung blog adalah pelanggan kita, barangkali mereka menemukan blog kita karena muncul di pencarian Google, atau rekomendasi teman dan lainnya. Jadi, agar pengunjung betah dan membaca artikel lainnya, mereka bisa membaca beberapa artikel populer yang sudah pernah kita tulis di blog. 

Menambah jumlah page view. 

Kunjungan halaman adalah kemewahan tersendiri bagi seorang blogger, apalagi kalau pengunjung blog kita kembali lagi untuk membaca postingan terbaru. Tentu sangat senang. Nah salah satu postingan populer itu adalah untuk meningkatkan jumlah page view di blog kita. Ini juga menjadi salah satu hal penting dalam aktivitas ngeblog, yakni optimasi postingan blog agar ramah di Google.

Memberikan kesan banyak pengunjung 

Disadari atau tidak, sebenarnya menampilkan postingan populer di blog bisa memberikan kesan kepada pengunjung bahwa blog kita ini beberapa artikelnya banyak pembacanya. Makanya, ada beberapa blogger yang memberikan judul postingan populernya dengan judul trending. 

Hal itu tentunya bisa menumbuhkan kredibilitas konten kita, kan? Bahwa artikel kita banyak yang membacanya. 

Mungkin tiga hal tersebut saja yang bisa saya tuliskan, jika Anda memiliki manfaat yang lain, silakan cantumkan di kolom komentar ya. 

Bagaimana Cara Menampilkan Postingan Populer di Blog? 

Cara ini sesungguhnya sangat mudah sekali, sebab sebagaimana sudah saya singgung di atas, Blogspot sudah memberikan widget gratis tersebut di menu-menu defaultnya. Jadi, Anda hanya mengaktifkannya saja. Tidak perlu cara-cara secara khusus dan njelimet tentunya. 

Begini lo cara menampilkan postingan populer di blog. 

  1. Pastikan Anda sudah masuk di dashboard blogspot 
  2. Pilih menu Tata Letak / Layout 
  3. Pilih Tambahkan Gadget 
  4. Gulir sampai ketemu menu postingan populer lalu klik saja 
    cara menampilkan postingan populer
    qowim.net
  5. Silakan atur sesuai dengan selera Anda 
    Menampilkan postingan populer blog
    qowim.net
    Keterangan
    Berikan judul gadget yang anda pilih, bisa dengan memberikan judul Populer Sepekanatau dengan Trendingatau lainnya sesuai dengan selera anda.
    Selain itu juga atur bagian berapa postingan yang ingin anda tampilkan, dan sekaligus dalam jangka waktu berapa artikel yang paling banyak dibaca oleh pengunjung? Anda bisa memilih sepekan, bulanan, bahkan tahunan.
    Terdapat juga pilihan apakah anda ingin menampilkan cuplikan, gambar dan waktu posting. Silakan sesuaikan saja dengan kecenderungan anda, tidak ada pekemnya dalam hal ini. Silakan berimprovisasi sendiri saja.
  6. Jangan lupa klik simpan
  7. Selesai 

Silakan periksa hasil dari tampilan popular post atau postingan populer yang sudah Anda tambahkan. Itu adalah tampilan secara default dan masing-masing tema memiliki desain yang berbeda-beda. 

Jika Anda ingin tampilan yang lebih menarik silakan ubah sendiri atau kustomisasi pengaturan kodenya, baik html maupun css yang sudah Anda pahami. Jangan lupa tetap selalu mencantumkan meta deskripsi pada tiap postingan di blog anda. Sebab hal itu menjadi salah satu hal yang penting untuk optimasi SEO Google.

Namun perlu diingat, jangan sampai menggunakan html, java script yang bisa membuat blog Anda lemot. Sebab hal itu bisa mempengaruhi kecepatan loading blog Anda. Mengingat bahwa pengunjung biasanya ingin akses yang cepat dan tidak suka menunggu loading yang ada di dalam blog. 

Perhatikan dan pertimbangkan saja penggunaan kode-kode yang bisa menyebabkan loading blog jadi lemot. Jika Anda ingin tahu bagaimana cara mempercepat loading blog, bisa baca artikel berjudul cara mempercepat loading blog

Sekian tutorial dan panduan sederhana tentang cara menampilkan postingan populer di blog. Semoga ini bisa bermanfaat. Silakan cantumkan pada kolom komentar jika ada pertanyaan. 

Qowim Musthofa
Qowim Musthofa Blogger yang tinggal di Bantul. Mengajar di Institut Ilmu al-Qur'an (IIQ) An-Nur Yogyakarta. Terima kasih telah berkunjung. Korespondensi melalui surel: [email protected]

Post a Comment for "Cara Menampilkan Postingan Populer di Blog"