Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

ads.header2

3 Cara Mempercepat Loading Blog Biar Tidak Lemot

3 Tips agar loading blog tidak lemot atau bisa juga judul ini menjadi 3 cara mempercepat loading blog biar tidak lemot. Wah, ini penting lho untuk diketahui sekaligus dipraktikkan. Ya minimal dipertimbangkan lah.

Kali ini, saya akan membahas tips agar loading blog bisa cepat. Apalagi hidup di negara yang koneksi internetnya paling lemot di dunia?
cara mempercepat loading blog
qowim.net
Mempunyai blog yang tidak lemot adalah dambaan semua blogger. Sebab dengan loading yang cepat, pengunjung tidak merasa harus menggerutu hanya karena menunggu loading sempurna.

Apalagi, orang seperti saya. Tidak paham sama sekali tentang dunia koding mengoding. Ngode dia aja nggak pernah berhasil, apalagi blog. Hadeh...

Tapi jangan khawatir bagi kalian yang awam soal dunia koding seperti saya, dan tidak paham atau bahkan tidak banyak waktu untuk belajar ngoding.

Saya akan membagikan tips-tips jitu agar blogmu tidak lemot sehingga pengunjung tak pernah merasa lelah menunggu kepastian.

Sesuai dengan judulnya, tips ini bukan diperuntukkan oleh master-master blog yang sudah mahir soal ngoding. Artikel ini ditujukan untuk orang-orang awam dan ingin praktis saja.

Menggunakan blog sebagai media untuk belajar nulis dan semoga bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah.
Tips Agar Blog tidak Lemot atau cara mempercepat loading blog biar tidak lemot.

Oke langkah-langkah agar blog tidak lemot adalah sebagai berikut;

1. Perhatikan Gambar Unggah di Tiap Postingan

Gambar di blog memang penting, bahkan sangat penting. Tidak hanya sebagai penghias saja, tapi juga membantu pembaca agar mempunyai ilustrasi yang sama dengan penulisnya sesuai dengan judul di artikel blog.

Namun, harus diperhatikan pula kualitas dan ukuran dari gambar tersebut.

Ukuran-ukuran gambar harus disesuaikan dengan lebar dari blog yang sobat gunakan, jangan sampai nanti gambarnya terlalu besar hingga melebihi lebar dari blog sobat. Apalagi kalau tema yang sobat instal itu tidak responsive di berbagai perangkat.

Selain dari sisi dimensi ukuran gambar, hal yang tidak kalah penting lagi adalah tentang ukuran berkas (file) dari gambar tersebut.

Jangan sampai melebihi 1 MB, ini saja sudah terlalu besar.

Jika sobat suka desain di photoshop atau corel, pastikan ketika menyimpan ukuran file harus diperkecil jangan sampai terlalu besar jika ingin diunggah di blog.

Namun, jika sudah terlanjur, banyak sekali disediakan secara online tentang ngompres gambar agar ukurannya menjadi lebih kecil, tanpa mengurangi resolusinya.

Salah satu pranala website yang sering saya gunakan adalah https://kraken.io/web-interface

Biasanya, ukuran gambar yang sampai 700 kb, bisa diperkecil lagi menjadi 25-55 kb.

Sangat membantu kan?

Kalau ukuran gambar di blog semakin kecil, maka otomatis ketika kita membuka blog kita, baik di smartphone maupun pc akan terasa cepat, tanpa menunggu lebih lama. Ini adalah cara pertama cara mempercepat loading blog.

2. Tidak terlalu banyak widget yang Sia-sia

Cara yang kedua untuk mempercepat loading blog adalah jangan terlalu banyak Widget, memang hal yang penting. Kita bisa mencantumkan recent post, popular post, arsip hingga iklan. Tentang widget baca artikel berjudul apa itu widget dan fungsinya bagi blog.

Namun sobat bloger harus tahu juga bahwa widget yang tampak tidak begitu berguna juga bisa membuat blog kita jadi lemot.

Misalnya ngoding macem-macem di recent post agar tampil menarik, popular post yang warna-warni terdapat animasinya. Mungkin kita sebagai blogger suka dengan hal tersebut.

Tapi, jangan kesampingkan juga kepentingan pembaca, yaitu nyaman membaca dan cepat. Dunia internet yang paling dikedepankan adalah kecepatan.

Pertimbangkan lagi jika Anda ngin menampilkan widget yang terlalu ramai. Bisa jadi, pembaca tidak mau kembali lagi hanya karena tampilan blog kita terlalu ramai dan lemot.

Saya kira, menggunakan widget sesuai dengan bawaan blogger sudah sangat cukup, bahkan mendekati sempurna sebagai sarana menyediakan kebutuhan penuli untuk menampilkan kontennya.

Terakhir, adalah soal template. Ini persoalan yang paling menentukan di dalam mengurus blog.

3. Gunakan Template Premium

Soal ini, saya tidak mau ambil pusing dengan mengotak-atik html blogger. Selain saya tidak mempunyai basis keilmuannya, saya juga lebih baik menggunakan waktu-waktu produktif untuk menulis konten.

Betul gak?

Betul doooong...

Kalau kita lapar, tidak punya keterampilan masak yang baik. Lalu memaksakan diri belanja bahan pokok, ngrajang-ngrajang, nyiapin alat masaknya, goreng-goreng, belum nanti membereskan dan asah-asah yang bikin kepala mendadak pusing itu.

Dan, hasil masakan kita tidak begitu enak.

Percuma nggak sih? Hmmm. kalau saya percuma. Mending kita beli Nasi Padang 15rb kenyang, dan pasti rasanya seperti masakan Nasi Padang.

Ya, soal template blog lebih kurang seperti itu. Kalau kita tidak punya basis keilmuannya dan tidak ingin expert di bidang koding. Yasudalah...

Jangan ambil pusing, beli aja template premium.

Saya merekomendasikan template yang dibuat oleh Mas Sugeng. Sebagaimana di blog ini, saya beli premium di Mas Sugeng.

Apa alasannya?

Wah, ini bisa panjang kalau lengkap. lain kali saja saya review ya. Semoga...

1. Ramah Mesin Pencari

Semua sobat blogger tentunya ingin mendapatkan ranking yang bagus di Mesin Pencari. Nah, template blogger dari sugeng.id sudah dioptimalkan untuk SEO supaya dapat membantu mencapai hal tersebut secara lebih mudah dan sederhana.

2. Super Responsive di Semua Perangkat

Dengan banyaknya perangkat yang digunakan untuk mengakses internet, mulai dari smartphone, tablet, desktop, smart tv, maka memiliki desain blog yang responsive menjadi hal yang tidak bisa dikesampingkan.

3. Desain Keren Mantul

Konten berkualitas bisa dibilang menjadi faktor penting yang menentukan keberhasilan sebuah blog. Selain konten, memiliki desain blog yang keren juga tidak kalah penting karena dapat membuat pengunjung semakin betah di blog sobat.

Kalau bisa buat konten bagus dengan tampilan yang keren, kenapa harus tidak?

Percaya diri dengan konten boleeeh, tapi jangan abaikan struktur dan tampilan di blog sobat.

4. Pengaturan Template Anti Ribet

Template blogger premium yang disediakan di sugeng.id dibuat sebisa mungkin supaya mudah digunakan, bahkan untuk pemula sekalipun.

Dengan begitu sobat bisa lebih fokus menciptakan konten berkualitas ketimbang menghabiskan waktu edit-edit template. Masuk akal kan?

Seperti blog ini, saya tidak perlu pusing-pusing mikirin template. Sebab semua sudah disediakan dan diberikan tutorial mulai dari pemsangan template hingga cekenik-cekenik dan printilan-printilan lainnya.

5. Selalu Diperbarui

Kita tahu kalau dunia internet selalu berkembang, terutama alogoritmanya. Nah, template premium ini juga mengikuti perkembangan itu, sehingga kalau ada pembaharuan kita tidak perlu repot-repot mengikutinya. Cukup dengan unduh ulang saja di member sugeng.id.

Selain itu, kita tidak perlu bayar lagi kalau ada update selama apapun. Sekali bayar untuk selamanya.

Tidak seperti template gratisan yang setelah dirilis tidak pernah diperbarui oleh pembuatnya, template blogger dari sugeng.id selalu diperbarui dari waktu ke waktu, supaya desain dan peformanya semakin keren dan mantab.

6. Loading Super Wuzz

Ini yang bikin saya ketagihan menggunakan templatenya Mas Sugeng. Yaitu kecepatannya... Hampir tak masuk akal. Pokoknya wasss wussss...

Tidak ada pembaca blog yang suka dengan blog yang loading lama. Sebab saya sendiri seperti itu, kalau loading lama, pasti langsung close tab. Cari artikel lain.

Itulah kenapa performa dan kecepatan loading menjadi prioritas utama pada template blogger yang disediakan sugeng.id.

Jika ingin membeli template seperti yang saya pakai ini, silakan mengunjungi blog sugeng.id atau klik di sini saja.

Ada 5 pilihan template premium yang bisa dibeli sesuai dengan tujuan ngeblog. Berikut ini adalah 5 pilihan template tersebut

  1. LinkMagz saya memakai template ini sudah 3 tahun, hasilnya sangat memuaskan sekali.
  2. EvoMagz Biasanya ini digunakan untuk blog berita.
  3. VioMagz bisa dipakai untuk blog pribadi dan kepentingan blog lainnya. 
  4. Viotoko ini khusus untuk template toko online berbasis blogspot.
  5. Kutoko sama dengan Viotoko namun fiturnya lebih lengkap dan dahsyat. 
Jika masih ragu, silakan tentukan terlebih dahulu tujuan dari ngeblog. Anda bisa membaca artikel berjudul 11 Jenis Blog yang Harus Diketahui sebelum menentukan ngeblog.

Penutup

Nah itulah 3 hal penting yang harus dipahami dan dipertimbangkan jika sobat ingin mempunyai blog yang loadingnya cepet was-wus. Coba dipertimbangkan tips tentang 3 cara mempercepat loading blog biar tidak lemot. 

Kalau kalian pakai template apa? Bagikan di kolom komentar ya kalau ingin diskusi lebih banyak...

Qowim Musthofa
Qowim Musthofa Dosen IIQ An-Nur Yogyakarta Fakultas Ushuluddin Prodi Ilmu Hadis

Post a Comment for "3 Cara Mempercepat Loading Blog Biar Tidak Lemot"