Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Penting 4 Hal tentang Struktur Tulisan di Blog

Semua pujian dan kebaikan hanya milik Allah ﷻ yang mengatur rezeki semua makhluk hidup di alam semesta. Selawat dan salah semoga senantiasa tercurahkan kepada Nabi Muhammad ﷺ. Kali ini, saya akan menuliskan tentang 4 hal tentang struktur tulisan di blog.

struktur tulisan di blog

Pengantar

Pekerjaan paling sering dilakukan oleh seorang blogger adalah menulis. Menulis konten yang bermanfaat sesuai dengan minat dan kecenderungan seorang blogger. Oleh sebab itu, seorang blogger harus mengetahui tentang cara yang tepat bagaimana membuat postingan di blog. 

Namun, tidak hanya hanya membuat postingan, tetapi juga mengetahui tentang struktur tulisan agar dapat terbaca dengan baik, sekaligus mudah untuk dipahami. Oleh sebab itu, tulisan ini akan dibagi menjadi dua bagian, pertama tentang cara praktis membuat postingan blog, dan yang kedua tentang struktur tulisan di blogspot. 

Cara Membuat Postingan di Blog

Saya kira semua bloger sudah familiar dengan cara ini, sebab sangat mudah sekali untuk dilakukan, bahkan oleh blogger pemula sekalipun. Namun, hal ini tetap saya tuliskan di sini dengan pertimbangan agar memiliki kesatuan pada pembahasan berikutnya.

Silakan baca tulisan lebih lanjut tentang cara membuat postingan di blog dan optimasinya.

Namun, jika anda merasa malas 😁 yasudah, saya cantumkan lagi di sini

  1. Pergi ke Dashboard blogspot
  2. Klik postingan baru di menu bagian kiri
  3. Lalu tuliskan judul dan isi dari tulisan yang ingin dibuat 
  4. Jangan lupa mengoptimasi postingan dan mengisi semua data pada bagian kanan
  5. Publikasikan

Saran saya tetap membaca tulisan yang sudah saya cantumkan di atas, agar lebih praktis dan mudah untuk dipraktikkan. 

Selanjutnya kita masuk pada bagian inti tulisan ini, yaitu mengetahui struktur tulisan di blog. 

Struktur Tulisan di Blog 

Tulisan di blog memiliki karakter yang berbeda dengan tulisan pada umumnya, misalnya penelitian, laporan, dan artikel ilmiah. Tulisan blogger memilki karakter yang populer, santai dan satu ide. Oleh sebab itu, penulisan artikel di blog sangat mempengarungi jumlah pembaca dan pengunjung di blog kita. 

Selain itu, tulisan di blog lebih bersifat praktis daripada ndakik-ndakik ngilmiah. Sebab biasanya seseorang yang berselancar di Google adalah orang-orang yang ingin mengetahui informasi secara cepat, padat dan akurat. 

Oleh sebab itu, saya akan memberikan sedikit gambaran tentang struktur tulisan di blog. 

1. Judul 

Judul adalah hal yang paling inti dan menjadi kunci dalam sebuah postingan blog. Sebab sebagai pembaca, jika ingin mengklik tulisan kita, hal pertama yang terbaca adalah judulnya, bukan isinya. Jika judul ditulis secara asal-asalan, maka hasilnya akan sepi pengunjung dan tidak banyak yang membaca postingan kita. 

Sebaiknya, sebelum menulis judul, penulis blog harus menuliskan terlebih dahulu calon judul yang dipakai di mesin pencari Google, Bing atau lainnya. 

Fungsinya adalah untuk melihat pesaing kita di mesin pencari. Sebaiknya menuliskan hal-hal yang tidak mengulang yang sudah ditulis oleh pesaing, namun melengkapi dan menambahkan hal yang baru dari tulisan yang ingin kita tulis. 

Apakah judul harus panjang? 

Tidak ada syarat khusus dalam hal ini, melainkan tergantung kebutuhan kita saja, tentukan terlebih dulu "kira-kira siapa yang akan membaca tulisan yang sedang kita buat?" 

Misalnya, tulisan yang sedang Anda baca ini, judulnya adalah "Penting mengetahui struktur tulisan di blog" dalam bayangan saya, yang akan membaca tulisan ini adalah orang-orang yang ingin mendapatkan informasi tentang cara membuat postingan blog sekaligus mengetahui struktur bagaimana menulis di blog yang nyaman. 

Kedua, adalah orang-orang yang ingin mendapatkan informasi terbatu tentang cara yang paling tepat membuat postingan blog. 

Tulisan ini berangkat dari anggapan saya tentang blogger yang menuliskan artikelnya secara asal-asalan. 

Oleh sebab itu, judul yang saya pilih adalah penting untuk mengetahui struktur tulisan di blog. 

Jadi intinya adalah, judul harus menyesuaikan tujuan dari tulisan yang kita buat. 

2. Tata Letak dan Penempatan Paragraf

Statistik pembaca di blog qowim.net ini sebagian besar adalah pengguna smart phone, baik yang berbasis android maupun IOS. Jumlah prosentasenya adalah 85% pengguna mobile/hp, 13% pengguna dekstop dan 2% adalah pengguna tablet. Dari mana data itu diperoleh? dari Google search console. Jika Anda belum melakukan submit peta situs atau bahkan tidak mengetahui caaranya, silakan baca tulisan cara mengirimkan peta situs di GSC

Dari data tersebut, lalu saya menulis paragraf di postingan blog tidak lebih dari 5 baris. Sebab jika paragraf terlalu panjang, maka menyebabkan tidak nyama dibaca oleh pengunjung. 

Selain itu, setiap paragraf juga memastikan kodenya sudah sesuai menggunakan <p> bukan <br/> agar tata letak dan penempatannya tidak amburadul. 

3. Menggunakan Heading 

Blogspot memberikan fitur heading di dalamnya, hal ini untuk memudahkan pembaca secara sistematis dan terstruktur. Misalnya heading 1 untuk judul utama, heading 2 untuk subjul dan lainnya adalah bentuk paragraf. 

Anda bisa melihatnya pada ketika sedang menulis di laman blogspot. Perhatikan gambar berikut 

heading blog
gambar 1

Klik bagian paragraf lalu akan muncul seperti gambar di atas, keterangannya adalah sebagai berikut;

  1. Judul utama dijadikan sebagai penulisan judul, lebih baik tidak perlu digunakan, sebab judul utama sudah ada pada judul yang kita tulis pada bagian atas.
  2. Judul adalah bagian yang harus kita pilih untuk memisahkan pembahasan
  3. Subjudul digunakan membuat sub pembahasan yang masih ada hubungannya dengan judul
  4. Paragraf digunakan setiap kita ingin menentuknan paragraf baru 
  5. Normal sebaiknya tidak digunakan jika kita ingin menulis sesuai dengan aturan paragraf

Fungsi dari heading ini adalah untuk memudahkan pembaca sekaligus memberikan kesan kepada Google bahwa artikel yang kita buat disusun sesuai dengan pembahasan dan memiliki struktur yang baik. 

4. Melengkapi Data Tulisan

Data tulisan berada pada bagian kanan blogspot ketika kita menulis sebuah konten, perhatikan gambar 1 lagi di atas. Pada bagian kanan ada label, link, deskripsi penelusuran. Semua data tersebut harus disesuaikan dengan kebutuhan kita. 

Silakan baca tulisan berjudul cara mengatur dan memasang meta deskripsi tulisan di blog. Pada tulisan tersebut sudah menjelaskan banyak hal tentang pentingnya memasang meta deskripsi sekaligus cara-caranya. 

Penutup

Sekian tentang mengenal struktur tulisan di blog, semoga tulisan ini bermanfaat jika ada pertanya silakan cantumkan di kolom komentar, ya 👋

Qowim Musthofa
Qowim Musthofa Dosen paruh waktu dengan anak satu. Suka menulis tentang apa saja, sesuai minat dan bidang yang sedang ditekuni. Surel [email protected]

Post a Comment for "Penting 4 Hal tentang Struktur Tulisan di Blog"