Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

ads.header2

Cara Menulis Daftar Pustaka Jurnal Online Secara Otomatis

Menulis artikel ilmiah merupakan aktivitas seorang intelektual, umumya dilakukan oleh mahasiswa dan dosen atau para akademisi. Namun, hal yang sangat penting terkadang menjadi kelalaian, apalagi mahasiswa yang baru memasuki dunia kampus. Salah satunya adalah tentang cara menulis daftar pustaka jurnal online. 

cara menulis daftar pustaka jurnal online
qowim.net

Pengantar

Menulis daftar pustaka memang tampak sederhana, namun jika tidak mengetahui detail cara dan karakteristiknya, maka rawan melakukan kesalahan. Perlu diketahui juga bahwa metode penulisan daftar pustaka itu ada banyak sekali modelnya. Seperti metode MLA, APA, Chicago, Turabian, IEEE dan lain sebagainya. 

Sebenarnya sudah banyak juga peralatan yang tersedia untuk memudahkan manajemen referensi. Beberapa aplikasi manajemen referensi tersebut seperti Mendeley dan Zotero. Saya telah menuliskan cara menggunakan aplikasi Mendeley di artikel berjudul Cara Penggunaan Aplikasi Mendeley untuk Memudahkan Penulisan Sitasi.

Pada artikel ini, secara khusus akan saya tuliskan tentang tips sekaligus cara menulis daftar pustaka jurnal online secara otomatis. 

Sebenarnya sangat mudah, sebab di tiap jurnal online yang berbasis OJS sudah ada fitur tentang how to cite. Bagi yang masih awam tentang jurnal online berbasis OJS silakan membaca artikel berjudul Pengertian tentang Apa itu OJS Jurnal.

Pada artikel tersebut saya menuliskan tentang seluk-beluk OJS mulai dari pengertian hingga perkembangannya di Indonesia. 

Cara Menulis Daftar Pustaka Jurnal Online

Oke, mungkin itu saja sebagai pengantar tulisan ini. Selanjutnya langsung saja tentang cara menulis daftar pustaka jurnal online. Namun, sebelumnya perhatikan terlebih dulu gambar tangkapan layar berikut ini.

cara menulis daftar pustaka jurnal online otomatis
gambar 1

  1. Kunjungi jurnal yang ingin disitasi. Misalnya jurnal yang saya kelola bisa kunjungi di pada laman https://jurnalannur.ac.id/index.php/musala 
  2. Klik salah satu artikel yang ingin dikutip
  3. Perhatikan pada bagan artikel bagian samping (jika anda mengakses melalui PC) 
  4. Terdapat fitur dari jurnal How to Cite (tanda lingkar merah)
  5. Pilih metode sitasi seperti apa yang ingin digunakan. (tanda anak panah) Terdapat banyak metode, coba perhatikan gambar di bawah ini
    menulis daftar pustaka jurnal online
    gambar 2

  6. Silakan salin hasilnya dan tempelkan ke halaman daftar pustaka Anda
  7. Selesai

Cukup simpel dan sederhana, bukan? 

Semu metode pengutipan yang Anda butuhkan sudah tersedia di sebagian besar jurnal online yang berbasis OJS. Untuk melengkapi keterangan dan penulisan tips ini, saya akan memberikan penjelasan secara mudah dan sederhana saja untuk mengetahui sistem penulisan daftar pustaka. 

Komponen Daftar Pustaka Jurnal Online

Berikut ini adalah komponen yang wajib ada di daftar pustaka jurnal online; 

  1. Nama
  2. Tahun terbit
  3. Judul artikel
  4. Nama Penerbit
  5. Edisi terbit
  6. Keterangan halaman
  7. Nomor DOI
    Nomor DOI ini sangatlah penting untuk dicantumkan pada daftar pustaka, apalagi kalau anda menulis artikel di jurnal yang berbasis OJS. Bagi yang masih awam tentang apa itu DOI silakan membaca artikel berjudul Mengenal DOI mulai Pengertian hingga Fungsinya.

Contoh kutipan menggunakan metode APA

Afliha, J. K. (2022). Joglo Pencu Traditional House of Kudus Indonesia: History of Islamic Meanings in The Architecture of Joglo Pencu Kudus House of Central Java Indonesia. MUSALA: The Journal of Pesantren and Nusantara Islamic Culture, 1(1), 26–49. https://doi.org/10.37252/jpkin.v1i1.119

Contoh Pengutipan metode MLA

Afliha, J. K. “Joglo Pencu Traditional House of Kudus Indonesia: History of Islamic Meanings in The Architecture of Joglo Pencu Kudus House of Central Java Indonesia”. MUSALA: The Journal of Pesantren and Nusantara Islamic Culture, vol. 1, no. 1, Jan. 2022, pp. 26-49, doi:10.37252/jpkin.v1i1.119.

Contoh Pengutipan metode Turabian

Afliha, Jauharatul Kamila. “Joglo Pencu Traditional House of Kudus Indonesia: History of Islamic Meanings in The Architecture of Joglo Pencu Kudus House of Central Java Indonesia”. MUSALA: The Journal of Pesantren and Nusantara Islamic Culture 1, no. 1 (January 24, 2022): 26–49. Accessed February 20, 2022. https://jurnalannur.ac.id/index.php/musala/article/view/119.

Contoh Pengutipan metode Chicago

Afliha, Jauharatul Kamila. 2022. “Joglo Pencu Traditional House of Kudus Indonesia: History of Islamic Meanings in The Architecture of Joglo Pencu Kudus House of Central Java Indonesia”. MUSALA: The Journal of Pesantren and Nusantara Islamic Culture 1 (1):26-49. https://doi.org/10.37252/jpkin.v1i1.119.

Semua contoh-contoh di atas hanya sebagai gambaran saja yang diambil dari fitur jurnal online yang berbasis OJS. Sesuai dengan cara-cara yang sudah saya tuliskan di atas. 

Penutup

Demikianlah tutorial dan tips singkat tentang bagaimana cara menulis daftar pustaka jurnal online secara otomatis. Semoga bermanfaat. Jika ada yang ingin disampaikan silakan tulis di kolom komentar, ya.


Qowim Musthofa
Qowim Musthofa Dosen IIQ An-Nur Yogyakarta Fakultas Ushuluddin Prodi Ilmu Hadis

Post a Comment for "Cara Menulis Daftar Pustaka Jurnal Online Secara Otomatis"