Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Apa itu DOI; Mengenal Doi Mulai dari Singkatan dan Fungsinya

Mengenal DOI. Bagi pengelola jurnal dan penulis artikel ilmiah, istilah DOI tentu tidak asing. Tulisan ringkas ini akan membahas tentang apa itu DOI, mulai dari pengertian doi hingga fungsi doi bagi artikel ilmiah yang terbit di jurnal-jurnal, baik nasional maupun internasional.

pengertian doi
qowim.net

Apa Singkatan dari DOI?

DOI merupakan pengenal objek digital. Singkatan DOI adalah digital object indentifier. Artinya pengenal objek digital. 

Secara umum, bentuk-bentuk digital bisa diberikan nomor identifier tersebut. Jadi, tidak hanya artikel saja, melainkan semua objek digital yang ada di internet, bisa diberikan DOI tersebut. Misalnya; suara, video, gambar, laporan penelitian, dokumen-dokumen dan banyak lagi yang lainnya.

Cara pemberian pengenal objek digital tersebut biasanya terdiri dari dua unsur, pertama sufix dan yang kedua prefix. Awalan dan akhiran. Misalnya, jurnal yang saya kelola JPKIN sudah memiliki doi seperti ini10.37252/jpkin

Keterangan
10.37252 adalah prefix
/jpkin adalah sufix

Jika doi tersebut diklik, maka akan merujuk pada halaman yang menerbitkan dokumen tersebut. Karena saya menggunakan jasa crossref, maka jika doi 10.37252/jpkin diklik maka akan menuju halaman crossref. 

Secara teknis, doi tersebut bisa memuat tentang seluruh meta data artikel yang diterbitkan, mulai dari nama penulis, afiliasi, abstrak hingga referensi dari artikel yang sudah diterbitkan.

Apa Fungsi DOI

Jika dilihat dan dipahami dari sisi pengertian DOI, maka fungsi-fungsi dari DOI cukup jelas, yaitu untuk memberikan kode unik yang bertujuan untuk mengidentifikasi objek yang dikehendaki.

Silakan kunjungi halaman https://www.doi.org untuk mengetahui lebih jelasnya tentang seluk beluk doi.

Penutup

Pengertian doi dan fungsinya sudah dijelaskan secara sederhana seperti di atas, intinya adalah doi itu pengenal objek digital yang berfungsi sebagai tanda bahwa artikel atau dokumen tersebut sudah ada yang mengklaim.

Oke segitu dulu tentang seluk-beluk DOI, hal-hal teknis yang lain akan dibahas pada artikel berikutnya.

Qowim Musthofa
Qowim Musthofa Dosen paruh waktu dengan anak satu. Suka menulis tentang apa saja, sesuai minat dan bidang yang sedang ditekuni. Surel [email protected]

Post a Comment for "Apa itu DOI; Mengenal Doi Mulai dari Singkatan dan Fungsinya"