Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Cara Penggunaan Mendeley Aplikasi untuk Mempermudah Penulisan Referensi

QOWIM.NET - Dulu, ketika saya menulis skripsi, tesis dan artikel-artikel ilmiah hampir selalu direpotkan dengan hal-hal teknis seperti cara pengutipan dan penulisan daftar pustaka. Mengingat gaya-gaya pengutipan itu juga banyak sekali, dan sialnya semua kampus dan jurnal-jurnal ilmiah mempunyai selingkung yang beragam. Misalnya gaya APA, MLA, Turabian, Chicago, IEEE dan mbuh lainnya banyak sekali. 

Mengingat-ingat dan mempelajari pengutipan seperti itu, rasanya melelahkan. Namun, sejak mengenal aplikasi yang memudahkan soal sitasi itu, saya jadi merasa ketinggalan dan mbatin "kok ya tidak pernah menggunakan ini dari dulu saja" Beberapa aplikasi itu seperti Mendeley, Zotero, bahkan di dalam Microsoft word juga menyediakannya. Tapi ya, karena gaptek itu, jadi tidak hampir tidak pernah peduli. 

Kali ini, aplikasi yang sering saya pakai untuk kutip-mengutip ini adalah Mendeley. Jadi, tutorial ini khusus untuk Mendeley saja. 

Cara menggunakan mendeley

Apa itu Mendeley?

Mendeley adalah sebuah perangkat lunak yang kelahirannya diilhami oleh sebuah upaya untuk mengintegrasikan “citation & reference manager” ke dalam sebuah jejaring sosial. Dengan jejaring semacam ini, peneliti di berbagai belahan dunia dapat berkolaborasi dan melakukan sharing data penelitian.

Perangkat lunak Mendeley saat ini tersedia dalam 2 (dua) versi, Desktop Edition dan Institutional Edition. Mendeley Desktop Edition (selanjutnya dalam panduan ini akan disebut Mendeley saja) adalah perangkat lunak “citation & reference manager” yang bisa didapatkan secara gratis (tidak berbayar) dan sangat kompatibel dengan program pengolah kata MS Word (2003,2007,2010), Mac Word (2008, 2011), Open Office/Libre Office (3.2), dan Bib Tex.

Beberapa fitur yang menjadi andalan Mendeley antara lain:
  1. Dapat berjalan pada MS Windows, Mac, ataupun Linux.
  2. Menampilkan metadata dari sebuah file PDF secara otomatis.
  3. Backup dan sinkronisasi data dari beberapa komputer dengan akun online.
  4. Smart filtering dan tagging.
  5. PDF viewer dengan kemampuan anotasi dan highlighting.
  6. Impor dokumen dan makalah penelitian dari situs-situs eksternal (misalnya PubMed, Google Scholar, arXiv, dll).
  7. Integrasi dengan berbagai perangkat lunak pengolah kata seperti MS Word, Open Office, dan Libre Office.
  8. Fitur jejaring sosial.
  9. iPhone dan iPad app.
  10. Free web storage sebesar 2 GB yang dapat dimanfaatkan sebagai online backup.

Di samping itu, pengaturan dan manajemen file hasil download sangat mudah dilakukan dengan “drag and drop”, sehingga terasa sangat user friendly. Namun demikian bukan berarti Mendeley tidak memiliki kelemahan. Mendeley akan mengunggah semua file yang ada di hard disk lokal ke web site Mendeley, sehingga apabila file-file ini kita dapatkan dari jurnal berbayar seperti ScienceDirect, ProQuest, ClinicalKey tentunya akan sedikit bermasalah khususnya dengan hak akses terhadap file-file tersebut.

Maaf ya, bagian ini saya copas dari laman http://lib.ugm.ac.id/ind/?page_id=336 mau nulis lagi kok males banget... 

Download Mendeley

Sebagaimana yang tertulis di atas, kita bisa langsung unduh saja aplikasi mendeley ke dekstop kita. Tenang saja, karena aplikasi ini gratis untuk kapasitas penyimpanan 2 GB. Jika kita punya referensi lebih dari 2 GB, maka kita harus merogoh kocek lebih dalam untuk membayar biaya langganan.

  1. Kunjungi website mendeley.com dan cari tombol download di bagian kanan atas.
  2. Setelah mengunduh silakan install di dekstop
  3. Selesai instalasi aplikasi mendeley silakan buka aplikasinya
  4. Silakan melakukan pendaftaran di Elsevier. Sebab mendeley terintegrasi dengan elsevier yang menjadi platformnya para peneliti agar bisa diakses oleh banyak orang. 
  5. Gunakan email aktif, dan lakukan verifikasi. Jika tidak verifikasi maka akun belum bisa dipakai.
  6. Setelah verifikasi silakan lanjutkan proses sign in di aplikasi mendeley dekstop. tampilan selanjutnya akan menjadi seperti ini

Oh iya, mendeley menyediakan layanan web importer dan sitasi di microsoft word. Saya sudah melakukan pemasangan di browser sekaligus citation di ms. word, oleh sebab itu di sana tertulis installed. Fungsinya apa? 

Jadi jika kita memasang web importer mendeley ... nanti saja deh di bawah pembahasannya. Intinya sekalian aja diinstall. klik install

Jika tahapan di atas sudah dilakukan, sekarang saatnya melanjutkan pada tahapan bagaimana caranya menggunakan mendeley.

Cara Penggunaan Mendeley

Nah, sekarang intinya. Bagaimana langkah-langkah menggunakan mendeley? Ada dua pembahasan dalam cara penggunaan ini. Pertama cara memasukkan referensi, dan yang kedua cara pengutipannya di microsoft word. 

Cara memasukkan referensi/sumber

  1. Klik menu file di bagian pojok kiri atas aplikasi mendeley
  2. Terdapat beberapa pilihan seperti gambar berikut ini

    Keterangan
    - Add file artinya menambahkan berkas .pdf yang sudah diunduh, baik berbentuk jurnal ilmiah atau skripsi, tesis dan lainnya.
    - Add folder artinya menambahkan folder yang isinya adalah kumpulan .pdf dari sumber-sumber yang sudah dikumpulkan
    - Add entry manually biasanya dipakai untuk menambahkan berkas yang struktur metadatanya tidak bagus. Jadi memilih manual agar sekaligus bisa membenahi struktur metadatanya.
  3. Perhatikan metadata dari berkas yang sudah diunggah




    Karena tidak semua berkas itu memiliki metadata yang baik, kita diharuskan untuk membenahi sendiri jika menemukan ketidaksesuaian metadata dari berkas yang kita unggah. Seperti judul, penulis, penerbit, edisi, halaman, abstrak, hingga nomor doi dan ISBN. Biasanya, jika ada kejanggalan metadata, mendeley akan mendeteksinya secara otomatis dan meminta kita untuk menyetuji data yang sudah dirayapi, atau ingin memverifikasinya kembali. Sebagaimana gambar di atas. 

Cara melakukan citation/sitasi dengan Mendeley

Untuk tutorial ini, akan diunggah di postingan berikutnya. Sekarang sudah pukul 11.21 WIB. Rasanya sudah ngantuk. Semoga selalu diberkahi di setiap hembusan napas kita. 

Terima kasih sudah mampir di blog ini...

Qowim Musthofa
Qowim Musthofa Dosen swasta yang suka ngeblog

Post a Comment for "Cara Penggunaan Mendeley Aplikasi untuk Mempermudah Penulisan Referensi"