Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Cara Membuat Akun di ORCID dan Mengetahui ID ORCID

cara membuat akun ORCID
qowim.net

Sebagai seorang peneliti, memang sebaiknya mempunyai dan memilih platform digital untuk merekam jejak penulisannya di beberapa tempat. Sebenarnya banyak sekali ruang-ruang digital yang bisa dijadikan sebagai tempat merekam itu, seperti Google Scholar, Publons, Scopus, PubMed, BASE, ORCID dan lain-lain. 

Namun, dari berbagai platform tersebut, bagi saya yang tidak luput untuk dicoba adalah ORCID. Hal ini karena ORCID bisa terintegerasi dengan berbabgai platform mesin mengindeks yang tersebar banyak sekali itu. Di antaranya adalah BASE, Publons, PubMed, dll. 

Oleh sebab itu, kali ini saya akan memberikan cara mudah dan cepat saja tentang bagaimana caranya membuat akun di ORCID. 

  1. Kunjungi alamat orcid.org
  2. Pergi ke pojok kanan atas sign/register
  3. Klik register now
  4. Isilah 3 tahap pendaftaran
    qowim.net
  5. Jangan lupa konfirmasi email yang sudah didaftarkan

Setelah melakukan tahapan tersebut silakan untuk melengkapi data, mulai dari afiliasi, riwayat pekerjaan hingga artikel-artikel yang sudah pernah diterbitkan di jurnal yang sudah memiliki DOI. 

Di mana letak ID ORDIC?

Jika Anda membukan akun yang sudah didaftarkan, maka akan muncul ID ORCID yang bisa digunakan untuk melengkapi data diri anda di Jurnal. Sebagian banyak jurnal memang mewajibkan penulisnya untuk mencantumkan ID ORCID. 

qowim.net

ID ORCID ada di sebalah kiri atas dengan alamat https://orcid.org/0000-0003-3099-0167

Nomor unik di atas adalah ID ORCID. Semoga bermanfaat, ya. Silakan tulis komentar jika ada yang masih perlu dibahas.

Qowim Musthofa
Qowim Musthofa Dosen paruh waktu dengan anak satu. Suka menulis tentang apa saja, sesuai minat dan bidang yang sedang ditekuni. Surel [email protected]

Post a Comment for "Cara Membuat Akun di ORCID dan Mengetahui ID ORCID"