Widget HTML #1

Perbedaan Subjek Penelitian dan Objek Penelitian

Seperti pada umumnya, dalam dunia riset dan kampus mengenal istilah subjek penelitian dan objek penelitian. Keduanya memang terkadang terbalik, atau dianggap sama. Oleh sebab itu dalam tulisan ini membahas tentang apa itu subjek penelitian? dan Apa itu objek penelitian? Tentunya akan disajikan secara ringkas dan jelas, agar bisa lebih mudah menangkap intinya. 

Perbedaan Objek dan Subjek Penelitian

Mengetahui perbedaan keduanya sangat membantu dalam proses penulisan riset; entah itu skripsi, tesis, disertasi maupun artikel ilmiah. Bagi mahasiswa dan dosen tentu sangat membutuhkan pemahaman tersebut agar risetnya tidak memiliki runtutan yang sesuai. 

Apa itu subjek penelitian
Subjek dan Objek Penelitian

Pengantar

Dalam konteks penelitian ilmiah, penting untuk memahami perbedaan antara objek penelitian dan subjek penelitian. Kedua istilah ini sering digunakan secara bergantian, tetapi memiliki makna yang berbeda dan memiliki implikasi penting dalam desain penelitian dan interpretasi hasil penelitian. Artikel ini bertujuan untuk menjelaskan perbedaan antara objek penelitian dan subjek penelitian serta menggambarkan bagaimana perbedaan tersebut mempengaruhi penelitian ilmiah.

Definisi Objek Penelitian

Objek penelitian merujuk pada fenomena atau hal yang diteliti dalam suatu penelitian. Objek penelitian biasanya merupakan aspek dari dunia nyata yang diamati, diukur, atau dianalisis dalam rangka memperoleh pemahaman yang lebih baik tentangnya. Misalnya, dalam penelitian tentang efek perubahan iklim terhadap populasi burung, objek penelitian adalah populasi burung itu sendiri.

Definisi Subjek Penelitian

Subjek penelitian merujuk pada individu, kelompok, atau entitas yang menjadi fokus penelitian. Subjek penelitian adalah pihak yang terlibat aktif dalam proses pengumpulan data atau dalam percobaan. Subjek penelitian dapat berupa manusia, hewan, organisasi, atau elemen lain yang memenuhi kriteria inklusi dalam penelitian tertentu. Misalnya, dalam penelitian tentang pengaruh merokok terhadap kesehatan, subjek penelitian dapat berupa sekelompok individu perokok yang diikutsertakan dalam studi.

Perbedaan Antara Subjek Penelitian dan Objek Penelitian

Terdapat empat perbedaan objek dan subjek penelitian secara spesifik, yang keduanya memiliki khas dan cara pandang yang berbeda. Berikut ini adalah 4 perbedaan subjek dan objek penelitian.

Fokus Penelitian

Objek penelitian berkaitan dengan fenomena yang diamati atau dianalisis, sedangkan subjek penelitian berkaitan dengan individu, kelompok, atau entitas yang menjadi fokus utama penelitian.

Peran dalam Penelitian

Objek penelitian berperan sebagai entitas yang diamati atau dianalisis, sedangkan subjek penelitian berperan sebagai partisipan aktif dalam proses pengumpulan data atau percobaan.

Pemilihan dan Inklusi

Objek penelitian dipilih berdasarkan kriteria penelitian tertentu, sedangkan subjek penelitian diikutsertakan dalam penelitian berdasarkan kriteria inklusi yang ditentukan oleh peneliti.

Generalisasi Hasil

Hasil penelitian yang diperoleh dari objek penelitian cenderung bersifat umum dan dapat diterapkan pada populasi yang lebih luas, sedangkan hasil penelitian yang melibatkan subjek penelitian cenderung lebih spesifik terhadap individu atau kelompok yang diteliti.

Implikasi dalam Penelitian Ilmiah

Pemahaman yang jelas tentang perbedaan antara objek penelitian dan subjek penelitian memiliki implikasi penting dalam desain penelitian dan interpretasi hasil penelitian. Peneliti harus memilih objek penelitian yang relevan dengan pertanyaan penelitian dan tujuan penelitian yang ingin dicapai. Selain itu, peneliti juga harus memperhatikan pemilihan subjek penelitian yang tepat untuk memastikan validitas dan generalisabilitas hasil penelitian.

Kesimpulan

Dalam penelitian ilmiah, objek penelitian dan subjek penelitian adalah dua konsep yang berbeda. Objek penelitian merujuk pada fenomena yang diamati atau dianalisis, sedangkan subjek penelitian merujuk pada individu, kelompok, atau entitas yang menjadi fokus penelitian. 

Perbedaan ini memiliki implikasi penting dalam desain penelitian dan interpretasi hasil penelitian. Memahami perbedaan ini membantu peneliti memilih objek penelitian yang tepat dan subjek penelitian yang relevan, serta meningkatkan validitas dan generalisabilitas hasil penelitian ilmiah.

Biasanya penulisan dan pemahaman antara subjek dan objek penelitian ini terletak pada subbab metode penelitian. Ada pula yang mencantumkannya pada latar belakang masalah pada penelitian.

Sekian tulisan yang membahas tentang subjek penelitian dan objek penelitian. Semoga ini bisa memberikan pemahaman yang lebih jelas. Jangan lupa tetap membaca buku-buku tentang metode penelitian agar memiliki wawasan yang lebih luas. 

Qowim Musthofa
Qowim Musthofa Blogger yang tinggal di Bantul. Mengajar di Institut Ilmu al-Qur'an (IIQ) An-Nur Yogyakarta. Terima kasih telah berkunjung. Korespondensi melalui surel: [email protected]

Post a Comment for "Perbedaan Subjek Penelitian dan Objek Penelitian"