Ads #1

Pengalaman Memasang Reader Revenue Manager

Sebelumnya saya telah menulis tentang mencoba Reader Revenue Manager di Google Adsense. Pada tulisan tersebut saya bagikan pengalaman karena memang ada penawaran dari Google melalui surel.

Saya jarang-jarang mendapatkan penawaran seperti itu, lo. Gajian aja belum pernah dari Google. Tapi kayaknya sebentar lagi 😀

Pendaftaran saya di Reader Revenue Manager tersebut ternyata diapprove oleh pihak Google. Saya hanya mencantumkan beberapa hal yang harus terpenuhi. Semuanya sudah ada di blog saya, tinggal saya pasang tautannya saja. 

Fitur apa saja yang Ditawarkan?

Jika kalian mendapatkan penawaran pemasang ini, ada empat fitur yang disediakan di Reader Revenue Manager (kayaknya terlalu panjang, kita singkat saja jadi RRM, ya?) Empat fitur tersebut bisa kalian akses di alamat https://publishercenter.google.com/reader-revenue-manager

  1. Permintaan kontribusi
  2. Survei
  3. Pendaftaran Newsletter
  4. Pendaftaran Pembaca

Dari empat hal di atas, Anda wajib mengkonfigurasi pengaturan yang harus diisi dan dipenuhi. Nantinya pihak Google akan memverifikasi maksimal 2 minggu.

Penawaran Reader Revenue Manager

Permintaan Kontribusi

Permintaan kontribusi ini adalah permintaan dari blogger kepada pembaca. Ada dua jenis permintaan yakni sekali dan per bulan. Anda harus mengisi dua-duanya. 

Survei

Anda juga bisa menggunakan fitur survei ini sebagai basis data untuk mengetahui pembaca blog kita. Fungsinya ini banyak sekali menurut saya, misalnya untuk mengatur cara penulisan kita kalau ternyata pembaca adalah rentang usianya 17-25 tahun. Ada tiga pertanyaan minimal yang harus kita konfigurasi.

Pendaftaran Newsletter

Masih inget tentang Feedburner, tidak? ini kayaknya blogger lawasan kalau tahu istilah ini. Soalnya sekarang sudah tidak aktif di Google.

Pendaftaran Newsletter ini seperti pemberitahuan yang akan masuk ke email-email yang memang berkenan untuk menerima update tulisan terbaru. 

Saya kira ini lumayan penting, karena unutk menjaring pembaca dan berkenan "berlangganan" di blog yang kita kelola.

Pendaftaran Pembaca

Bagi kita yang memakai blogspor, mungkin tidak ada fitur seperti di Wordpress yakni mendaftar sebagai pembaca. Biasanya sih untuk konten pembatasan saja. Jadi misalnya kita membatasi konten-konten yang khusus hanya bisa diakses oleh para pembaca saja. 

Nah, fitur ini lebih kurangnya berfungsi seperti demikian. Lama-lama ini memang blogspot tak kalah keren dengan CMS Wordpress. Apalagi gratisan, kan? 😁

Hal yang Harus Dipersiapkan

Pengalaman saya ketika memasang RRM ini ada tiga hal yang harus dipersiapkan agar bisa dilirik dan diterima pendaftaran kita. 

Mencantumkan Laman Disclaimer

Blog yang baik harus mencantumkan laman disclaimer atau penafian. Ini menunjukkan adanya aturan yang jelas berkaitan dengan karya tulis kita di blog. 

Anda bisa membaca cara membuat laman disclaimer yang sudah saya buatkan Cara Membuat Laman Disclaimer Blog.

Mencantumkan Privacy Policy

Selain laman disclaimer, kita juga wajib memiliki laman Privacy Policy atau kebijakan privasi. Ini sama pentingnya dengan laman penafian tadi. Sebab kita ini kan mengumpulkan informasi dari pembaca dan pengunjung, nah rekaman atau kuki dari pengunjung itu mau kita apakan?

Itulah penjelasan yang wajib dicantumkan pada laman kebijakan privasi. Anda bisa melihat contoh laman privasi saya di sini.

Mengkonfigurasi Sistem Penerimaan Kontribusi Pembaca

Jika anda sudah menautkan blog dengan adsense, konfigurasi ini tidak diperlukan lagi karena sistemnya seperti yang ada di Adsense. Artinya pembayarannya melalui rekening atau sistem yang sudah ada di akun Adsense anda. 

Ada beberapa macam pilihan pembayaran. Silakan dibaca saja. 

Pemasangan Kode Script HTML

Ini jangan sampai lupa, karena proses validasi membutuhkan kode script yang sudah dibuatkan oleh Google untuk dicantumkan pada kode di bawah <head> pada blog anda. Biasanya ini nanti akan berkumpul dengan kode dari Google Analytic, kode dari Google Search Console dan lain-lain. 

Silakan dicantumkan saja di sana. 

Penutup

Ini hari ke tiga setelah saya memasang RRM di blog ini, jadi belum bisa cerita banyak, ya. Nanti deh, kalau sudah berbulan-bulan akan saya sambung perkembangan dari Google RRM ini. 

Banyak yang bilang kalau pembaca Indonesia tidak mungkin memberikan kontribusi ketika membaca blog personal seperti qowim.net ini. Tapi ya tidak tahu juga. Ini cuma coba-coba saja, yang penting dapat pengalamannya, impresinya dan syukur-syukur ada yang berkontribusi, kan? 

Ya semoga saja. 

Qowim Musthofa
Qowim Musthofa Blogger yang tinggal di Bantul. Mengajar di Institut Ilmu al-Qur'an (IIQ) An-Nur Yogyakarta. Terima kasih telah berkunjung. Korespondensi melalui surel: [email protected]

8 comments for "Pengalaman Memasang Reader Revenue Manager"

Comment Author Avatar
dari dulu si Joko jg pengen coba bikin akun itu mas hanya saja masih bingung ada g ya yg mau kasih kopi atau justru malah sama sekali g ada pengunjungnya
Comment Author Avatar
Namanya aja coba2. Iseng2 berhadiah. Konsepnya ga ada saya jadikan premium kok. Cuma sukarela saja.
Comment Author Avatar
Nah ini yang saya lagi penasaran. Bikin form tips ini caranya gimana ya... Ternyata ini dari Google Adsense tah. Tapi ini harus ada penawaran dulu ya dari Google Adsense?
Comment Author Avatar
Iya betul, Mbak. Bisa mengajukan juga di publisher google. Nanti dipandu sekalian di sana untuk daftar gnews juga. Saya daftar Gnews sudah sebulan belum ada kabar. Coba-coba saja, sih. Kali aja lolos kan lumayan 😁

Semoga makin semangat semua
Comment Author Avatar
Bisa gak yang ditampilkan cuma permintaan kontribusi aja? sementara survey, pendaftaran pembaca dan login google gak perlu? atau harus semuanya ditampilkan?
Comment Author Avatar
Bisa pilih salah satu saja. Ga harus semuanya
Comment Author Avatar
Pada bagian Profil Pembayaran, ada kolom "Nama laporan kartu kredit",

Itu diisi apa ya bro?? Kami ga punya kartu kredit...

Untuk urusan bisnis di blog, kami hanya pakai via transfer bank aja...
Comment Author Avatar
Tidak harus kartu kredit. Kartu debit bisa. Atau bisa dikaitkan dengan Adsense. Saya mengaitkannya dengan Adsense. Tidak dengan kartu kredit.