Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Cara Membuat Halaman Disclaimer dengan Mudah di Blog

Cara membuat halaman disclaimer di blog. Kata disclaimer berasal dari Bahasa Inggris yang artinya penafian atau penolakan. Ivan Lanin sebagai wikipediawan Bahasa Indonesia memberikan penjelasan di akun twitternya 

Meskipun ada padanannya, rasa-rasanya tidak akrab gitu menggunakan kata penafian sebagai padanan dari disclaimer, alasannya sederhana saja. Kalau istilah-istilah yang familiar dari bahasa asing itu tidak selalu harus ada padanannya.

halaman disclaimer
qowim.net

Apa itu Disclaimer: Pengertian, Fungsi, dan Manfaatnya

Berdasarkan beberapa referensi di internet dan pengalaman pribadi, saya akan menjelaskan tentang pengertian disclaimer, fungsi dan manfaatnya.

Pengertian Disclaimer

Disclaimer adalah sebuah pemberitahuan yang berada di dalam situs web atau blog kita sebagai upaya membatasi tanggung jawab kita atas hasil dari penggunaan situs. Ini adalah sisi pengertian dari halaman disclaimer.

Hampir setiap situs web memiliki halaman disclaimer. Saya juga mencantumkan halaman disclaimer di footer blog ini. Halaman disclaimer saya https://www.qowim.net/p/disclaimer.html. Saya sendiri menggunakan kata disclaimer, bukan penafian atau penolakan. Ya, karena justru malah tidak memahamkan nantinya ketika terbaca.

Meskipun sudah mencantumkan halaman disclaimer, tentu tidak dapat menghilangkan kemungkinan tindakan hukum yang akan terjadi di blog kita, tetapi hal itu dapat sangat membantu untuk melindungi kepentingan kita sebagai seorang publisher di dunia internet.

Fungsi Halaman Penafian (Disclaimer)

Jadi, fungsi dari mencantumkan halaman disclaimer sebenarnya untuk kepentingan kita sendiri, yaitu bisa untuk melindungi, jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan secara hukum.

Selain pengertian dan fungsi dari halaman disclaimer di atas, kita juga perlu tahu tentang manfaat dari membuat halaman disclaimer. 

Manfaat Halaman Penafian (Disclaimer)

Kita menyadari bahwa situs kita sebenarnya dilindungi oleh halaman disclaimer yang mencakup potensi masalah hak cipta, penularan virus, dan banyak lagi. Secara teknis, hampir semua hal yang ditempatkan di situs, dapat diinformasikan melalui penggunaan disclaimer tersebut.

Jadi manfaat dari membuat dan mencantumkan halaman disclaimer sebenarnya untuk kepentingan diri kita sendiri sebagai seorang blogger. Apalagi, jika mengelola situs-situs besar, dipastikan ada halaman disclaimer yang sangat panjang.

Bagaiamana Cara Membuat Halaman Disclaimer?

Membuat halaman discalimer sangat mudah dan tanpa ribet-ribet. Tidak ada 5 menit sudah jadi. Ikuti langkah-langkah di bawah ini:

1. Kunjungi https://www.privacypolicyonline.com

Pilih menu Free Generator

disclaimer generator

2. Pilih Menu Disclaimer Generator

Silakan isi saja formulisnya: nama webstite dan alamat url blog. Alamat blog bisa kosongkan jika tidak menghendakinya.

3. Isi Formulir

Formulir ini diisi nama negara, provinsi dan alamat email. 

4. Selesai

Silakan salin dan tempel di halaman baru yang sudah disiapkan.

Terdapat 3 pilihan cara menyalinnya, code html, tulisan dan tautan. Silakan dipilih sesuai dengan kebutuhan. Hasilnya memang dalam bentuk Bahasa Inggris, kalian bisa menerjemahkan terlebih dulu di google translate. 

Tidak juga gak papa.

Setelah selesai, pergi ke dasbor blogger. 

  1. Klik halaman baru
  2. Masukkan judul disclaimer atau penafian
  3. Pilih tampilan html/menulis sesuai kebutuhan saja.
  4. Klik terbitkan.
Selesai. Tinggal tampilkan saja halaman baru disclaimer tersebut di tempat yang kalian sukai. Semoga tutorial blogger ini bermanfaat. 

Qowim Musthofa
Qowim Musthofa Dosen swasta yang suka ngeblog

Post a Comment for "Cara Membuat Halaman Disclaimer dengan Mudah di Blog"