Ads #1

Mempengaruhi atau Memengaruhi? Mana yang Benar?

Coba perhatikan kalimat di bawah ini apakah mempengaruhi atau memengaruhi? Kira-kira mana yang benar?

  1. Dia berhasil memengaruhi pikiranku untuk berbuat tidak baik.
  2. Kebijakan Darurat Sampah itu berhasil mempengaruhi setiap orang untuk memilah sampah sejak dari rumah.

Jika diperhatikan, mana kata pengaruh yang benar? nomor satu atau nomor dua? Apakah Anda masih bingung mana yang benar antara memengaruhi dan mempengaruhi?

gambar orang bingung

Memengaruhi dan Mempengaruhi

Bila kita mau gerak sedikit saja untuk membuka KBBI lalu mengetikkan kata "memengaruhi" niscaya hal itu menunjukkan kata baku. sebab itu ditemukan di KBBI.

memengaruhi dan mempengaruhi KBBI

Dari tangkapan layar di atas, cukup menjadi bukti sahih bahwa yang benar adalah memengaruhi. Bukan mempengaruhi. Jadi, tak perlu bingung lagi untuk menentukan jawaban jika ada yang bertanya memengaruhi atau mempengaruhi?

Pertanyaan selanjutnya mungkin, kenapa mempengaruhi keliru atau salah sedangkan memengaruhi itu benar? 

Peleburan Huruf

Dalam materi Bahasa Indonesia, jika Anda masih ingat, ada huruf-huruf yang mengalami peleburan jika mendapatkan imbuha me-. Terdapat dua syarat yang harus dipenuhi untuk peleburan tersebut. 

  1. Kata yang berawalan huruf k, t, p, s
  2. Huruf yang kedua adalah huruf vokal (a, i, u, e dan o)

Setiap kata yang berawalan huruf k, t, p dan s dan huruf kedua adalah huruf vokal, maka mengalami peleburan. Kata memengaruhi berasal dari kata pengaruh, lalu mendapatkan imbuhan me-i. Kata pengaruh memiliki awalan huruf p dan huruf kedua adalah huruf vokal yakni e, maka otomatis harus melebur yang awalanya mempengaruhi menjadi memengaruhi. 

BACA JUGA: Unsur serapan dalam Bahasa Indonesia

Untuk mempermudah pemahaman lebih praktis, saya berikan contoh kata yang bisa melebur ketika mendapatkan imbuhan. Yang pasti kaidahnya seperti di atas, berikut ini adalah contoh kata yang bisa melebur dan yang tidak bisa melebur ketika mendapatkan imbuhan. 

Contoh lain kata yang berawalan k, t, s dan p

Kata sapu jika mendapatkan imbuhan me- menjadi menyapu, bukan mensapu. Kata tidur jika mendapatkan imbuhan me-kan menjadi menidurkan, bukan mentidurkan. Kata kirim jika mendapatkan imbuhan me- menjadi mengirim, bukan mengkirim.

Contoh kata yang tidak Melebur ketika Berimbuhan Me-

Semua contoh di atas adalah kata yang berawalan k, t, s, dan p yang huruf keduanya adalah huruf vokal. Akan tetapi, jika huruf yang kedua adalah huruf konsonan, tidak ada peleburan alias harus tetap utuh. Misalnya pada kata khusus. Kata khusus artinya tidak umum, dan huruf kedua adalah h yang termasuk huruf konsonan. Maka dengan demikian tidak ada peleburan kata, ketika mendapatkan imbuhan me- menjadi mengkhususkan.

Contoh lain adalah kata stabil yang artinya tetap dan konsisten tidak naik/turun. Ketika kata tersebut mendapatkan imbuhan me-kan menjadi menstabilkan, alih-alih menyetabilkan. Sebab kata stabil huruf keduanya adalah t yang termasuk huruf konsonan, jadi tidak melebur.

Simpulan

Kata baku itu digunakan pada ragam bahasa formal dan semiformal, jadi ketika ada orang yang mengatakan mempengaruhi dalam konteks penggunaan bahasa informal, maka hal tersebut tidak menjadi masalah yang perlu diperdebatkan. Namun, bila dalam hal menulis dan dalam acara-acara formal, hal tersebut wajib menggunakan bahasa baku. 

Qowim Musthofa
Qowim Musthofa Blogger yang tinggal di Bantul. Mengajar di Institut Ilmu al-Qur'an (IIQ) An-Nur Yogyakarta. Terima kasih telah berkunjung. Korespondensi melalui surel: [email protected]

41 comments for "Mempengaruhi atau Memengaruhi? Mana yang Benar?"

Comment Author Avatar
Rasanya masih sering menemukan pemakaian kata "mempengaruhi" yang ternyata merupakan bentuk tidak baku dari "memengaruhi". Terima kasih atas artikelnya !
Comment Author Avatar
Sama-sama. Terima kasih telah berkunjung di sini.
Comment Author Avatar
aku masih sering pake mempengaruhi, waktu pelatihan penulisan konten dari media ada beberapa yang dimaklumi sama mbah google, termasuk penulisan mempengaruhi ini kaya udah dianggap gapapah gitu karena lebih enak dibaca. Tapi, sebaiknya kembali ke KBBI yah
Comment Author Avatar
Betul, Ning. Baiknya memang sesuai KBBI biar pengguna Bahasa Indonesia lebih meningkat kecakapannya :)
Comment Author Avatar
Kata yang tidak baku dalam kosakata biasanya di sebabkan pengaruh kata daerah.
Comment Author Avatar
Bang, coba cek alinea yang tepat berada di atas subjudul PELEBURAN HURUF. Rasanya perlu diedit, deh. Kebalik kan itu?
Comment Author Avatar
Oiya, Mbak. Maturnuwun sudah dikoreksi.
Comment Author Avatar
Typo dikit ngga ngaruh. Nah, udah bingung mana imbuhan yang benar malah orang indonesia biasa motong kata dasar. Berpengaruh -> ngaruh. Memotong -> motong. Mencuci -> nyuci.
Comment Author Avatar
Masih sering menemukan orang menulis mempengaruhi, mungkin karena sudah terbiasa ya di pembicaraan sehari-hari, ini kadang yang bikin bahasa baku terlupa saat kepenulisan karena terlalu sering memakai bahasa tak baku di pembicaraan sehari-hari
Comment Author Avatar
Bahasa Indonesia memang unik. Ada yang disebut bahasa ujaran di daerah, yang memang bahasa Indonesia akan terpengaruh dengan bahasa daerahnya, ataupun sebaliknya. Hal tersebut dapat menyebabkan bahasa ujaran yang sedikit berbeda dalam pengucapannya begitu juga secara tertulis. termasuk kata dasar yang disisipi imbuhan, terkadang sering keliru dalam menggunakannya. Jika 'Mempengaruhi' adalah bentuk kata yang tidak baku, maka menurut saya ini sangat wajar, jika masih diucapkan, meski demikian kata 'Mempengaruhi' masih tetap saja masuk dalam KBBI. Sebagaimana kita ketahui, bentuk kata tidak baku pun sangat boleh kita gunakan, jika itu tidak menghilangkan 'makna dan fungsinya'. Kata baku itu biasa digunakan dalam komunikasi satu arah maupun dua arah yang bersifat formal. Baik itu verbal maupun tertulis. Nah, kalau kita berkomunikasi di luar bentuk formalitas, tidak ada kesalahan di dalamnya. Jadi Ini bukan soal salah atau benarnya suatu kata. Tapi ini adalah ketepatan sebuah kaidah. Menurut hemat saya adalah, bagaimana cara penggunaan kalimat itu secara tepat dan adil. Sesuai dengan porsinya, sesuai dengan fungsinya. dan Sesuai dengan kaidah. Terima kasih. Artikelnya menginspirasi...
Comment Author Avatar
Karena kata mempengaruhi lebih banyak digunakan jadi agak asing menggunakan kata memengaruhi, padahal itu yang benar dan sesuai kaidah KBBI ya. Nice article kak.
Comment Author Avatar
ane juga masih sering skali pake kata MEMPENGARUHI. jadi saya pikir ilmu ini penting. tetapi dalam teori komunikasi, pilihlah sebuah kata yang lebih mudah dcerna. sehingga komunikasi menjadi lancar. jangan hanya karena urusan EYD dalam KBBI, terus akhirnya komunikasi menjadi terhambat. kita herus menjelaskan secara teori berkepanjangan, kan susah jadinya....
raaiittttttttttt...
Salam BUdaya dan Salam Rahayu
Wahono Secret
Comment Author Avatar
Betul, tergantung penggunaannya, jika dalam bentuk ragam bahasa formal dan semiformal, harus menggunakan kata baku. Kalau komunikasi sehari-hari ya tidak perlu kata baku nanti bisa kaku.

Kalau soal menulis, bagi saya harus pakai kata baku.
Comment Author Avatar
Saya sangat mengapresiasi artikel ini karena memberikan penjelasan berlandaskan pada konteks. Artikel ini amat direkomendasikan bagi para pegiat literasi.
Comment Author Avatar
Terima kasih ya Kak, saya terbantu sekali dengan artikel seperti ini. Mengingatkan kembali tentang bagaimana menulis dengan kata baku yang baik
Comment Author Avatar
Sempet bikin bingung mana yg bener. Ternyata memengaruhi sesuai KBBI ya. Sip, jadi nambah ilmu lagi nih
Comment Author Avatar
Kalau di media massa ada kata2 yang tidak ada di KBBI tetapi tetap digunakan karena kebijakan redaksi. Dan ini tidak salah karena ada pertimbangan khusus kenapa kata tersebut digunakan...
Comment Author Avatar
Ya, selingkung dari masing-masing instansi berbeda-beda. Namun harus selalu mempertimbangkan fungsinya juga. Jika tak ada di KBBI bisa ditulis dengan gaya miring (italic).
Comment Author Avatar
Terkadang, kalau saya sedang nulis artikel dan tidak yakin akan satu kata yang baku atau tidak. Saya langsung buka aplikasi KBBI di gawai agar tahu kata yang akan saya tulis baku atau tidak.
Comment Author Avatar
Harus inget sama rumus huruf yang bisa lebur (k, t, p, s) atau gampangnya inget aja dengan kurikulum pendidikan KTSP :D
Comment Author Avatar
Aku sering nih, pas nulis artikel searching kata yang benar antara mempengaruhi atau memengaruhi. Dan memang benar, sebagai penulis harus menyesuaikan penulisan tulisannya yang bersifat formal atau informal. Kalau aku pribadi lebih suka nulis yang sifatnya informal semi-semi santai gitu~
Comment Author Avatar
ahhh.... ini memberikan pengetahuan baru buat diriku, selama ini suka salah menulisnya. Ternyata memengaruhi. Semoga dalam penerapan sehari hari aku bisa bener dalam penerapan kata baku dalam tulisan
Comment Author Avatar
Amin amin amin. Terima kasih telah berkunjung
Comment Author Avatar
wah ilmu baru bagi saya, apalagi saya itu kurang paham dengan EYD. sudah 2 artikel saya temui dalam BW kali ini.
Comment Author Avatar
Belajar imbuhan meng ini penting banget ya. Ya, apalagi sekarang ada aja kosa kata baru yang dibuat dibuat gen Z, seperti mengsad, mengsedih, dan meng meng lainnya. Gak tepat memang, tapi kalau untuk sekedar bahasa gaul gak masalah kan ya?.
Comment Author Avatar
Tidak masalah, karena bahasa memang dinamis. Tapi kalalu untuk keperluan penulisan karya, kita harus berusaha untuk menggunakan kata baku, sih. :)
Comment Author Avatar
memang kata mempengaruhi sudah sangat melekat pada kehidupan sehingga kebanyakan karena terbiasa menganggap hal tersebut sudah benar. Makasih kak informasinya
Comment Author Avatar
Kadang kalau baca atau dengar orang menyebutkan kata 'mempengaruhi' gatal rasanya..Pengin bilang itu kata tidak baku wei...hihi
Terima kasih pencerahannya, Mas
Comment Author Avatar
Iya, aku juga sudah tahu lama bahwa yang benar itu 'memengaruhi' bukan 'mempengaruhi'. Tetapiiiii rasanya kok zaman kecil dulu masih sekolah itu 'mempengaruhi' ya hahahah .. Apakah zaman turuh mengubah ini semua? Jangan 'merubah' juga kan. Belajar Bahasa Indonesia memang mesti sabar sekali dan konsisten.
Comment Author Avatar
Ternyata beda ya baru tau Saya dan selama ini denger dan baca ya mempengaruhi hehehehe
Comment Author Avatar
Dikira pelajaran bahasa Indonesia mudah, ternyata serumit ini kalau belum tahu. Tenang akhirnya udah tahu jawabannya yang benar KBBI yaitu memengaruhi... Sio, saya harus banyak belajar lagi nih
Comment Author Avatar
Aku udah tahu sih yang benar itu memengaruhi bukan mempengaruhi, tapi tetep aja kebiasaan pakai kata tidak baku hihihi. Tapi dari sini aku jadi tahu banyak tentang kata yang mengalami peleburan setelah mendapat awal me-i, makasih ya Kak.
Comment Author Avatar
Kadang suka lupa untuk peleburan ini. Makasih ya sudah diingatkan syarat dan ketentuannya
Comment Author Avatar
Wah aku masih pakai kata mempengaruhi ternyata salah yaa 🙈 harus sering rajin cek KBBI lagi nih. Kata yg banyak beredar dan digunakan belum tentu benar ya. Kadang karena terasa mudah didengar dan digunakan belum tentu benar juga apalagi jika sudah terbiasa malah jadi melekat, huhu.
Comment Author Avatar
Oh my God. jadi selama ini aku kurang tepat dalam menggunakan kata "memengaruhi". Emang kadang kita gak sadar bahwa kita sering lupa sama ejaan dalam bahasa kita sendiri. Thanks mas, semoga selelu berproses. BTW, aku jg lagi stay di Jogja lho skrng hehehe.
Comment Author Avatar
tulisan kayak gini nih harusnya dibaca juga sama orang2 yg suka bikin status di instagram. suka geli bnyk bgt influencer ig yang suka salah nulisnya soal peleburan huruf ni
Comment Author Avatar
Terima kasih untuk informasinya, Pak. Saya suka bingung dalam menggunakan kata ini, apakah mempengaruhi atau memengaruhi, karena ketika saya baca buku masih banyak yang menggunakan kata mempengaruhi bukan memengaruhi.
Comment Author Avatar
Belajar kata baku dan tidak baku memang agak bikin geregetan ya. Tak banyak yang paham bahwa ada huruh-huruf yang melebur ketka mendapatkan imbuhan. Biasanya kita hanya mengikuti apa yang sudah biasa terlihat/terbaca/terpakai. Tanpa mencari tahu benar salahnya. Ini mirip dengan mempesona vs memesona. beberapa kali saya menulis mmesona, lalu malah dikoreksi oleh pembaca karena katanya salah atau malah terdengar aneh
Comment Author Avatar
Owalaaahhh aku ya masih salah donk selama ini pakai mempengaruhi. Oooo jadi k,t,s,p ya awalan kata yang bisa melebur kalau diawali me-.
Terima kasih pengetahuannya nanti diganti cara nulisnya hehe.
Comment Author Avatar
Tulisan ini "memengaruhi" saya untuk lebih teliti lagi dalam pemilihan kata saat menulis untuk kebutuhan formal
Comment Author Avatar
Wahhhh aku juga masih sering keliru dalam penggunaan katanya dan jadi salah mengartikannya, tapi jarang banget orang yang protes jadi kesalahannya sulit diketahui. Saya rasa sih sudah benar tapi ternyata masih salah juga ya hhi