Ads #1

Membuat Soal dengan AI

AI atau singkatan dari artificial intelegent telah berevolusi menjadi lebih pintar dan tentunya canggih. Ia bisa menjawab apa saja yang kita butuhkan, bisa dalam arti bahwa ia belajar memahami pertanyaan, lalu ia mengkombinasikan jawabannya dengan data yang ia miliki. 

sumber gambar dari Pixabay

ChatGPT yang Populer

Chat GPT openai, yang sepertinya paling ramai, disusul dengan Bard milik Google dan Bing AI milik Microsoft. Beberapa kali saya menemukan orang membagikan hasil percakapannya di lini masa, mulai dari pertanyaan remeh hingga yang serius. 

Soal kecerdasannya, tak tanggung-tanggung, kecanggihannya itu hingga bisa mencakup berbagai macam bahasa. Terkait dengan benar dan salah itu soal lain, ya. Namun ia bisa menjawab itu bagi saya sudah topmarkotop. Saya tak membayangkan 5-10 tahun lagi kecerdasannya itu seperti apa. 

Belum lama ini, saya iseng-iseng saja bertanya di chatGPT, menceritakan soal apa saja yang sekiranya bisa mencari tahu sampai mana jawaban dia. Ternyata jawaban chatGPT sangat agresif sekali. Hahaha...

tampilan ChatGPT

Saya jawab "sabar" dan akhirnya di meminta maaf. kwkwk...

Kalau gabut, ini bisa jadi hiburan. Mendiskusikan hal-hal yang kita perlukan dengan AI. Kayaknya kalau ia makin sering digunakan maka makin canggih dan cerdas dia. Tentunya hanya menjawab sesuai database yang ia miliki. 

Iseng Minta Dibuatkan Soal

Saya iseng untuk membuat prompt atau... ya mudahnya perintah pada program gitulah. Prompt yang saya tulis itu untuk dibuatkan soal tertentu. 

"Buatkan soal pilihan ganda mata pelajaran Bahasa Indonesia untuk kelas 7 SMP"

Dengan perintah semacam itu, saya diberikan jawaban seperti ini; 

Tentu, berikut beberapa soal pilihan ganda untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia tingkat SMP: 
1. Apa pengertian dari sinonim? A. Kata yang memiliki arti berlawanan B. Kata yang memiliki arti yang sama C. Kata yang memiliki arti ganda D. Kata yang tidak memiliki arti
2. Berikut ini yang termasuk jenis kalimat tanya adalah... A. Tolong bawakan saya air minum. B. Air minum itu dingin. C. Dia pergi ke sekolah. D. Kamu suka makan pizza.
3. Apa pengertian dari majas metafora? A. Perbandingan dengan menggunakan kata 'seperti' B. Perbandingan yang langsung tanpa kata 'seperti' C. Perbandingan yang bertujuan untuk menghibur D. Perbandingan antara dua benda yang sama persis
4. Kalimat "Ani sedang membaca buku di perpustakaan." adalah contoh dari jenis kalimat... A. Kalimat tunggal B. Kalimat majemuk C. Kalimat kompleks D. Kalimat berita
5. Apa tugas dari kata kerja dalam kalimat? A. Menyatakan pelaku dalam kalimat B. Menyatakan objek dalam kalimat C. Menyatakan waktu dalam kalimat D. Menyatakan tindakan dalam kalimat
6. Dalam cerita rakyat "Bawang Merah dan Bawang Putih," siapa tokoh yang jahat? A. Bawang Merah B. Bawang Putih C. Ibu tiri D. Raja
7. Apa yang dimaksud dengan alur dalam sebuah cerita? A. Penggambaran latar belakang cerita B. Urutan peristiwa dalam cerita C. Deskripsi fisik tokoh cerita D. Pesan moral cerita
8. Berikut ini yang termasuk contoh kata baku adalah... A. Mempertemukan B. Bawaan C. Berbelanja D. Mengerjakan
9. Dalam puisi, apa yang disebut dengan bait? A. Paragraf dalam puisi B. Baris dalam puisi C. Larik dalam puisi D. Strofa dalam puisi
10. Apa yang dimaksud dengan tema dalam sebuah cerpen? A. Pengaturan waktu dalam cerpen B. Pesan moral dalam cerpen C. Pengaturan karakter dalam cerpen D. Ide pokok atau pesan yang ingin disampaikan dalam cerpen.
Semoga soal-soal ini membantu siswa dalam memahami mata pelajaran Bahasa Indonesia. Anda dapat menyusun lebih banyak lagi berdasarkan materi pelajaran yang sedang dipelajari oleh siswa.

OpenAI. (2023). ChatGPT (September 25 Version) [Large language model]. https://chat.openai.com

Sudah sangat lumayan, bukan? Tinggal kita periksa lagi apakah soal tersebut memang benar-benar bisa digunakan. Utamanya, apakah itu sudah sesuai dengan kurikulum dan materi bahasa Indonesia kelas 7 untuk tingkat SMP.

Saya tak mengoreksi soal tersebut, ya. Jadi saya cuma copas saja. Silakan kalau Anda ingin uji coba apakah similaritynya itu bisa ditoleransi atau tidak, cek saja dengan alat untuk memeriksa plagiasi dan similarity.

Meminta Kunci Jawaban

Selain itu, kita juga bisa meminta sekaligus kunci jawabannya,  di bawah jawaban di atas, saya tulis prompt "Berikan kunci jawabannya"

Saya bagikan tangkapan layarnya saja di bawah ini; 

OpenAI. (2023). ChatGPT (September 25 Version) [Large language model]. https://chat.openai.com

Saya menggunakan versi Beta, bukan yang berbayar. Mungkin kalau memakai yang versi premiumnya bisa lebih canggih lagi. 

Prompt adalah Kunci

Sepintar apapun AI, jika ia tidak diperintahkan dengan baik, ya jadinya ia tampak bodoh. hihihi... Jadi kuncinya adalah pada prompt yang kita buat, makin jelas promptnya, makin cerdas juga dia.

Di sini, skill menulis dalam menggunakan bahasa adalah hal yang tak bisa dikesampingkan. 

Gunakan prompt yang memang sudah jelas dan mudah dipahami. Tak usah berbelit-belit. Sebenarnya AI ini sangat membantu sekali dalam penulisan-penulisan sederhana misalnya takarir (caption), berita, rangkuman, dll.

Nah, itulah pembahasan mengenai membuat soal dengan AI. Semoga bisa digunakan untuk mempercepat pekerjaan, bukan untuk malas-malasan, walaubagaimanapun AI adalah robot, ia tak memiliki rasa dalam berbahasa, jadi pintar-pintarlah menggunakannya. Sebab bahasa tak hanya kaidah, tetapi juga rasa. Rasa itu, bagi saya tak bisa dirobotisasi. Hehehe... Itu yang tak dimiliki oleh AI. 

AI ini saya kira lebih canggih dari getdigest yang pernah saya ulas waktu lalu, review jurnal ilmiah bisa menggunakan AI saja kalau seperti ini. 

Anda punya pengalaman bagaimana dengan AI? Share di kolom komentar, ya.

Qowim Musthofa
Qowim Musthofa Blogger yang tinggal di Bantul. Mengajar di Institut Ilmu al-Qur'an (IIQ) An-Nur Yogyakarta. Terima kasih telah berkunjung. Korespondensi melalui surel: [email protected]

19 comments for "Membuat Soal dengan AI"

Comment Author Avatar
Saya pernah didemonstrasikam oleh teman. Dan dibuat kagum dengan chatgpt. Sangat membantu sekali pekerjaan. Hanya ya itu tidak ada rasa šŸ˜
Comment Author Avatar
Oalah. Begitu rupanya. Kalau pengguna AI ngasih perintahnya berbelit-belit, yang berarti kurang piawai berbahasa, berarti QI-nya mumet dewe.
Comment Author Avatar
AI? Saya menggunakannya dalam banyak keperluan. Gambar, menulis dll. AI secara umum membantu untuk hal dasar. Tetapi untuk sesuatu yang sangat spesifik masih perlu referensi buku.
Comment Author Avatar
Wah AI ini memang mantap. Bisa digunakan untuk berbagai keperluan. Selama kita gunakan di jalan yang baik, maka akan sangat membantu meringankan tugas-tugas kita ya. Termasuk dalam membuat soal seperti ini
Comment Author Avatar
Untuk menemukan ide sangat membantu banget chatgpt, tapi untuk menulis atau mencari jawaban jangan sepenuhnya percaya karna masih banyak kata-kata yang tidak sesuai bahkan perlu validasi lebih lanjut.
Comment Author Avatar
Kemjauan teknologi salah satunya adalah dengan adanya AI ini sangatlah bermanfaat dan membantu jika digunakan dengan bijak dan baik oleh kita. Btw baca soal atau istilah di atas jadi ingat waktu kuliah dulu
Comment Author Avatar
Selama kita menguasai prompt dan tata bahasa, menggunakan AI ini sangat membantu dalam berbagai hal ya kak! Salah satunya membuat soal sekolah ini, hehe
Comment Author Avatar
Kalau untuk tulisan, aku paling pakai AI untuk nyari poin-poin yang akan kutulis dalam waktu mepet. Itu pun nggak semua poin bisa dipakai.
Comment Author Avatar
AI sekarang sudah masuk ke ranah pendidikan. Salah satu sekolah di dekat rumah sudah memperkenalkan AI ini ke anak-anak didiknya bahkan beberapa diajak berinteraksi. Nah di sini anak dan guru dididik dan diajak mikir kritis tentang bagaimana mereka secara bijak menerapkan AI ❤️❤️
Comment Author Avatar
Emang makin ke sini makin banyak kecanggihan-kecanggihan yang bisa bantu aktivitas kita, tentu dipake dengan cara yg bijak. Prompt ini juga kunci bgt emang.. Beda prompt bisa beda hasil meskipun tujuannya sama :D
Comment Author Avatar
Adanya Ai ini memang memudahkan banget untuk kita bisa tingkatkan produktivitas ya. Kuncinya memang di prompt, dan diisi dengan tata bahasa yang detail
Comment Author Avatar
Adanya AI sebenernya sangat membantu kita untuk bekerja ataupun belajar. Mungkin beberapa tahun kedepan ada kursus untuk membuat prompt ya
Comment Author Avatar
Saya nyerah pake ai semacam chat gpt. Pernah coba buat artikel. Pengennya cepet malah lama.
Comment Author Avatar
bener mas, prompt adalah kunci. Aku beberapa kali juga menggunakan AI untuk mempercepat produksi tulisan. Lumayan untuk brain storming dan sedikit bikin outline tulisan, hehhehe. Penyelesaiannya tetap tulis sendiri supaya ada unsur experience-nya :D
Comment Author Avatar
AI sekarang makin canggih aja yaa, hampir semua hal yang kita minta disediakan langsung olehnya. Bahkan dari segala aspek kehidupan semuanya ada, keren banget sih perkembangan dunia digital sekarang, gile betul.
Comment Author Avatar
Waaahh boljug nih dienya bikin soal pakai AI hehe. Aku sering bikinin soal buat anak2ku soalnya. Tapi emang kudu bikin prompt yang jelas ya supaya soalnya gak ngasal. Yaaa gimana pun pun juga user alias manusianya lebih cerdas dari AIšŸ¤£
Comment Author Avatar
Chat GPT sangat berguna juga memang ya untuk para pengajar, termasuk dalam membuat soal-soal untuk asesmen anak-anak, Tapi tetep harus dibaca ulang dan revisi hal-hal yang tidak sesuai atau yang tidak termasuk pembahasan sesuai kelasnya