Widget HTML #1

Mudah Sekali Cara Mengganti Verifikasi Email Afiliasi di Google Scholar

Google scholar merupakan salah satu rekaman karya penulis yang dijadikan salah satu tolok ukur pemeringkatan dalam beberapa lembaga. Misalnya perguruan tinggi. Banyak sekali yang menjadikan Google Scholar sebagai hal yang wajib dimiliki oleh penulis, bisa jadi mahasiswa atau dosen. 

ganti email afiliasi google scholar
qowim.net

Namun, ada lembaga-lembaga yang mewajibkan email verifikasi harus menggunakan email kampus. Lalu bagaimana kalau sudah terlanjur verifikasi email lama, ke kampus yang baru. Misalnya ketika menjadi mahasiswa menggunakan email verifikasi kampus tempat kuliah, sedangkan ketika sudah menjadi dosen menggunakan email kampus tempat mengajar. 

Jangan khawatir, masih ada banyak jalan untuk menyuntingnya. Oleh sebab itu, saya menulis tutorial ini yakni cara mengganti verifikasi email afiliasi di Google Scholar. Tulisan sebelumnya saya menulis tentang cara aktivasi email kampus, mungkin ini menjadi tulisan kelanjutannya. Kalau ada yang terkendala terkait dengan cara mengubah email verifikasi. 

Cara Mengganti Verifikasi Email Afiliasi di Google Scholar

Sebelum Anda mengganti email verifikasi, pastikan sudah memiliki akun gmail, ya.

Mengunjungi situs Google Scholar

Silakan kunjungi website Google Scholar dan pastikan Anda sudah log in. Klik Profil Saya di bagian atas sebelah kiri halaman beranda. 

Ubah Email Verifikasi Afiliasi

Cari gambar pena pada sisi sebelah kanan nama Anda. Perhatikan gambar di bawah ini 

verifikasi email google scholar
qowim.net

Mengisi email afiliasi baru

Silakan isi email afiliasi baru Anda cari kolom Email untuk verifikasi. Perhatikan gambar di bawah ini. Karena saya sudah sesuai dengan afiliasi, maka tak perlu disunting. 

verifikasi email google scholar
qowim.net

Silakan Verifikasi Email

Setelah melakukan penggantian email untuk diverifikasi, Anda harus membuka akun email yang sesuai dengan pengisian tersebut. Akan ada notifikasi dari Google Scholar untuk diklik. Silakan klik tautan yang telah dikirimkan tersebut. Biasanya waktunya cepat sekali, karena yang bekerja adalah robot. Serba otomatis. 

Jika sudah klik tautan yang ada di badan email gmail, maka Anda telah selesai pada proses cara mengganti verifikasi email afilasi di Google Scholar. 

Semoga tutorial atau cara ini bermanfaat. Jika ada yang kesulitan, bisa bertanya di kolom komentar. 

Qowim Musthofa
Qowim Musthofa Blogger yang tinggal di Bantul. Mengajar di Institut Ilmu al-Qur'an (IIQ) An-Nur Yogyakarta. Terima kasih telah berkunjung. Korespondensi melalui surel: [email protected]

Post a Comment for "Mudah Sekali Cara Mengganti Verifikasi Email Afiliasi di Google Scholar"