Widget HTML #1

Cara Aktivasi Email Microsoft 365 Kampus IIQ An-Nur Yogyakarta

Microsoft 365 memiliki banyak fitur, mulai dari microsoft word, excel, dan banyak hal lainnya lagi. Terutama yang akan dibahas pada artikel ini adalah tentang email microsoft outlook yang, memiliki afiliasi kampus di IIQ An-Nur. Saya kira tidak hanya IIQ An-Nur melainkan beberapa kampus yang memang kebetulan memakai microsoft 365.

Aktivasi Email Microsoft 365 untuk Kampus

Memiliki email yang berafiliasi ke pendidikan memang memiliki nilai tersendiri. Berbagai keuntungan bisa didapatkan, salah satunya adalah nilai keresmiannya. Biasanya kita punya email berafiliasi ke google, microsoft, yahoo, dan lainnya. Misalnya [email protected], [email protected], dan [email protected] dan lain-lain. Tentunya, hal itu beda valuenya jika kita memiliki email [email protected] nama yang tersemat pada domain afiliasi website resmi kampus, yakni IIQ An-Nur Yogyakarta. 

email microsoft 365
qowim.net

Sebaiknya, bukan sebaiknya tetapi seharusnya kegiatan kita yang berkaitan dengan akademik, harus menyematkan email resmi dari kampus tersebut. Hal tersebut bisa dipergunakan, ketika menulis artikel ilmiah, mendaftarkan diri ke situs-situs yang berkaitan dengan akademik, dan lain-lain. 

Saya sendiri, sejak memiliki email kampus tersebut selalu saya gunakan untuk kepentingan akademik. Ketika menulis, mendaftarkan akun ke SINTA, ORCid, Clarivate hingga jurnal ilmiah yang saya tuju. Apalagi sekarang sudah berbasis online dengan adanya OJS (operating journal system), tentunya artikel yang sudah ditulis ya harus disubmit melalui OJS tersebut. Baca artikel cara mendaftarkan ORcid dan manfaat bagi peneliti.

Cara Aktvasi Email Microsoft

Nah, untuk kali ini, saya akan membagikan tutorial bagaimana cara aktivasi email microsoft kampus IIQ An-Nur. Karena, kebetulan saya ngurusi hal itu di kampus, daripada capek-capek menjelaskan satu persatu kepada yang bersangkutan, ya lebih baik saya tulis saja tutorialnya. Kalau ada yang tanya tinggal kirim saja tulisan ini. Begitu, kan? 

Oke langsung saja. Inilah cara aktivasi email microsoft dari Kampus IIQ An-Nur Yogyakarta. 

Sudah mendapatkan username dan password

Pastikan Anda sudah memiliki username dan password yang telah dikirim oleh admin. Biasanya, password berisikan karakter unik yang harus diganti setelah Anda pertama kali login.

Misalnya akun ini [email protected] dengan password HAvwr569

Masuk ke laman Microsoft 365

Karena kampus IIQ An-Nur itu diberikan lisensi oleh microsoft 365 maka otomatis Anda menggunakan microsoft untuk mengaktifkan akun tersebut. 

Kunjungi laman https://www.microsoft365.com Silakan klik masuk pada bagian kanan paling atas. Anda akan dibawa pada laman login dengan memasukkan username dan password pertama tadi.

qowim.net

Ganti password

Selanjutnya Anda wajib mengganti password bawaan dengan password baru. Pastikan sesuai dengan persyaratan pembuatan password secara aman.

Adapun ketentuannya adalah sebagai berikut: 

  1. Kata sandi tidak dapat berisi ID pengguna Anda (tidak ada unsur nama Anda dan IIQ An-Nur)
  2. paling tidak harus sepanjang 8 karakter, 
  3. Terdapat huruf besar, 
  4. Terdapat huruf kecil, 
  5. Terdapat angka, 
  6. Terdapat simbol misalnya (#, @, &, *, $, +, ~, dll)
Sampai pada tahap ini, silakan catat username dan password Anda di buku catatan atau di aplikasi note di gadget yang Anda miliki. Jangan percaya dengan ingatan Anda. Hehe...
qowim.net

Membuat Pertanyaan Keamanan

Fungsi dari pertanyaan keamanan ini adalah jika suatu saat anda lupa password, anda akan diminta menjawab pertanyaan tersebut sebelum diberikan akses untuk masuk ke akun anda lagi. Terdapat tiga jenis pertanyaan keamanan sebagai berikut; 

  1. Nama ibu kandung
  2. Kota kelahiran, dan
  3. Hobi

Jadi silakan isi ketiga pertanyaan tersebut sesuai dengan data diri Anda. Itu jawaban rahasia, admin pun tidak bisa mengaksesnya.

qowim.net

Aktivasi Berhasil

Silakan gunakan akses ke semua porgram microsoft menggunakan akun yang berafiliasi kampus. Anda bisa mengakses microsoft office secara gratis, outlook, skype, bahkan onedrive hingga 1 tera atau 1000 Gigabyte. Lumayan, kan? 

Bukan lumayan lagi, tapi sudah waw... 

Selesai

Semoga tutorial atau cara aktivasi email microsoft ini bermanfaat. Gunakan email kampus untuk semua aktivitas akademik anda, terutama pada penulisan artikel.

Qowim Musthofa
Qowim Musthofa Blogger yang tinggal di Bantul. Mengajar di Institut Ilmu al-Qur'an (IIQ) An-Nur Yogyakarta. Terima kasih telah berkunjung. Korespondensi melalui surel: [email protected]

Post a Comment for "Cara Aktivasi Email Microsoft 365 Kampus IIQ An-Nur Yogyakarta"