Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

ads.header2

Cara Membuat Issue Terbitan di OJS

Assalamualaikum wa rahmatullah wa barakatuh. Semoga sehat-sehat selalu sebab pandemi belum berakhir. Meski demikian, apapun keadaannya tetap harus dialhamdulillahi, kan? Sebab nikmat Allah selalu meliputi segala sesuatu. 

cara membuat issue OJS

Pengantar

Sudah lama nggak ngasih tutorial tentang OJS, kali ini saya akan membahas tentang cara membuat issue terbitan di OJS. Jika masih ada yang awam soal OJS bisa baca tulisan tentang apa itu OJS dan cara kerjanya. Zaman serba digital seperti ini segala hal berubah dan bertransformasi menjadi digital. 

Sistem Penerbitan Jurnal di OJS

Sebelum melangkah ke hal teknis, Anda harus memahami dulu struktur OJS tentang terbitan berkala. Masing-masing jurnal online memiliki kuantitas terbitan yang beragam, ada yang perbulan, pertiga bulan, perdua bulan, persemester bahkan pertahun. 

Jurnal yang saya kelola, misalnya jurnal An-Nur, jurnal Jalsah dan jurnal Musala semuanya memilih terbit persemester atau dua kali dalam setahun. Klik saja tautan aktif pada jurnal-jurnal tersebut. Anda bisa mengatur terbitan tersebut pada pengaturan issue-nya di OJS secara manual, tidak secara otomatis. 

Beberapa artikel sudah saya tulis yang berkaitan dengan pembahasan ini, anda bisa membaca tulisan berjudul Pembagian Peran dalam OJS, atau tentang Cara Menerbitkan Pengumuman di OJS. Dua tulisan tersebut contoh saja tentang pembahasan OJS. 

Nah, setelah mengetahui atau menentukan terbitan berkala di OJS, anda bisa melanjutkannya pada pengaturan OJS. 

Cara Membuat Issue Terbitan di OJS

Berikut ini adalah langkah-langkah teknis tentang cara membuat issue terbitan di OJS. Agar memahami secara lebih mudah, saya akan menuliskannya secara numerik saja. 

  1. Masuk ke akun OJS, Anda harus sudah menjadi journal manager pada tataran peran di OJS. 
  2. Klik Issue pada menu dashboard OJS sebelah kiri, lalu pilih future issues
  3. Klik pada Create Issue di sebelah kanan
    issue ojs
  4. Isilah semua kolom-kolom yang wajib diisi. Perhatikan ada volume, number dan year. Di bawahnya lagi terdapat title dan description. Terkait cara pengisiannya silakan baca sampai akhir postingan di bawah
  5. Setelah semuanya diisi silakan klik saja save

Setelah anda melakukan ke lima hal di atas, maka terbitan untuku edisi mendatang sudah ada, tinggal anda memasukkan artikel di dalam terbitan tersebut. 

Bagaimana cara mengisi terbitan di atas? Setelah ini akan dibahas secara mendetail. 

Cara Mengisi keterangan Issue di OJS

Sebagaimana yang sudah dituliskan di atas pada poin empat, terdapat 5 hal yang harus diisi dan diperhatikan dengan seksama sebelum ada membuat issue terbitan di OJS.

Pertama volume. Volume merupakan edisi berdasarkan tahun terbit. Misalnya pada tahun 2020 sudah ada terbitan maka ditulis 1, lalu tahun berikutnya 2021 ditulis volume 2, tahun berikutnya lagi 2022 ditulis volume 3. 

Intinya adalah volume dihitung berdasarkan tahun diterbitkannya jurnal per edisi. 

Kedua adalah number, atau nomor terbitan. Nomor terbitan diisi berdasarkan terbitan yang terdapat di tahun tersebut. Misalnya pada tahun 2020 anda menerbitkan 3 kali pada bulan Januari, Mei dan Desember maka penulisannya adalah vol. 1 no. 1 untuk edisi Januari. 

Bila untuk edisi Mei maka ditulis vo. 1 no. 2 jika terbit pada bulan desember maka ditulis vo. 1 no. 3

Ketiga adalah year atau tahun terbit. Ini sudah sangat mudah untuk diisi ya, berdasarkan tahun terbitnya. Tahun kapan anda menerbitkan edisi maka ditulis saja tahunnya. 

Unutk contoh lengkapnya tentang volume, number dan year. Misalnya begini, jurnal yang anda kelola itu terbit 3 kali pertahun, jika mulai terbit di tahun 2020 maka penulisannya adalah 

Vol. 1 No. 1 Tahun 2020 (untuk edisi Januari)
Vol. 1 No. 2 Tahun 2020 (untuk edisi Mei) 
Vol. 1 No. 3 Tahun 2020 (untuk edisi Desember)

Sampai di sini, semoga mudah untuk dipahami. 

Keempat adalah title. Tidak semua jurnal memiliki judul terbitan. Jika anda termasuk tidak mempunyai judul terbitan, bisa diisi bulan terbitnya saja. Di jurnal yang saya kelola, semuanya tanpa judul terbitan oleh sebab itu saya isi bulan terbit saja. 

Namun, jika jurnal yang anda kelola mempunyai judul terbitan secara tematik, maka bisa dituliskan di title tersebut. Mudahnya, title pada issue adalah diisi dengan tema-tema yang diusung dalam sebuah terbitan pada edisi tersebut. 

Sependek pengetahuan saya, jarang sekali jurnal yang memiliki tema-tema edisi. Namun, jika anda menghendaki edisi khusus, bisa juga ditulis pada title Edisi Khusus tahun 2022. 

Kelima adalah description. Artinya adalah gambaran umum terkait tema-tema tulisan yang diterbitka pada sebuah terbitan. Silakan menuliskan deskripsi terbitan sesuai dengan selingkung jurnal yang anda kelola. 

Biasanya berisi resume dari semua artikel yang sudah diterbitkan, mencantumkan nama dan tema tulisan atau yang lainnya. 

Penutup

Cukup sekian, ya tutorial tentang cara membuat issue terbitan di OJS. Semoga tutorial ini bisa memberikan manfaat. Jika ada pertanyaan silakan cantumkan di kolom komentar, ya. 

Jika anda ingin tahu bagaimana cara membuat pengumuman di OJS silakan baca artikel berjudul Cara Membuat Pengumuman di OJS.

Wassalamualaikum wa rahmatullah wa barakatuh.

Qowim Musthofa
Qowim Musthofa Dosen IIQ An-Nur Yogyakarta Fakultas Ushuluddin Prodi Ilmu Hadis

Post a Comment for "Cara Membuat Issue Terbitan di OJS"