Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Pembagian Peran dalam OJS dan Proses Penerbitan Artikel

peran di ojs
qowim.net

Di dalam OJS (Open Journal System) terdapat beberapa peran yang harus dipahami oleh para pengelola jurnal. Pembagian peran dalam OJS Pada intinya adalah sama dengan sistem pengelolaan penerbitan pada umumnya, seperti pimpinan redaksi, sekretaris, editor, penata letak, dll. Namun, di OJS mempunyai istilah-istilah yang spesifik dan tidak semuanya paham tentu fungsi dan cara penggunaannya. 

Oke, langsung saja. Begini,

Anda bisa melihat peran-peran yang ada di dalam OJS melalui menu dashboard. Cara melihatnya; login sebagai journal manager terlebih dulu. Lalu klik User and Roles lalu klik Roles. Tampilannya seperti ini;

Tampilan peran ojs

Lebih kurang ada 17 peran sebagai bawaan sistem di OJS. Saya akan menjelaskan 17 peran tersebut secara ringkas saja, yang penting secara dasarnya memahami hal tersebut. Agar nantinya bisa memberikan peran kepada pengguna secara tepat. Namun, sebelum menjelaskan hal tersebut, ada empat istilah penting dalam peran di OJS. Anda bisa melihatnya di atas lagi yaitu Submission, Review, Copyediting dan Production.

Pertama, submission (penyerahan naskah). Penyerahan naskah adalah peran yang bisa dilakukan oleh pengguna di OJS. Pengguna bisa mengirimkan naskah, memasukkan judul, metadata, referensi dan lain-lain. 

Kedua, review (mengulas naskah). Pengulasan naskah biasanya disebut sebagai mitra bestari (reviewer). Peran mitra bestari bisa memberikan ulasan, komentar dan merekomendasikan sebuah naskah diterima, ditolak, direvisi dan lainnya. 

Ketiga copyediting (penyunting). Biasanya disebut sebagai penyunting, artinya peran seorang copyeditor nantinya bisa dan berhak menyunting naskah bila ditemukan salah ketik, salah ejaan, salah tanda baca, dan  lain-lain. 

Keempat production. Peran production ini sangat teknis sekali di dalam OJS yaitu ia diberikan wewenang sebagai penata letak (layouter) yang nantinya diunggah di sebuah terbitan yang disebut galley. 

Keempat itulah peran-peran dasar yang harus diketahui sebagai pengelola jurnal. Setelah mengetahui peran-peran tersebut, saya akan menjelaskan 17 peran yang ada di dalam OJS.

  1. Journal Manager. Peran ini adalah peran tertinggi di dalam sistem OJS. Biasanya dipegang oleh pemimpin redaksi dan sekretaris redaksi. 
  2. Journal Editor. Dewan redaksi memilki tugas-tugas seperti memberikan naskah kepada reviewer hingga memberikan keputusan naskah; diterima, ditolak, direvisi atau diminta untuk mengirimkan naskah tersebut ke jurnal lain. 
  3. Production editor. Anggota jurnal yang diberikan wewenang untuk memproduksi terbitan, biasanya bertugas untuk memeriksa meta data teks yang hendak diterbitkan. Mulai dari nama lengkap, judul, abstrak, hingga penomoran halaman yang ada di galley OJS.
  4. Section editor. Dewan redaksi yang diberikan tugas dalam section tertentu. Misalnya jika sebuah penerbitan memiliki lebih dari section artikel, maka hal ini bisa dijadikan sebagai landasan untuk memberikan wewenang dewan editor atas section tertentu.
  5. Guest editor. Editor tamu yang dimaksudkan untuk menjadi editor pada artikel tertentu. Biasanya ini sering terjadi ketika sebuah penerbitan membuat spesial Issue.
  6. Copyeditor. Bertugas untuk memeriksa ejaan atau tata letak yang disesuaikan selingkung jurnal.
  7. Designer. Anggota ini biasanya dijadikan sebagai orang yang mendesain cover tiap terbitan.
  8. Funding coordinator
  9. Indexer. Anggota jurnal yang bertugas untuk mengindeks artikel-artikel yagn sudah diterbitkan.
  10. Layout Editor. Penata letak artikel dengan panduan selingkung yang sudah disepakati.
  11. Marketing and sales coordinator. Anggota jurnal yang diberikan wewenang untuk mendistribusikan jurnal jika dikomersialisasikan.
  12. Proofreader. Anggota yang diberikan kesempatan untuk membaca ulang setiap artikel yang hendak diterbitkan.
  13. Author. Penulis atau peneliti yang mengirimkan naskah di jurnal.
  14. Translator. Penerjemah, biasanya difungsikan ketika penerbitan artikel terdiri lebih dari 1 bahasa yang digunakan.
  15. Reviewer. Mitra bestari yang ditugaskan untuk mereview dan memeriksa artikel dan memberikan pertimbangan kepada editor tentang nashkah yang diterima atau ditolak, atau opsi-opsi lain yang dicantumkan oleh redaktur.
  16. Reader. Pembaca umum yang mendaftarkan dirinya di OJS.
  17. Subscription Manager. Anggota jurnal yang diberikan wewenang untuk mengorganisir pelanggan jika jurnal yang dikelola tidak gratis.

Dari 17 peran yang terdapat di dalam OJS tentu tidak dipakai semuanya, banyak para pengelola jurnal yang tidak begitu memfungsikannya sebagai alur kerja penerbitan. Biasanya hanya melibatkan author - editor - reviewer dan copyeditor. Selain itu biasanya dikerjakan sendiri oleh tim redaksi. 


Qowim Musthofa
Qowim Musthofa Dosen paruh waktu dengan anak satu. Suka menulis tentang apa saja, sesuai minat dan bidang yang sedang ditekuni. Surel [email protected]

Post a Comment for "Pembagian Peran dalam OJS dan Proses Penerbitan Artikel"