Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Cara Jitu Mencari Jurnal Ilmiah Sesuai Kebutuhan

Mencari jurnal ilmiah untuk mahasiswa dan dosen sangat penting. Di samping mereview jurnal ilmiah, menerbitkan karya ilmiah akhir-akhir ini sedang digencarkan di Indonesia. Beberapa kampus di Indonesia bahkan mewajibkan mahasiswanya untuk menerbitkan karya ilmiah sebelum lulus. Dosen diberi kewajiban publikasi ilmiah minimal satu kali dalam satu tahun.

Hal ini tidak menutup kemungkinan bahwa banyak sekali dosen dan mahasiswa merasa bingung di mana harus menerbitkan jurnal ilmiahnya?

mencari jurnal ilmiah - qowim.net
mencari jurnal ilmiah - qowim.net

Oleh sebab itu artikel ini saya tulis untuk memberikan pertimbangan dan cara mencari jurnal ilmiah sesuai kebutuhan. 

Jurnal di Indonesia banyak sekali, jumlahnya bisa ribuan. Jika kita menyeleksi satu persatu tentu sangat memakan waktu yang tidak sedikit. 

Zaman sekarang semua sudah serba online, jadi serba otomatis. Tinggal kita sendiri bisa mengoperasikannya atau tidak, mau untuk mempelajarinya atau tidak agar memudahkan kegiatan-kegiatan ilmiah kita di dunia akademik.

Ketika kita mau menerbitkan artikel ilmiah, kadang-kadang kita bingung mau dikirimkan kemana. Apakah artikel kita cocok dengan jurnal tersebut?

Semua jurnal di dunia mayoritas sudah menggunakan sistem daring (online) berbasis Open Journal System, jadi kita hanya butuh kreativitas untuk mencari dan menemukan jurnal yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan kita. 

Penerbit-penerbit besar sudah membuatkan sebuah halaman atau sistem khusus untuk mempermudah kita menemukan jurnal yang cocok. Dengan menggunakan kata-kata pada judul, abstrak dan kata kunci, mereka mencoba menemukan jurnal yang sesuai.

Ini daftar untuk beberapa penerbit:

  1. Springer Journal Suggester https://journalsuggester.springer.com/
  2. Elsevier Journal Finder https://journalfinder.elsevier.com/
  3. Wiley Journal Finder https://journalfinder.wiley.com/

Silakan mengunjungi salah satu dari penerbit di atas untuk melakukan jurnal yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Ketiga jurnal tersebut sangat representatif untuk mencari jurnal yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan. 

Semoga artikel tips ini bermanfaat. 

Qowim Musthofa
Qowim Musthofa Dosen paruh waktu dengan anak satu. Suka menulis tentang apa saja, sesuai minat dan bidang yang sedang ditekuni. Surel [email protected]

Post a Comment for "Cara Jitu Mencari Jurnal Ilmiah Sesuai Kebutuhan"