Ads #1

Setting Plugin DOI di Open Journal System (OJS) Terbaru

Pengantar

Tulisan kali ini akan membahas tentang cara setting plugin DOI untuk OJS 3, karena banyak beberapa pertanyaan yang masuk tentang hal tersebut. Padahal sebenarnya ini adalah persoalan yang sangat mudah sekali. 

setting plugin DOI OJS 3
qowim.net

Pastikan anda sudah memilih OJS 3, karena yang terbaru dan paling enak untuk dipakai ya OJS 3. Hehe

Bagi yang masih bertanya-tanya dan belum memahami tentang apa itu DOI apalagi fungsinya, silakan dibaca terlebih dulu artikel berjudul apa itu DOI dan fungsinya di OJS.

Namun jika anda malas membuka tautannya, saya kasih pemahaman secara paling sederhana saja, DOI merupakan kode unik yang dimiliki oleh tiap penerbitan yang berfungsi sebagai tanda pengenal di tiap jurnal atau tulisan yang telah terbit.

Sederhananya begitu, ya. 

Sebelum anda melanjutkan setting plugin DOI di OJS 3 pastikan terlebih dahulu anda sudah mempunyai kode prefix yang anda dapatkan dari member Crossref. Anda bisa daftar sendiri melalui websitenya, atau melalui lembaga lain yang memang bekerja sama dengan Crossref untuk menerbitkan kode prefix. 

Di Indonesia ada Rumah Jurnal yang memang secara khusus bekerja di bidang penerbitan DOI. 

Jika anda sudah mempunyai kode prefix yang biasnaya ada 7 nomor (10.xxxxx) silakan melanjutkan setting plugin DOI di OJS 3 sebagai berikut 

Cara Setting Plugin OJS

Pertama-tama pastikan anda sudah login di OJS sebagai admin atau jurnal manager di jurnal tersebut. Hal ini dikarenakan pembagian peran dalam OJS dikendalikan oleh journal manager atau admin.

1. Klik setting lalu pilih menu website dan terakhir plugins

Pada menu ini anda akan menemukan bermacam-macam plugin yang terdapat pada OJS 3 anda. Semua pengatuan plugin ada di sebelah sini semuanya.

Pilih setting - website - plugins

setting plugin DOI
qowim.net

2. Cari Public Identifier Plugin

Pada sisi ini, anda akan menemukan dua plubic identifier, jika anda menggunakan DOI maka silakan centang pada sisi kotak sebelah kanan.

Cari Public Identifier Plugin - DOI

setting plugin DOI
qowim.net

3. Lakukan setting pada DOI

Menu ini terdapat pada tanda panah kecil di sebelah tulisan DOI, anda klik saja lalu pilih menu setting di bawah tulisan DOI tersebut. 

Tampilannya akan seperti di bawah ini

setting doi di ojs
qowim.net

Silakan ikuti saja tanda centang di atas. Pada kotak yang sudah saya centang menunjukkan bahwa nomor DOI saya gunakan hanya dua pokok saja, yaitu untuk issue dan article. Sedangkan untuk galleys (file .pdf) yang diterbitkan tidak saya berikan DOI.

DOI Prefix di atas silakan diisi dengan prefix yang sudah anda miliki di institusi anda. Jika belum punya silakan mendaftarkan terlebih dulu. 

DOI Suffix pilih default saja, karena ini yang paling ringkas dan tidak perlu keahlian khusus. Jika anda sudah memahami tentang suffix silakan pilih opsi yang lain saja. 

4. Simpan

Jangan lupa untuk klik simpan ketika sudah selesai. 

Tahapan selanjutnya adalah mengimplementasikan DOI tersebut pada artikel dan edisi yang sudah atau hendak anda terbitkan. 

Terkait pemasangan DOI pada artikel dan edisi semoga bisa membahasnya pada artikel selanjutnya. 

Penutup

Sekian tulisan tentang cara setting plugin DOI di Open Journal System (OJS) 3. Semoga bisa melakuakannya dengan benar. Tetap semangat pejuang jurnal Indonesia. 

Jika ada yang ditanyakan silakan ketik pada kolom komentar di bawah. 


Qowim Musthofa
Qowim Musthofa Blogger yang tinggal di Bantul. Mengajar di Institut Ilmu al-Qur'an (IIQ) An-Nur Yogyakarta. Terima kasih telah berkunjung. Korespondensi melalui surel: [email protected]

Post a Comment for "Setting Plugin DOI di Open Journal System (OJS) Terbaru"