Ads #1

Cara Mudah Mengatasi URL yang Dikirimkan Ditandai Noindex

Solusi Mengatasi URL yang Dikirimkan Ditandai Noindex di Blogger - Beberapa hari yang lalu saya dikagetkan dengan pemberitahuan dari google search console bahwa salah satu blog saya ternyata tidak terindex di google, lumayan banyak soalnya. 

Sebagai blogger ya tentunya panik, masak ya sudah nulis capek-capek tapi ternyata google tidak membacanya dengan baik? Hmmm

mengatasi url yang dikirimkan ditandai noindex
qowim.net

Sekitar 69 artikel. Waduh saya langsung mencari-cari tutorial bagaimana caranya. 

Berhasil. 

Oleh karena itu saya ingin berbagi aja pengalaman di tutorial ngeblog kali ini dalam masalah url yang dikirimkan ditandai noindex. 

Sebelum ke sana, kita harus tahu terlebih dahulu penyebabnya.

Sebab Artikel Tidak Diindeks oleh Google

  1. Kesalahan meta tag di html
  2. Kesalahan pengaturan robot.txt custom
  3. Terlalu banyak copy-paste dari konten blog lain

Pengaturan 3 poin di atas sudah saya buatkan tutorialnya tentang cara setting robot.txt custom di blog. Silakan pastikan anda sudah membaca dan praktik dengan benar. 

Kesalahan-kesalahan seperti itu dimungkinkan karena instalasi tema melalui edit html dan pengaturan di blogger kamu yang kurang dimengerti. 

Ya, sebagai blogger harus tahu hal ini, karena kesalahan kecil tentang indeks google akan mengakibatkan artikel-artikel yang sudah capek-capek ditulis menjadi percuma, karena google tidak bisa mengindeks. 

Alhasil, artikel kita tidak muncul di pencarian google. Dan itu mengakibatkan traffic pengunjung blog kita jadi sepi.

Solusi Mengatasinya

...jika kalian mengalami Url yang dikirimkan ditandai noindex, silakan ikuti panduan yang akan saya sampaikan... 

Sungguh sangat mudah untuk mengatasinya. Silakan ikuti tutorial ini.

Masuk ke dasbor blogger dan pilih tema, lalu edit html. Tekan Ctrl+F di keyboard lalu ketik "noindex"

Jika sobat menemukan kode tersebut di html tema blogger, maka di situlah letak permasalahannya. seperti kode berikut ini

<meta content="noindex,nofollow" name="robots"></meta> 
<meta content="noindex,nofollow" name="robots"></meta>

Jika menemukan kode tersebut bisa kalian hapus saja, atau ubah dari kode 'noindex' menjadi 'index'. Lalu klik Simpan.

Setelah itu, lakukan validasi ke Google Search Console 

>> Pilih property yang bermasalah 

>>Liputan/cakupan 

>> Lalu pilih diberitahukan bahwa tidak diindeks biasanya berwarna merah. 

>> Lalu klik Validasi.

Jangan lupa klik validasi dan tunggu hasilnya. Biasanya hingga 1 minggu. Jadi yang sabar ya...

Setelah teratasi, lakukan secara berkala beberapa konten yang memang terdeteksi noindex secara manual di Google Search Console. Ini memang butuh waktu dan kesabaran yang lebih demi konten-konten kita bisa terintegrasi dan diindeks oleh google. 

Cara Indeks Manual

Buka google search console --> klik menu cakupan --> lalu akan muncul daftar kesalahan yang ada di blog, salah satunya "URL yang dikirimkan ditandai ‘noindex’" --> klik daftar kesalahannya dan akan muncul daftar artikel yang termasuk dalam kesalahan yang dimaksud.

Setelah muncul daftar artikel, klik artikelnya satu persatu --> klik periksa url --> klik uji url aktif --> minta pengindeks-an kembali

Ulangi langkah ke-3 di atas, sampai semua artikel yang masuk dalam daftar kesalahan "URL yang dikirimkan ditandai ‘noindex’" berhasil diminta pengindeks-an kembali.


Setelah saya mengubah html noindex menjadi index, lalu saya telateni semua url-url yang bermasalah tersebut dengan indeks lagi satu persatu, saya lega karena artikel sudah tersedia di google dan bisa diindeks kembali.

Nah gitu aja cara mengatasi URL yang dikirimkan ditandai Noindex, kalau kalian pernah mengalami hal yang sama dan solusinya berbeda, bisa bagikan artikelnya di kolom komentar ya. Bagi yang sedang mengalami hal yang sama, semoga berhasil dengan tutorial ini.

Qowim Musthofa
Qowim Musthofa Blogger yang tinggal di Bantul. Mengajar di Institut Ilmu al-Qur'an (IIQ) An-Nur Yogyakarta. Terima kasih telah berkunjung. Korespondensi melalui surel: [email protected]

2 comments for "Cara Mudah Mengatasi URL yang Dikirimkan Ditandai Noindex"