Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pemakaian Huruf Dan Macam-Macamnya Dalam Bahasa Indonesia

Huruf di dalam KBBI mempunyai arti tanda aksara dalam tata tulis yang merupakan anggota abjad yang melambangkan bunyi bahasa; aksara. Istilah huruf berasal dari Bahasa Arab yang entah bagaimana ceritanya tiba-tiba diserap jadi bahasa Indonesia. 

Sumber Gambar Pixabay
Meskipun serapan, istilah huruf dalam bahasa Indonesia dan Bahasa Arab tentu berbeda. Di dalam bahasa Arab istilah huruf bisa mempunyai arti jenis kalimat, sebagaimana terdapat kalimat isim dan fi'il. Nah, huruf juga bagian dari jenis-jenis kalimat itu. 

Kita tidak akan membahas pertentangan istilah itu, kita mengikuti istilah yang sudah tertulis saja di KBBI yaitu tanda aksara dalam tata tulis yang bisa melambangkan bunyi bahasa dan aksara. 

Di dalam bahasa Indonesia, huruf dibagi menjadi 4 jenis, yaitu huruf abjad, vokal, konsonan dan diftong.

A. Huruf Abjad

Huruf abjad dalam bahasa indonesia ada 26 huruf. Huruf dan namanya bisa dilihat pada tabel di bawah ini. 
Sumber Gambar

B. Huruf Vokal

Huruf yang melambangkan vokal dalam bahasa Indonesia terdiri atas huruf a, e, i, o, dan u. Penggunaannya bisa dilihat pada tabel di bawah ini;
Huruf vokal
Sumber Gambar

Huruf vokal e mempunyai perbedaan pelafalan, beberapa contoh di atas seperti kata enak dan emas mempunyai pengucapan huruf yang berbeda. huruf e pada kata enak tidak sama dengan pengucapan huruf e pada kata emas. Begitu pula kata pendek dan kena. Huruf e pada kata pendek tidak sama pengucapannya dengan huruf e pada kata kena. 

Silakan sambil dipraktikkan sendiri cara pengucapannya. Jika huruf e pada suatu kata membuat ragu pengucapannya bisa digunakan tanda akses (`) di atas kata e.

C. Huruf Konsonan

Huruf yang melambangkan konsonan dalam bahasa Indonesia terdiri atas 21 huruf, yaitu b, c, d, f, g, h, j, k, l, m, n, p, q, r, s, t, v, w, x, y, dan z. Berikut adalah tabel penggunaan huruf konsonan;
Penggunaan Huruf Konsonan
Sumber Gambar

Huruf q dan x khusus digunakan untuk nama diri dan keperluan ilmu. Huruf x pada posisi awal kata diucapkan [s].

PUEBI 2015 menghilangkan keterangan "Huruf k melambangkan bunyi hamzah" dengan contoh "rakyat" dan "bapak". Empat konsonan (c, q, x, dan y) tidak digunakan di posisi akhir kata dasar bahasa Indonesia. Konsonan y bisa terletak di akhir, tetapi dalam bentuk gabungan huruf konsonan sy, misalnya pada arasy.

D. Huruf Diftong

Di dalam bahasa Indonesia terdapat empat diftong yang dilambangkan dengan gabungan huruf vokal ai, au, ei, dan oi.
Huruf diftong
Sumber Gambar

PUEBI 2015 menambahkan diftong ei. Pedoman ejaan sebelumnya hanya mencantumkan tiga diftong: ai, au, dan oi.
Qowim Musthofa
Qowim Musthofa Dosen IIQ An Nur Yogyakarta dan Pengedar Buku di Elbustane Bookstore

Posting Komentar untuk "Pemakaian Huruf Dan Macam-Macamnya Dalam Bahasa Indonesia"

Berlangganan via Email