Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

ads.header2

Cara Pindah Faskes-KIS BPJS Kesehatan secara Online

Rakyat Indonesia sudah banyak yang mengikuti program BPJS Kesehatan, baik secara mandiri, kepegawaian maupun yang dibiayai oleh pemerintah secara langsung. 

pindah faskes BPJS kesehatan

Dalam perjalanannya BPJS kesehatan sudah mencapai lebih dari 250 juta jiwa peserta dari rakyat Indonesia. Sungguh prestasi yang sangat membanggakan. Akhirnya, pemerintah mengcover biaya kesehatan masyarakat dengan subsidi silang. 

Beberapa hari yang lalu saya punya kendala soal fasilitas kesehatan (faskes) tingkat pertama. Sekadar cerita terlebih dulu, saya menjadi salah satu pegawai di kampus IIQ An-Nur Yogyakarta, di sana ada program BPJS Kesehatan sehingga semua pegawai yang belum meiliki asuransi kesehatan diwajibkan mengikuti program tersebut. 

Kendala yang terjadi adalah faskes saya di Puskesmas Sewon I Bantul, di sana ketika saya lihat jumlah perserta BPJS yang dicover oleh Puskesmas Sewon I sejumlah lebih dari 26 ribu peserta di tahun 2022. 

Hal itu yang kemudian membuat saya merasa bahwa "sepertinya saya harus pindah faskes" dan ternyata mengurus pindah faskes sangat mudah sekali melalui aplikasi JKN Mobile. 

Barangkali ada yang masih bingung soal pindah faskes BPJS, mungkin ini bisa menjadi membantu mengurus pindah faskes tanpa harus datang ke kantor BPJS, melainkan hanya secara online saja melalui aplikasi JKN

Langsung saja begini cara pindah faskes BPJS kesehatan secara online. 

  • Pastikan anda sudah mengunduh aplikasi JKN. Di Playstore (android) dan App Store (IOS) sudah tersedia
  • Daftarkan data anda terlebih dulu, jika belum pernah menggunakan aplikasi JKN silakan ikuti tutorial pada tulisan berjudul Cara daftar BPJS online.
  • Buka aplikasi JKN dan pilih Menu Lainnya
    pindah faskes bpjs
    qowim.net

  • Pilih menu Perubahan Data Peserta
  • Semua peserta yang anda daftarkan akan muncul di sana lalu pilih peserta mana yang ingin anda ubah faskesnya.
  • Klik Fasilitisan Kesehatan Tingkat I di sana akan muncul beberapa pilihan faskes 
  • Silakan pilih salah satu faskes yang anda inginkan
  • Jangan lupa klik simpan 

Jika anda telah merupakan perubahan maka harus menunggu pada bulan berikutnya. Jadi sebelum bulan berikutnya, jika anda ingin menggunakan BPJS maka harus dilakukan pada faskes lama, bukan pada faskes yang baru. 

Selain itu, setelah melakukan perubahan tidak diperkenankan untuk melakukan perubahan kembali sebelum jangka waktu 3 bulan. Jadi selama tiga bulan anda tidak diperbolehkan memindah faskes lagi. 

Bagaimana? 

Mudah, bukan? 

Semoga tulisan tentang cara pindah faskes BPJS Kesehatan secara online ini bisa memberikan manfaat. Jika ada pertanyaan silakan cantumkan pada kolom komentar di bawah. 

Semoga sehat selalu dan kartu BPJS nya tidak pernah digunakan, sebab sehat adalah rizki terbesar kedua setelah diberi hidup. 

Qowim Musthofa
Qowim Musthofa Dosen IIQ An-Nur Yogyakarta Fakultas Ushuluddin Prodi Ilmu Hadis

Post a Comment for "Cara Pindah Faskes-KIS BPJS Kesehatan secara Online"