Ads #1

Cara Menambahkan Anggota Keluarga BPJS Melalui Aplikasi JKN

Cara menambahkan anggota keluarga BPJS Kesehatan melalui aplikasi JKN sangatlah mudah dan bisa dilakukan secara online dan mandiri. Anda tidak perlu ke kantor BPJS atau admin dari perusahaan yang memberikan Anda fasilitas BPJS kesehatan ini. 

Kartu fisik BPJS Kesehatan

Cara Menambahkan Anggota di BPJS Kesehatan

Untuk menambahkan anggota keluarga ke program BPJS Kesehatan melalui aplikasi JKN, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

Unduh Aplikasi JKNPastikan Anda telah mengunduh dan menginstal aplikasi JKN (Jaminan Kesehatan Nasional) pada perangkat ponsel Android atau iOS Anda. Aplikasi ini dapat ditemukan di Google Play Store atau App Store.

Buka Aplikasi JKN

Buka aplikasi JKN yang telah diinstal di ponsel Anda.

Login atau Daftar

Jika Anda sudah memiliki akun JKN, masukkan informasi login Anda. Jika belum, daftar terlebih dahulu untuk membuat akun baru. Jika Anda belum memiliki akun silakan baca cara mendaftarkan BPJS Kesehatan secara online.

Masuk ke Akun Anda

Setelah berhasil login, Anda akan masuk ke halaman beranda aplikasi.

Pilih Menu "Tambah Keluarga"

Di beranda aplikasi, cari dan pilih opsi yang biasanya disebut "Tambah Keluarga" atau sesuatu yang mirip. Ini mungkin berbeda-beda tergantung pada pembaruan terbaru aplikasi.

Isi Data Anggota Keluarga Baru

Isilah informasi yang diminta, seperti nama lengkap, nomor Kartu Keluarga (KK), tanggal lahir, jenis kelamin, dan informasi lain yang diminta oleh aplikasi. Pastikan data yang Anda masukkan benar dan sesuai.

Pilih Kategori Peserta

Setelah mengisi data anggota keluarga, Anda akan diminta untuk memilih kategori peserta. Pilihlah kategori yang sesuai dengan anggota keluarga yang akan Anda tambahkan, misalnya, peserta utama atau peserta tambahan.

Lanjutkan Proses Pendaftaran

Lanjutkan dengan mengikuti langkah-langkah selanjutnya yang diminta oleh aplikasi untuk menyelesaikan proses pendaftaran anggota keluarga baru.

Pembayaran Kontribusi

Setelah pendaftaran selesai, Anda akan diminta untuk melakukan pembayaran kontribusi BPJS Kesehatan untuk anggota keluarga yang baru ditambahkan. Ikuti petunjuk untuk melakukan pembayaran sesuai dengan metode yang tersedia dalam aplikasi.

Selesaikan Proses

Setelah pembayaran berhasil, Anda akan menerima konfirmasi pendaftaran anggota keluarga baru ke program BPJS Kesehatan melalui aplikasi.

Catatan Penting

Pastikan untuk menyimpan bukti pendaftaran dan pembayaran dengan baik, karena ini akan menjadi referensi jika diperlukan di masa mendatang. Jika Anda mengalami kesulitan dalam proses ini, Anda juga dapat menghubungi BPJS Kesehatan setempat atau mengunjungi kantor BPJS terdekat untuk bantuan lebih lanjut.

Selain menambahkan anggota BPJS secara mandiri, Anda juga bisa pindah Fasilitas Kesehatan (Faskes I) secara mandiri di aplikasi JKN. 


Qowim Musthofa
Qowim Musthofa Blogger yang tinggal di Bantul. Mengajar di Institut Ilmu al-Qur'an (IIQ) An-Nur Yogyakarta. Terima kasih telah berkunjung. Korespondensi melalui surel: [email protected]

Post a Comment for "Cara Menambahkan Anggota Keluarga BPJS Melalui Aplikasi JKN"