Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

ads.header2

14 Situs Referensi Gratis untuk Mencari Jurnal Ilmiah

Publikasi ilmiah adalah hal yang wajib dilakukan sebagai seorang akademisi, sebab menjadi salah satu kewajiban untuk memenuhi tri dharma perguruan tinggi yaitu pembelajaran, penelitian dan pengabdian. Dosen dan mahasiswa harus mengetahui hal tersebut dan melaksanakannya. Oleh sebab itu saya memberikan daftar 14 situs referensi untuk mencari jurnal ilmiah yang telah  dipublikasikan.

situs referensi jurnal ilmiah
qowim.net

Daftar 14 situs publikasi ilmiah ini berfungsi untuk referensi jika Anda ingin menulis sebuah jurnal. Semakin banyak jurnal yang dikutip semakin menunjukkan kualitas kebaruan (novelty) dari artikel yang Anda tulis.

Fungsi Referensi Jurnal Ilmiah

Salah satu hal yang paling penting dalam hal ini adalah untuk mengetahui siapa dan berapa tulisan yang sudah pernah ditulis dan diterbitkan tentang artikel yang ingin ditulis. 

Selain itu, agar penulis dapat melakukan diskusi secara lebih dalam tentang tema pembahasan yang ditulis. Semakin banyak referensi jurnal yang dicantumkan, maka semakin baik pula kualitas artikel yang dihasilkan. 

Jumlah prosentase dari pengutipan sumber jurnal ilmiah dan buku adalah 60:40 persen. Apalagi di setiap jurnal imliah itu mengedepankan aspek kebaruan. 

Berikut ini adalah 14 daftar situs referensi gratis publikasi ilmiah yang berfungsi untuk mengambil sumber karya ilmiah.

1. Mendeley

Mendeley tidak hanya sekadar aplikasi untuk manajemen referensi yang memudahkan pengumpulan referensi di berbagai dunia, tetapi juga situs untuk mencari sumber-sumber yang berkualitas untuk bisa dijadikan sebagai kajian literatur atau kajian terdahulu. 

Situs ini disediakan secara gratis. Dapai dikunjungi di mendeley.com 

Anda harus melakukan registrasi terlebih dahulu. Jika ingin mengetahui cara-cara penggunaan aplikasi mendeley untuk dijadikan sebagai menajamen referensi, silakan klik artikel berjudul cara penggunaan aplikasi Mendeley.

2. Portal Garuda Publikasi Indonesia Index (IPI)

http://id.portalgaruda.org/

Indeks Publikasi Indonesia-IPI adalah layanan akses jurnal online gratis yang dirancang untuk mengindeks, mengabstraksi, memantau, dan meningkatkan standar publikasi ilmiah Indonesia.

Saat artikel ini dibuat, terdapat lebih dari 2500 jurnal Indonesia di database IPI.

3. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI)

http://www.jurnal.lipi.go.id/

Jurnal Online LIPI disediakan secara gratis oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia kepada penerbit jurnal ilmiah (asosiasi profesi, lembaga penelitian, lembaga pendidikan, dll).

4. Directory of Open Access Journals (DOAJ)

https://doaj.org/

Directory of Open Access Journals adalah situs yang menyediakan alat pencarian jurnal ilmiah terpercaya dan dapat diakses secara bebas. Saat ini, pada Oktober 2015.

DOAJ mengklaim memiliki 10.589 jurnal, 6.479 di antaranya dapat diakses melalui mesin pencari yang mereka sediakan. Ada lebih dari 2.097.351 artikel ilmiah di situs web mereka.

5. Google Scholar

http://scholar.google.com/

Google Cendekia menyediakan ratusan ribu informasi tentang literatur pendidikan referensi ilmiah.

Cukup masukkan kata kunci di halaman Google Cendekia, dan kita dapat mencari berbagai makalah, makalah, jurnal, artikel, e-book (e-book) dan literatur ilmiah lainnya dalam berbagai format publikasi..

6. Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas)

http://e-resources.perpusnas.go.id/

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia atau Perpustakaan Nasional atau biasa dikenal dengan PNRI menyediakan akses gratis jurnal berbayar domestik dan internasional, yang dapat diakses secara online oleh seluruh warga negara Indonesia. 

Jumlah jurnal yang disubscribe dan disediakan cukup banyak, mulai dari Proquest, Ebsco, SAGE, dll. 

Untuk dapat mengakses jurnal-jurnal tersebut, kita harus terlebih dahulu mendaftar sebagai anggota Perpustakaan Nasional RI.

7. Citeseer Sebagai OJS jurnal gratis

http://citeseer.ist.psu.edu/

Citeseer adalah mesin pencari publik dan perpustakaan digital yang digunakan dalam jurnal ilmiah, makalah dan akademisi, terutama di bidang komputer dan sains.Cara upload jurnal

8. PubMed Central


http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/

PubMed Central adalah database teks lengkap digital gratis yang berisi makalah ilmiah yang mengkhususkan diri dalam ilmu alam dan ilmu biomedis.

PubMed Central dikembangkan oleh Amerika Serikat. Perpustakaan Kedokteran Nasional (NLM) berfungsi sebagai arsip artikel jurnal biomedis di Internet.

9. OJS jurnal gratis di Biomed Central

http://www.biomedcentral.com/

Biomed Central adalah STM (Science, Technology and Medicine), merupakan jurnal akses terbuka yang mencakup semua bidang biologi dan kedokteran.

10. Economics

http://economics-ejournal.org/

Economics E-journal adalah jurnal akademik yang mencakup bidang ekonomi dan diterbitkan secara open source.

11. IOSR Journals sebagai OJS jurnal gratis

http://iosrjournals.org/

Organisasi Riset Ilmiah Internasional adalah organisasi swasta independen. IOSR memberikan dukungan dan layanan kepada para profesional pendidikan dan peneliti di seluruh dunia.

IOSR adalah jurnal akses terbuka berbasis luas.

12. First Monday

http://firstmonday.org/

Senin pertama adalah salah satu jurnal pertama yang menerapkan jurnal akses terbuka dan jurnal peer-review di Internet.

Sejak didirikan pada Mei 1996, telah mengumpulkan 233 edisi dan lebih dari 1.507 artikel yang telah berhasil diterbitkan.

13. Technology Innovation Management Review

http://timreview.ca/

TIM Review menyediakan konten jurnal yang berwawasan luas tentang isu-isu dan tren yang terkait dengan pertumbuhan bisnis teknologi.

Konten dan ulasan berfokus pada teori, strategi, dan alat yang membantu perusahaan teknologi berkembang.

14. International Journal of U- and E- Service, Science and Technology

http://www.sersc.org/journals/IJUNESST/

International Journal of U- and E-Service, Science and Technology menyediakan berbagai jurnal yang topik dasarnya mencakup bisnis, pendidikan, pemerintahan, kesehatan, dan banyak bidang studi lainnya.

Penutup

Demikianlah 14 situs referensi gratis untuk mencari jurnal ilmiah yang berfungsi untuk memperbanyak jumlah literatur yang digunakan di setiap penulisan jurnal ilmiah. 

Qowim Musthofa
Qowim Musthofa Dosen IIQ An-Nur Yogyakarta Fakultas Ushuluddin Prodi Ilmu Hadis

Post a Comment for "14 Situs Referensi Gratis untuk Mencari Jurnal Ilmiah"