Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

ads.header2

Cara Indeks Jurnal di Portal Garuda (Garba Rujukan Digital)

Garuda merupakan salah satu pengindeks meta data digital di Indonesia yang berada di bawah naungan Kemdikbud RI. Sebagai salah satu pengindeks, Garuda mempunyai reputasi yang lumayan untuk mendesiminasi publikasi di Perguruan Tinggi seperti Jurnal Ilmiah berbasis OJS. Oleh sebab itu, setiap jurnal ilmiah di Kampus sebaiknya mendaftarkan di Garuda agar artikelnya bisa disebarluaskan secara nasional.

cara indeks jurnal di garuda
qowim.net

Ketika tutorial ini ditulis, Garuda sudah mengindeks banyak sekali artikel dan jurnal di Indonesia. Hampir 2 juta artikel, 2.546 publisher dan 13.532 jurnal yang sudah diindeks di Garuda. Lihat gambar di bawah ini.

garuda jurnal

Beberapa kali, masih banyak yang bertanya-tanya tentang bagaimana caranya mengindeks artikel di Garuda. Beberapa hari yang lalu saya telah mendaftarkan jurnal yang saya kelola Musala: Jurnal Pesantren dan Kebudayaan Islam Nusantara di Garuda. Sekarang masih menunggu verifikasi. 

Sambil menunggu saya akan memberikan tutorial bagaimana cara mengindeks artikel di Garuda. Langsung saja begini caranya.

  1. Kunjungi situs https://garuda.kemdikbud.go.id
  2. Cari tulisan Suggest di bagian pojok kanan atas atau langsung klik tautan ini https://garuda.kemdikbud.go.id/suggest untuk menuju ke sana. Tampilan akan seperti ini
  3. Silakan isi semua kolom yang telah disediakan. Panduan pengisian sudah saya cantumkan beberapa di atas yang sekiranya membingungkan. 
  4. Setelah selesai diisi, coba cek sekali lagi sebelum disubmit. Hal ini untuk menghindari kesalahan-kesalahan yang menyebabkan hal yang fatal. Pastikan alamat email PIC dan official dari Jurnal sudah dicantumkan sesuai. 
  5. Kalau sudah yakin silakan klik Submit My Suggestion

Setelah selesai coba cek email yang sudah didaftarkan dan dicantumkan di formulir di atas. Isi dari email tersebut adalah ringkasan dari submission yang sudah dilakukan. Hasilnya seperti ini

Indeks Garuda Jurnal

Di atas adalah balasan email ketika saya mengajukan di Garuda untuk Jurnal Musala. Informasinya 2-5 minggu untuk proses indeksasi. Tinggalkan komentar jika punya pertanyaan terkait indeks di Garuda. 

Semoga bermanfaat.

Qowim Musthofa
Qowim Musthofa Dosen IIQ An-Nur Yogyakarta Fakultas Ushuluddin Prodi Ilmu Hadis

Post a Comment for "Cara Indeks Jurnal di Portal Garuda (Garba Rujukan Digital)"