Ads #1

Cara Indeks Jurnal di Portal Garuda (Garba Rujukan Digital)

Pengantar

Garuda atau akronim dari Garba Rujukan Digital merupakan salah satu pengindeks meta data digital di Indonesia yang berada di bawah naungan Kemdikbud RI. Sebagai salah satu pengindeks, Garuda mempunyai reputasi yang lumayan untuk mendesiminasi publikasi di Perguruan Tinggi seperti Jurnal Ilmiah berbasis OJS. Oleh sebab itu, setiap jurnal ilmiah di Kampus sebaiknya mendaftarkan di Garuda agar artikelnya bisa disebarluaskan secara nasional.

cara indeks jurnal di garuda
qowim.net

Ketika tutorial ini ditulis, Garuda sudah mengindeks banyak sekali artikel dan jurnal di Indonesia. Hampir 2 juta artikel, 2.546 publisher dan 13.532 jurnal yang sudah diindeks di Garba Rujukan Digital. Lihat gambar di bawah ini.

garuda jurnal

Beberapa kali, masih banyak yang bertanya-tanya tentang bagaimana caranya mengindeks artikel di Garuda. Beberapa hari yang lalu saya telah mendaftarkan jurnal yang saya kelola Musala: Jurnal Pesantren dan Kebudayaan Islam Nusantara di Garuda. Sekarang masih menunggu verifikasi. 

Sambil menunggu saya akan memberikan tutorial bagaimana cara mengindeks artikel di Garuda. Langsung saja begini caranya.

Cara Mengindeks Jurnal Ilmiah ke Garuda

  1. Kunjungi situs https://garuda.kemdikbud.go.id
  2. Cari tulisan Suggest di bagian pojok kanan atas atau langsung klik tautan ini https://garuda.kemdikbud.go.id/suggest untuk menuju ke sana. Tampilan akan seperti ini
  3. Silakan isi semua kolom yang telah disediakan. Panduan pengisian sudah saya cantumkan beberapa di atas yang sekiranya membingungkan. 
  4. Setelah selesai diisi, coba cek sekali lagi sebelum disubmit. Hal ini untuk menghindari kesalahan-kesalahan yang menyebabkan hal yang fatal. Pastikan alamat email PIC dan official dari Jurnal sudah dicantumkan sesuai. 
  5. Kalau sudah yakin silakan klik Submit My Suggestion

Menunggu Balasan email 

Setelah selesai coba cek email yang sudah didaftarkan dan dicantumkan di formulir di atas. Isi dari email tersebut adalah ringkasan dari submission yang sudah dilakukan. Hasilnya seperti ini

Indeks Garuda Jurnal

Di atas adalah balasan email ketika saya mengajukan di Garuda untuk Jurnal Musala. Informasinya 2-5 minggu untuk proses indeksasi. Tinggalkan komentar jika punya pertanyaan terkait indeks di Garba Rujukan Digital atau Garuda. 

Semoga bermanfaat. Selain Garuda, anda juga bisa membaca 14 Rujukan Jurnal Ilmiah lainnya yang bereputasi tinggi.

Indeks Berhasil

Keberhasilan indeks jurnal ke Garuda akan ada pemberitahuan dari pihak Garuda bahwa jurnal sudah berhasil terindeks. Anda akan diberitahu tautan Jurnal Ilmiah di Garuda. 

Hal ini setelah menunggu dan sudah terindeks di Garuda, akan ada pemberitahuan melalui surel yang didaftarkan ke Garuda. Isi dari surel tersebut adalah sebagai berikut;

Balasan email saat Jurnal terindeks Garuda

Sekian, ya. Ada update sedikiti pada tulisan ini. Semoga diberikan semangat yang lebih bagi dosen yang diberi tugas mengelola jurnal ilmiah di Perguruan Tinggi.

Qowim Musthofa
Qowim Musthofa Blogger yang tinggal di Bantul. Mengajar di Institut Ilmu al-Qur'an (IIQ) An-Nur Yogyakarta. Terima kasih telah berkunjung. Korespondensi melalui surel: [email protected]

Post a Comment for "Cara Indeks Jurnal di Portal Garuda (Garba Rujukan Digital)"