Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

ads.header2

Sejarah Perkembangan Internet

Sejarah internet
qowim.net

Sejarah perkembangan internet. Setiap hari, hampir di seluruh dunia mengakses internet dengan bermacam tujuan. Rasanya hampir tidak mungkin, hari ini ada manusia yang hidup tanpa bantuan internet. Hampir tidak mungkin, bukan berarti menutup kemungkinan. 

Lalu, apa, sih internet itu?

Definisi Internet

Internet adalah singkatan dari interconnection-networking, artinya jaringan komunikasi global yang dapat menghubungkan jutaan bahkan milyaran jaringan komputer di seluruh penjuru dunia. Jaringan tersebut menggunakan media komunikasi seperti telepon dan satelit. 

Dari pengertian di atas, simpulannya jika sesuatu membutuhkan jaringan telepon atau satelit, maka itulah internet secara umum. 

Pertama Kali Internet Ditemukan

Internet berawal pada tahun 1969 dan pada saat itu internet hanyalah sebuah jaringan komputer yang dibuat oleh ARPA. Belum canggih seperti sekarang.

ARPA merupakan bagian dari Departemen Pertahanan Amerika Serikat. Proyek tersebut diberi nama ARPANET. 

ARPANET itu apa?

Yakni singkatan dari Advanced Research Project Agency Network.

Proyek tersebut mendapatkan hasil temuan tentang bagaimana perangkat lunak (software) komputer yang berbasis UNIX dapat berpadu padan dengan perangkat keras (hardware). Apa itu UNIX?

UNIX bukanlah sebuah kata singkatan, tapi merupakan kata lain dari Multics dengan kepanjangan Multiplexed Information and Computing Service.

unix
unix

Fakta keberhasilan tersebut membuat para pengembangnya mulai menyadari bahwa hal itu dapat membantu manusia untuk berkomunikasi jarak jauh melalui saluran telepon. Padahal, pada awalnya internet hanya akan digunakan untuk kepentingan militer saja.

Hari ini tidak hanya digunakan dalam kepentingan militer saja, namun hampis di setiap sektor lini kehidupan manusia, mulai dari ekonomi, sosial, pendidikan, bisnis hingga agama.

Memperkenalkan Domain Name System (DNS)

Kemudian, pada tahun 1986 sistem nama domain mulai diperkenalkan kepada masyarakat, atau yang saat ini kita kenal dengan istilah DNS alias Domain Name System. DNS ini berfungsi untuk menyamakan sistem pemberian nama alamat yang ada pada jaringan komputer.

DNS
qowim.net

Semua situs dan jaringan internet membutuhkan DNS ini, sebab lalu lintas di situs dan jaringan itu berdasarkan alamat yang ada pada jaringan komputer.

Sederhananya, jika kita punya PC dan ingin data kita bisa diakses oleh orang lain di waktu dan tempat yagn berbeda, maka kita harus memberikan alamat jaringan komputer kita kepada orang yang dituju.

Internet di Era Milenium

Hingga kemudian pada tahun 2000-an, internet makin berkembang dengan sangat pesat.

Berawal dari sebuah proyek militer, penemuan internet terus dikembangkan hingga pada akhirnya menjadi internet seperti yang kita kenal sekarang dan hingga kini, sejarah internet masih terus saja berkembang.

Perkembangan ini ditentukan oleh inovasi dari penggunanya yaitu manusia. Era milenium sudah lebih dari 20 tahun. Kita tahu sendiri perkembangannya sangat cepat tiap harinya. 


Referensi
https://brainly.co.id/tugas/15157056
https://id.wikipedia.org/wiki/Sejarah_Internet

Qowim Musthofa
Qowim Musthofa Dosen IIQ An-Nur Yogyakarta Fakultas Ushuluddin Prodi Ilmu Hadis

Post a Comment for "Sejarah Perkembangan Internet"