Ads #1

Cara Membuat Recent Post di Sidebar Blogspot tanpa Coding

Sebagai seorang blogger, sebaiknya selalu memberikan tulisan konten-konten terbaru di blognya. Sebab hal itu bisa menjadi indikator blog aktif atau tidak. Bisa seminggu sekali, seminggu 3 kali atau tergantung kebutuhan dan kelonggaran waktu. 

qowim.net

Fungsi Postingan Terbaru

Nah, salah satu widget yang wajib ada di blog adalah recent post atau latepost atau lagi dalam Bahasa Indonesia adalah postingan terbaru. Widget ini tidak hanya berfungsi untuk memenuhi sidebar saja, tetapi juga untuk memberikan navigasi yang baik kepada pengunjung.

Misalnya pengunjung membaca artikel kita yang berasal dari google search atau media sosial, tentunya mereka jarang yang kembali ke beranda blog kita, yang di sana ada postingan-postingan terbaru yang sudah ditulis. 

Nah, kalau di sidebar tentunya pengunjung langsung mengetahui bahwa ada postingan terbaru, yang barang kali menarik pengunjung untuk membacanya lebih lanjut, dan begitu seterusnya. Intinya recent post itu memberikan peluang lebih besar bagi pengunjung untuk membaca konten kita lebih dari satu postingan saja. 

Tidak perlu panjang lebar lagi, berikut ini adalah cara menampilkan postingan terbaru di blogspot. 

Cara Menampilkan Recent Post di Blogspot

Cara menampilkan recent post ada 2 cara, pertama menggunakan widget bawaan blogspot, kedua dengan meletakkan kode java script di dalam kode html. 

Namun, kali ini yang lebih praktis saja yaitu menggunakan widget bawaan blogspot. Caranya sebagai berikut;

  1. Masuk akun blogspot dan kunjungi laman dashboard Anda. 
  2. Klik menu Tata Letak dan cari tambahkan gadget (tampilan di bawah ini)
  3. Cari Gadget Feed dan klik
  4. Tempelkan kode ini di URL Feed https://namablogkamu.com/feeds/posts/default

    Catatan

    - Judul: isilah judul dari wigdet ini sesuai keinginan anda misalnya; recent post

    - URL feed adalah alamat yang harus diisi sesuai dengan nama blog. Misalnya https://namablogkamu.com/feeds/posts/default ubahlah yang diberi warna dengan alamat blog Anda sendiri

    - Centang yang menurut Anda penting untuk ditampilkan, misalnya tanggal posting, nama penulis dan jumlah feed yang ingin ditampilkan. 

  5. Jangan lupa klik simpan dan lihat hasilnya. 

Penutup

Sudah sekian saja tutorial sederhana untuk menampilkan postingan terbaru di blogspot. Mudah, kan? Jika masih ada yang kurang jelas bisa ketik di kolom komentar. 

Semoga selalu berbahagia.

Qowim Musthofa
Qowim Musthofa Blogger yang tinggal di Bantul. Mengajar di Institut Ilmu al-Qur'an (IIQ) An-Nur Yogyakarta. Terima kasih telah berkunjung. Korespondensi melalui surel: [email protected]

1 comment for "Cara Membuat Recent Post di Sidebar Blogspot tanpa Coding"

Comment Author Avatar
This comment has been removed by a blog administrator.