Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

ads.header2

Cara Indeks Artikel Jurnal di ISJD (Indonesia Scientific Journal Database)

indeks jurnal ISJD
qowim.net

Sebagai pengelola jurnal, hal yang wajib dilakukan adalah mengindeks artikel-artikel yang sudah diterbitkan ke beberapa pengindeks. Salah satu pengindeks yang paling penting adalah ISJD kepanjangan dari Indonesian Scientific Journal Database. 

ISJD merupakan lembaga milik LIPI, yaitu lembaga yang bisa mengeluarkan nomor ISSN bagi setiap penerbitan di Indonesia. Tanpa LIPI kita tidak bisa mendapatkan nomor ISSN tersebut. Nah, salah satu kewajiban ketika sudah mendapatkan ISSN tersebut adalah melaporkan artikel-artikel yang sudah diterbitkan tersebut ke LIPI lewat ISJD. 

Sebenarnya ketentuan ini sudah ada di Surat Keputusan (SK) tentang nomor penerbitan. SK tersebut bisa dilihat di bawah ini.


Silakan diperhatikan pada poin kedua yang menyebutkan

Pengelola/Penerbit wajib mengirimkan berkas digital atau softcopy setiap nomor terbitan dalam format PDF melalui email [email protected], baik untuk terbitan tercetak maupun online, agar dapat dikelola dan diakses melalui Indonesian Scientific Journal Database (ISJD).

Pertanyaannya adalah bagaimana caranya melaporkan artikel yang sudah diterbitkan itu? Hal ini saya tanyakan langsung kepada pihak LIPI yang mengeluarkan ISSN tersebut. Jawaban dari admin adalah mencantumkan seluruh komponen yang terdapat di dalam jurnal. 

Komponen tersebut adalah sebagai berikut: 

  1. Sampul terbitan yang lengkap sesuai dengan aturan pembuatan kover (pdf)
  2. Halaman redaksi dan mitra bestari (pdf)
  3. Daftar isi (pdf)
  4. Seluruh artikel yang sudah diterbitkan (pdf)

Jika ke empat hal tersebut sudah terpenuhi dan formatnya adalah pdf, maka selanjutnya silakan diconvert menjadi satu berkas berbentuk .zip atau .rar 

Catatan
Bentuk artikel tidak digabung, melainkan satu artikel satu berkas pdf, namun tetap harus disesuaikan halamannya. Artinya halaman harus berlanjut, tidak dimulai dari awal. 

Jika semua berkas sudah digabungkan menjadi satu folder dan berbentuk .zip atau .rar maka selanjutnya mengirimkan berkas tersebut ke pihak ISJD melalui surat elektronik [email protected]

Jangan lupa untuk membuat pengantar yang berisi tentang nama jurnal, nomor ISSN dan tentunya juga nama terang. Hal ini agar memudahkan pihak ISJD dalam mengindeks terbitan di jurnal yang kita ajukan. 

Sekian ya tutorial indeks artikel jurnal di ISJD, jika ada pertanyaan silakan cantumkan di kolom komentar. Semoga bermanfaat. 

Qowim Musthofa
Qowim Musthofa Dosen IIQ An-Nur Yogyakarta Fakultas Ushuluddin Prodi Ilmu Hadis

Post a Comment for "Cara Indeks Artikel Jurnal di ISJD (Indonesia Scientific Journal Database)"