Widget HTML Atas

Tips Merawat Buku Agar Tidak Cepat Rusak

Buku adalah ... anak gembala selalu riang dan bergembira. Wkwkwkw.

Oke, kali ini saya akan membagikan tips tentang bagaimana cara merawat buku agar tidak cepat rusak dan nganu. Sebagai pembaca sekaligus pengedar buku, saya sering merasa eman-eman dengan kondisi buku yang tidak terawat, terutama kalau buku jualan. Haha.

Kalau buku koleksi pribadi sih merasa eman-emannya tidak terlalu, karena sebagian besar sudah pernah dibaca.

Buku, sebenarnya musuhnya cuma tiga, yaitu air, api dan rayap. (Apa ya bahasa Indonesianya rayap?)

Nah, untuk menanggulangi ketiga hal tersebut, inilah yang harus kita lakukan agar buku-buku yang kita miliki bisa awet, sukur-sukur bisa diwariskan kepada generasi berikutnya... He
Menjauhkan dari sinar matahari secara langsung bisa membantu buku agar tidak bergelombang sampul dan kertasnya.
Kasih sampul jangan lupa. Biar kalau kena apa-apa tidak mengotori sampul buku.

Kelembapan nantinya akan membuat buku menjadi berjamur, dan itu bisa merusak sampul dan kertasnya, hindari saja ya tempat-tempat yang lembab.
Posisi buku harus berdiri, jangan sampai ia tergeletak begitu saja pada waktu yang lama, sebab tumpukan buku yang banyak bisa menyebabkan buku tidak mendapatkan udara yang cukup hingga mengakibatkan jamur dan lembab.
Nah ini kunci terakhir, yaitu bersihkan buku. Debu-debu yang menempel pada buku jika menumpuk dalam waktu yang lama juga akan memengaruhi keawetan buku lho. Ya minimal satu minggu sekali lah bersihkan debu-debu itu memakai sulak atau kemoceng. Hehe
Sekian ya tips untuk merawat buku dari saya, ini sumbernya 99.co padahal itu situs jual beli jasa kredit perumahan. Kok bisa ya. Hahaha.

Hasembuh...
Qowim Musthofa
Qowim Musthofa Dosen IIQ An Nur Yogyakarta dan Pengedar Buku di Elbustane Bookstore

Tidak ada komentar untuk "Tips Merawat Buku Agar Tidak Cepat Rusak"

Berlangganan via Email