Ngintip Buku Quranic Parenting karya Dr. Abdul Mustaqim


Berawal dari poster seminar, saya tahu cover buku ini.

Mumpung seminar bedah bukunya gratis dan pengisinya adalah sang pengarang Dr Abdul Mustaqim yang merupakan dosen favorit jaman kuliah, maka ikutlah saya.

Alhamdulillah 

Buku ini menunjukkan latar belakang penulisnya yang merupakan doktor di bidang tafsir Alquran.

Beliau menekankan bahwa alquran memanglah bukan kitab parenting, tapi di dalamnya ada pedoman tentang bagaimana menjadi orang tua yang baik.
Alquran menekankan bahwa dalam mendidik anak harus dilandasi dengan kasih sayang, kesabaran, keikhlasan dan tanggung jawab. 
Sebagai orang tua, mindset yg harus dipunyai adalah bahwa anak adalah anugerah, bukan beban. Jika mindset positif yg terpasang, tentunya akan merasa lebih bertanggung-jawab terhadap amanah Allah ini.

Adapun ayat yang berulangkali disebutkan sekaligus dijadikan landasan parenting oleh pak Mustaqim adalah QS. Luqman ayat 12- 19.

Dalam rangkaian ayat tersebut, tergambar hal-hal penting yang harus diajarkan pada anak.

Utamanya adalah tentang ajaran tauhid. Kemudian berbakti pada orang tua, sifat tanggung jawab, tentang sholat, dan harus bersikap rendah hati.

Ajaran-ajaran seperti di atas dijelaskan secara sederhana namun komprehensif, sehingga pembaca akan merasa diajak berbagi, bukan menggurui.

Selain itu, yang sering diulang-ulang juga adalah mengenai pentingnya komunikasi pada anak, yang didasarkan pada ayat-ayat yang bercerita tentang penyembelihan Nabi Ishaq AS oleh ayahnya, Nabi Ibrahim AS.

Meskipun sudah jelas itu perintah dari Allah, nabi Ibrahim tetap meminta pendapat pada anaknya terlebih dahulu.

Kelebihan lain dari buku ini adalah kita akan menumkan tips-tips khusus untuk menangani berbagai permasalahan pada anak.

Misalnya bagaimana agar anak tidak minder, tidak suka malas-malasan, tidak suka memukul, dan lain- lain.

Dan sebagai pelengkap usaha lahiriyah, dalam buku ini pak Mustaqim banyak mencantumkan doa- doa dari Alquran dan hadis juga ijazah dari para kiai agar anak menjadi anak yang salih dan salihah, sekaligus sukses dunia akhirat.

Di antara kelebihan di atas, secara pribadi terdapat kekurangan.

Selain banyak pembahasan yg diulang sana sini, ada pula teori psikologi lama yang masih dicantumkan, yaitu teori tabula rasa.

Teori ini menyatakan bahwa bayi yang lahir seperti kertas putih, seluruh karakternya terbentuk dari lingkungannya alias tidak punya karakter bawaan.

Padahal penelitian terbaru menunjukkan bahwa setiap bayi punya karakter bawaan, seperti sanguinis, phlegmatis, koleris dan melankolis.

Terlepas dari sedikit kekurangan tersebut, tentu saja buku ini masih sangat layak untuk dibaca sebagai bekal para orang tua.

Apalagi jadi orang tua ndak ada sekolahnya kaaan?

Padahal jadi ortu jaman sekarang harus pinter-pinter mendidik menjaga anak dari zaman yang problematikanya sudah sebegini kompleks.

Pengen punya bukunya? Bisa beli di elbustane bookstore. FYI aja, buku ini ndak ada di toko-toko buku karena dicetak terbatas, hihi

Klik di sini untuk order via Bukalapak 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Ngintip Buku Quranic Parenting karya Dr. Abdul Mustaqim "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Dapatkan pemberitahuan artikel terbaru dari qowim.net secara gratis! Masukkan emailmu.