Ads #1

NPM Mahasiswa dan Bagaimana Cara Mengetahuinya?

Artikel kali ini akan membahas soal NPM Mahasiswa dan Bagaimana cara mengetahui NPM? Apa sih kepanjangan NPM?

Apa itu NPM Mahasiswa dan Cara Mengetahuinya

NPM Mahasiswa
qowim.net

Pengantar

Pendidikan Tinggi di Indonesia satu dekade kini sudah mengalami kemajuan secara administratif, buktinya data mahasiswa dan dosen sekarang sudah terpusat menjadi satu di bawah PDDikti atau Pangkalan Data Pendidikan Tinggi. 

Meskipun kadang-kadang masih mengalami keruwetan dengan gonta-ganti domain, tapi dari segi ijtihad menyatukan data, saya kira patut kita mengapresiasi pemerintah kita Indonesia ini. 

Anda bisa cek saja di alamat https://pddikti.kemdikbud.go.id 

Di sana Anda akan menemukan banyak sekali informasi terkait pendataan di perguruan tinggi di Indonesia, mulai dari data mahasiswa, dosen, jumal kampus di Indonesia hingga program studi. 

Sejak artikel ini ditulis jumlah mahasiswa di Indonesia yang terdaftar sejumlah 9.187.379 (sembilan juta seratus delapan puluh tujuh ribu tiga ratus tujuh puluh sembilan) 

Sedangkan untuk dosen berjumlah 290.137 (dua ratus sembilan puluh ribu seratus tiga puluh tujuh). Jumlah mahasiswa dan dosen tersebut berada di 4.554 (empat ribu lima ratus lima puluh empat) kampus dan 39.958 (tiga puluh sembilan ribu sembilan ratus lima puluh delapan) program studi di Indonesia. 

Jumlah yang sangat bombastis, konon Indonesia itu negara keempat paling banyak di dunia yang memiliki Perguruan Tinggi. Tapi, kualitasnya masih belum bisa mengalahkan Malaysia yang hanya memiliki ratusan PT, untuk tingkat dunia. Katanya ya, ini. 

Eh, malah gibah...

Lanjut soal NPM...

Jika kita kalkulasikan, rasion dosen dan mahasiswa adalah 31 mahasiswa/1 dosen mahasiswa. Ya, tergolong sesuai rasio lah ya, seingat saya rasio dosen dan mahasiswa menurut aturan Kemendikbud 1:60 untuk Strata 1. 

jumlah perguruan tinggi di Indonesia
qowim.net

Silakan perhatikan gambar di atas. Seperti itulah tampilan beranda dari PDDikti kita. 

Dari pangkalan data tersebut, kita bisa mengetahui status kita sebagai mahasiswa di mana, berapa lama dan apakah sudah lulus atau belum, bahkan kita juga bisa melacak status dosen secara riwayat pernah mengajar apa saja. 

Namun, karena ini judulnya adalah NPM Mahasiswa, maka kita fokus saja pada istilah dan bagaimana cara mengetaui NPM mahasiswa. 

Apa itu NPM Mahasiswa? 

NPM merupakan singkatan atau kepanjangan dari Nomor Pokok Mahasiswa. Dari nomor pokok tersebut memudahkan pangkalan data secara nasional untuk melacak riwayat pendidikan kita, hal ini tentunya berkaitan dengan pendataan di kampus yang Anda tempat. 

Jadi mudahnya Kemendikbud mewajibkan setiap kampus untuk melakukan pendataan atas mahasiswanya, lalu dari data tersebut diunggah ke PDDikti yang juga memiliki sistem tersendiri. Sistem akademik di kampus Anda malakukan sinkronisasi dengan kebutuhan data yang ada di PDDikti. 

Simpulan secara sederhana NPM merupakan nomor unik yang dimiliki oleh tiap mahasiswa agar mudah melakukan pemeriksaan riwayat pendidikan tiap mahasiswa. 

Nah, mulai sekarang sudah tak bingung lagi ya soal NPM? 

Jangan samakan NPM dengan NIM kampus, ya. Itu termasuk dua hal yang berbeda. Perbedaan NIM dan NPM adalah jika NIM itu yang membuat adalah kampus, sedangkan NPM yang membuat adalah Kemendikbud. 

Lebih kurang begitu. 

Lalu, bagaimana cara mengetahui NPM bagi mahasiswa? 

Manfaat Nomor Pokok Mahasiswa (NPM)

NPM Mahasiswa itu sangat penting bagi kelangsungan perjalanan mahasiswa secara administratif, baik di lingkungan kampus, maupun di taraf nasional. Berikut ini adalah beberapa manfaat NPM mahasiswa;

  1. Sebagai bukti Anda sudah tercatat secara nasional sebagai mahasiswa
  2. Menunjukkan bahwa kampus benar-benar diakui secara nasional dan dipastikan sudah terakreditasi
  3. Bisa sebagai syarat mengajukan beasiswa. Beberapa beasiswa memang mensyaratkan mencantumkan NPM, di samping memiliki rekomendasi dari pejabat kampus. 
  4. Bisa melacak studi mahasiswa selama belajar di kampus.
Seperti itulah manfaat NPM sesuai dengan pengamatan saya selama menjadi mahasiswa dan dosen. Beberapa kali ditanya oleh mahasiswa dan saya minta untuk cek sendiri di PDDIKTI. Selanjutnya saya akan bagikan bagaimana cara mengetahui NPM Mahasiswa.

Cara Mengetahui NPM Mahasiswa

Sebagaimana yang sudah tertulis sebelumnya, Anda bisa mengakses terlebih dulu tautan PDDikti https://pddikti.kemdikbud.go.id 

Sebenarnya istilah NPM Mahasiswa itu sih ambigu, karena M-nya pada singkatan NPM itu adalah kepanjangan dari Mahasiswa. Jadi, sebaiknya kalau bertanya NPM kamu berapa? alih-alih NPM Mahasiswamu berapa? 

Tapi karena yang sudah kadung familiar itu istilah NPM Mahasiswa, ya mau nggak mau juga sih, ngikutin aja biar lebih memahamkan saja. 😂

Oke biar lebih mudah saya tulis secara numerik saja, ya. Begini cara mudahnya

  1. Klik tautan PDDikti di atas 
  2. Bagian kanan atas terdapat ikon pencarian
  3. Tuliskan Nama Lengkap anda di sana, maka akan muncul data secara valid 

Misalnya saya tulis nama saya di ikon pencarian, maka yang muncul adalah sebagai berikut

NPM Mahasiswa
qowim.net

Perhatikan hasil pencarian di atas terdapat tiga hal; Data Dosen, Data Prodi dan Data Mahasiswa 

  • Data dosen menunjukkan bahwa Qowim Musthofa sudah mengajar di Institut Ilmu Al-Quran (IIQ) An-Nur Bantul Yogyakarta. Di sebelah nama saya terdapat NIDN kepanjangannya Nomor Induk Dosen Nasional. 
  • Data Prodi bisa klik hasil pencariannya untuk lebih lanjut
  • Data Mahasiswa di samping nama saya terdapat nomor 1320510036 nomor inilah yang disebut sebagai NPM 

Jadi, contoh NPM dalam hal ini adalah nama saya Qowim Musthofa maka nomornya adalah 1320510036. Itulah contoh nomor NPM. Nah seperti itulah cara untuk mengetahui NPM. Mudah sekali, bukan? Ini salah satu perkembangan yang patut untuk mengakuinya, yaaaa meskipun telat. Ingat kata pepatah ngawur

Lebih baik telat, daripada tidak sama sekali

Hhehehe 😁😁😁

Manfaat NPM 

Apa sih manfaat NPM? Banyak!

Di antaranya adalah untuk membuktikan bahwa status kemahasiswaan seseorang itu sah secara legal dan diakui oleh negara. 

Lah terus bagaimana kalau nama saya tidak ada di PDDikti?

Tenang, mungkin kampus Anda belum melakukan sinkronisasi dengan PDDikti. Periksa lagi dan tanyakan kepada pihak administrasinya apakah sudah terintegerasi dengan sistem PDDikti atau belum. Sebab ini menjadi salah satu kriteria penilaian akreditasi, baik prodi maupun institusi. 

Selain itu, manfaat NPM adalah memudahkan pendataan bagi negara, jadi pemerintah Indonesia agar tahu berapa jumlah sarjana tiap tahunnya, yang itu akan dijadikan sebagai bahan evaluasi sekaligus mengindentifikasi kebutuhan masyarakat dan negara kita. 

Penutup 

Saya kira cukup ya untuk menjelaskan apa itu NPM dan cara mengetahui NPM. Sebenarnya tidak hanya mahasiswa sih, dosen juga bisa teridentifikasi di PDDikti, sebab sebelum jadi dosen, kan dia tentu pernah menjadi mahasiswa, kan? 

Nah itu dia...

Eh iya, sebagai mahasiswa akhir jangan lupa terkait 5 hal yang harus Anda lakukan sebelum mengajukan judul skripsi. Kalau anda ingin tahu cara mengetahui NIDN dari dosen silakan membaca postingan berjudul Cara untuk Mengetahui NIDN nomor induk dosen nasional.

Qowim Musthofa
Qowim Musthofa Blogger yang tinggal di Bantul. Mengajar di Institut Ilmu al-Qur'an (IIQ) An-Nur Yogyakarta. Terima kasih telah berkunjung. Korespondensi melalui surel: [email protected]

Post a Comment for "NPM Mahasiswa dan Bagaimana Cara Mengetahuinya?"