Ads #1

Penjelasan tentang DA (Domain authority) dan PA (Page Authority)

Saya akan mengawali tulisan ini dengan pertanyaan "apa itu DA dan PA dalam istilah website dan perbloggeran?" - eh, perbloggeran? 😃  

Ya, kan? Sebagai pengelola website dan sekaligus penulis blog harus tahu dan familiar dengan istilah teknis seperti itu. Hmmm, apa sih itu DA atau singkatan dari Domain Authority? sekaligus menjawab pertanyaan Apa itu PA atau singkatan dari page authority? 

Begini penjelasan tentang hal-hal tersebut. Penjelasan ini sangat teknis, jadi sebisa mungkin akan saya jelaskan dengan bahasa-bahasa yang tidak terlalu njelimet. (Padahal, saya tidak pro-pro amat soal perwebsite-an). Hhahaha...

apa itu da pa blog
qowim.net

Domain Authority 

Situs MOZ memberikan informasi bahwa Domain Authority (DA) adalah skor peringkat mesin pencari yang memprediksi sekaligus memperkirakan seberapa besar kemungkinan sebuah situs web mendapat peringkat di halaman hasil mesin pencari (SERP). 

Skor Otoritas Domain berkisar dari 1 hingga 100, dengan skor yang lebih tinggi sesuai dengan kemungkinan peringkat yang lebih besar. Makin tinggi skornya maka makin bagus. 

Domain Authority didasarkan pada data dari indeks web Link Explorer dan menggunakan lusinan faktor dalam perhitungannya. Perhitungan Otoritas Domain yang sebenarnya itu sendiri menggunakan model pembelajaran mesin untuk secara prediktif menemukan algoritma. 

Tentunya algoritma tersebut menemukan hal yang "paling cocok" dan yang paling erat menghubungkan data tautan dengan peringkat di ribuan hasil pencarian aktual yang kami gunakan sebagai standar untuk diskalakan.

Biasanya, faktor yang besar adalah usia domain tersebut, makin tua domainnya bisa jadi makin besar pula skor DA yang dimiliki oleh sebuah blog.

Selanjutnya kita akan membahas tentang PA atau page authority

Page Authority

Page Authority (PA) adalah skor yang memprediksi seberapa baik peringkat halaman tertentu pada halaman hasil mesin pencari (SERP). 

Skor Otoritas Halaman berkisar dari satu hingga 100, dengan skor yang lebih tinggi sesuai dengan kemampuan yang lebih besar untuk menentukan peringkat.  

Page Authority didasarkan pada data dari indeks web dan memperhitungkan lusinan faktor. Seperti Domain Authority (DA), ia menggunakan model pembelajaran mesin untuk mengidentifikasi algoritma yang paling baik berkorelasi dengan peringkat di ribuan SERP yang kami prediksi, kemudian menghasilkan skor Otoritas Halaman menggunakan perhitungan khusus tersebut.

Lalu bagaimana penentuan skor PA?

Otoritas Halaman dihitung dengan cara yang sama seperti Otoritas Domain, tetapi pada tingkat halaman individual. PA didasarkan pada data dari indeks web yang mencakup jumlah tautan dan lusinan faktor lainnya (total lebih dari 40). Yang penting, itu tidak mempertimbangkan elemen on-page tertentu seperti penggunaan kata kunci atau pengoptimalan konten.

Seperti Domain Authority, Page Authority dihitung menggunakan algoritma pembelajaran mesin dan dengan demikian akan berfluktuasi saat data yang dimasukkan ke dalam algoritma berubah. Untuk alasan ini, yang terbaik adalah menggunakan PA sebagai metrik relatif untuk dibandingkan dengan halaman lain sebagai lawan dari nilai absolut yang "menilai" peringkat dari satu halaman mana pun.

Perbedaan DA dan PA

Mudah dan sederhananya begini, PA (page authority) itu mengukur kekuatan peringkat prediktif dari satu halaman, sedangkan DA (Otoritas Domain) mengukur kekuatan seluruh domain atau subdomain. Metrik, bagaimanapun, dihitung menggunakan metodologi yang sama — jadi dalam banyak hal, metrik tersebut lebih mirip satu dengan yang lainnya.

Saya kira penjelasan ini sudah cukup untuk menjadi gambaran tentang DA dan PA bagi blog. Selanjutnya bagaimana caranya cek DA dan PA pada sebuah blog atau website. 

Cara Cek DA dan PA Blog

Cara untuk cek DA dan PA blog sangat mudah, kita hanya perlu menggunakan jasa dari berbagai platform yang secara khusus memang memberikan jasa optimasi website. Berikut ini adalah 3 website yang sering saya gunakan untuk cek DA dan PA blog. 

1. MOZ

cek da pa moz
tampilan moz.com - qowim.net

Pada website ini kita bisa mengecek DA dan PA secara mudah dengan beberapa macam fitur lainnya yang mungkin dibutuhkan oleh profesional bidang internet marketing. 

Di MOZ juga menyediakan versi berbayar dengan fitur yang tentunya lebih lengkap dan bermanfaat untuk mengembangkan media digital di internet. 

Silakan pergi ke https://moz.com/domain-analysis

2. Ahrefs

cek da pa di ahrefs
tampilan ahrefs - qowim.net

Silakan kunjungi laman ahrefs lalu cari menu Domain authority dan page authority. Namun anda harus cepat-cepat setiap harinya, sebab penggunaan secara gratis pada web ini dibatasi dalam setiap harinya. 

Namun, kalau anda memiliki yang lebih bisa juga berlangganan secara premium agar tetap bisa menggunakan fasilitas dari ahrefs ini secara lebih lengkap dan tentunya memuaskan. 

Jika anda tertarik silakan pergi ke https://ahrefs.com/site-explorer

3. Semrush 

cara cek da pa semrush
tampilan semrush.com - qowim.net

Dari sekian banyak website yang menyediakan layanan semacam ini, yang lebih sering saya gunakan adalah semrush ini. Anda hanya mendaftarkan diri saja membuat akun lalu mendapatkan data yang lumayan lengkap jika hanya untuk cek DA dan PA secara berkala. 

Dibanding yang lainnya, semrush ini bagi saya lebih banyak data yang disediakan untuk versi gratisannya. Kalau anda merasa belum puas dengan data yang tertera secara gratis, anda juga bisa melakukan subscribe dengan bayaran yang tentunya lumayan. 

Lumayan berat dan besar bagi penulis artikel blog yang dikelola secara pribadi seperti ini. Kunjungi alamat website https://www.semrush.com/analytics/overview/?searchType=domain di sana tinggal ketik saja nama domain yang ingin anda ketahui. 

Penutup

Sudah dulu ya pembahasan tentang cara cek DA dan PA di blog. Semoga tulisan ini bisa memberikan manfaat dan tentunya bisa mengetahui perkembangan blog yang dikelola. 

Qowim Musthofa
Qowim Musthofa Blogger yang tinggal di Bantul. Mengajar di Institut Ilmu al-Qur'an (IIQ) An-Nur Yogyakarta. Terima kasih telah berkunjung. Korespondensi melalui surel: [email protected]

Post a Comment for "Penjelasan tentang DA (Domain authority) dan PA (Page Authority)"