Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

ads.header2

5 Jenis Artikel yang Paling Banyak Dicari Tahun 2022

Assalamualaikum wa rahmatullah wa barakatuh. Semoga sehat dan bahagia di sela-sela cobaan, ya. Hidup ini memang cobaan, kita hanya bisa menjalaninya dengan sabar sambil mengambil pelajaran. Allah maha baik, kepada semua makhluk yang ia ciptakan. 

artikel paling sering dicari

Pengantar

Salah satu tujuan ngeblog yang paling banyak adalah mendatangkan pengunjung sebanyak-banyaknya. Setuju nggak? Hehe. La ngapai nulis capek-capek kalau tidak ada yang baca? Iya, kan? Kecuali kalau anda hanya ingin membuat laman secara privat saja di internet. 

Namun, apapun itu, pasti tujuan paling banyak adalah bagaimana caranya agar tulisan kita dibaca oleh sebanyak-banyaknya pengguna internet. 

Agar artikel kita ditemukan di mesin pencari, tentunya kita harus mendaftarkan blog kita di Google, Microsoft bing, dan mesin-mesin pencari lainnya. Tak semua blog bisa diindeks oleh mesin pencari, kecuali kalau blognya sudah berumur lama. 

Terkait cara atau tutorial indeks di google bisa baca di tulisan saya berjudul Cara Menambahkan Situs di Google search console

Tak mudah memang mendatangkan pengunjung yang organik di internet, beberapa hal yang harus dikuasai adalah soal optimasi SEO artikel yang ramah pada mesin pencari, misalnya jika anda ingin mencari informasi tentang cara membuat blog, 

Tulisan ini tidak akan membahas soal teknis-teknis seperti itu, melainkan ingin membagikan pengalaman saja terkait jenis artikel yang paling banyak dicari di internet. 

Pengamatan saya, ada 5 jenis artikel yang paling banyak dicari di internet. 

Jenis Artikel yang Paling Sering Dibaca 

Inilah 5 jenis artikel yang paling sering dibaca di internet. Kalau anda ingin artikel yang sering dicari, maka kelima pilihan di bawah ini akan membantu anda untuk mendatangkan pengunjung. 

1. Artikel Ulasan Produk

Artikel ulasan produk merupakan salah satu dari 5 jenis artikel yang paling sering dibaca di internet. Kok bisa? Hal ini dikarenakan banyak warganet yang, ketika ingin membeli sesuatu ia harus tahu tentang spesifikasi kegunaan dan manfaat bahkan membutuhkan ulasan-ulasan bagi pengguna barang tersebut. 

Anda tentu sering menemukan artikel di internet tentang review-review produk gitu, kan? 

Ya, sebab banyak juga peminatnya. Ulasan produk ini juga bisa bermacam-macam, saya akan menuliskan beberapa dari kategori ulasan produk di sini. 

1.1 Ulasan Produk Kendaraan 

Indonesia memang menjadi salah satu pasar besar untuk kendaraan, makanya Jepang seneng banget jual produk-produknya ke Indonesia, kan? Coba lihat saja tiap tahun ada berapa jenis dan model sepeda motor dan mobil yang baru di Indonesia. 

Data teranyar dari BPS Indonesia mengungkapkan bahwa jumlah kendaraan di Indonesia di tahun 2020 sudah mencapai 136 juta. Sungguh sangat menggiyurkan, bukan? 

Banyaknya seperti itu, tentunya banyak juga orang-orang yang ingin mencari tahu pengalaman-pengalaman penggunaan motor terbaru. Meski demikian, ini tentunya bisa dijadikan sebagai konten artikel di blog agar blog kita memiliki banyak pengunjung. 

Tidak harus ulasan secara mendetail, anda bisa menceritakan spesifikasi dan beberapa hal yang terbaru dengan referensi di situs-situs resmi milik merk motor tersebut. 

Coba, deh!

1.2 Ulasan Produk Peralatan Rumah Tangga 

Ibu-ibu muda yang melek internet pasti sangat teliti dalam membeli produk peralatan rumah tangga. Ini adalah kesempatan emas bagi blogger. Biasanya emak-emak memang mencari informasi terlebih dulu terkait barang-barang yang ingin dibeli, oleh sebab itu ini bisa menjadi target pembaca yang empuk sekali. 

Banyak lo blogger-blogger yang mengkhususkan tulisannya pada niche tentang ulasan produk peralatan rumah tangga. 

Ini bisa dijadikan sebagai referensi. 

1.3 Ulasan Produk Elektronik

Wah, ini memang salah satu niche yang sangat banyak peminatnya, mulai dari kecil, muda dan tua. Banyak sekali produk-produk elektronik dalam hal ini gawai atau gadget yang pembaruannya sangat cepat sekali. Oleh sebab itu banyak pula orang-orang yang mengumpulkan informasi tentang gawai yang ingin dibeli sebelum memutuskan untuk membelinya. 

Salah satu saluran youtube tentang ulasan produk elektronik adalah gadget in, tahu sendiri kan berapa followernya? jutaan. Lantas apakah blog masih worth it untuk dikunjungi?

Jawabannya pasti YES. Alasannya? Cepat dan efisien tanpa basa-basi bisa baca hal-hal yang paling penting saja. 

Jika durasi video bisa 15 menit setiap ulasan produk, dengan membaca tulisan kita bisa sebenarnya menghabiskan waktu hanya 5 menit saja untuk mengetahui ulasan dan fitur-fitur yang ada pada produk elektronik tersebut. 

Ya, soal visualisasinya, kita bisa kan sebenarnya mengambil foto-foto yang ciamik. Ini memang salah satu tantangan dari review produk elektronik. 

2. Artikel Travelling 

Banyak sekali orang-orang yang mempunyai hobi travelling, melakukan perjalanan entah ke tempat-tempat rekreasi atau wisata alam, bahkan ke luar negeri. 

Nah, biasanya sebelum orang-orang melakukan travelling, mereka akan mencari tahu informasi yang diperlukan untuk tempat-tempat yang menjadi tujuan. Biasanya informasi yang diperlukan adalah terkait biaya tiket, biaya penginapan bahkan retribusi. 

Informasi semacam itu sangat dibutuhkan oleh para traveller. Oleh sebab itu, menulis artikel tentang travelling sangat bermanfaat dan sangat dibutuhkan oleh masyarakat warganet.

Mau coba? Silakan deh, tapi harus dengan kata kunci yang tepat, ya. Jangan asal-asalan. 

3. Artikel Tutorial 

Artikel tutorial merupakan konten abadi. Saya sendiri sering menulis tutorial tentang blogger dan OJS di blog qowim.net ini. Selain panjang usia, banyak sekali orang-orang yang bertanya kepada saya tentang dunia blogger. 

Biasanya, kalau saya sudah pernah menulis, tinggal saya kasihkan saya tautannya ke mereka. 

Hal ini juga bisa membantu untuk menaikkan traffic blog yang kita kelola. Tutorial ini tidak hanya soal blogger, tetapi juga hal-hal sederhana yang sering kita lakukan saja. 

Misalnya, kalau anda mahasiswa bisa menulis terkait tutorial membuat artikel, membuat daftar pustaka, membuat daftar isi, hingga cara mereview jurnal yang selama ini sering dilakukan tugas-tugas kampus. 

Jika anda seorang ibu rumah tangga, anda bisa menuliskan tutorial tentang cara memasak, cara membersihkan peralatan rumah tangga, membereskan rumah dan lain-lain. 

Alhasil, banyak sekali konten-konten yang bisa kita tuliskan tentang tutorial sederhana yang sering kita lakukan. 

Coba saja, deh!

4. Artikel Kuliner 

Terkait kuliner, ini juga sering menjadi rujukan para warganet yang hobinya makan dan mencoba warung-warung makan, mulai dari yang lesehan kaki lima hingga bintang lima. 

Informasi yang ditulis akan memberikan manfaat kepada para pembaca sebelum mereka memutuskan untuk berangkat ke kuliner yang menjadi keinginan mereka. 

Artikel tentang kuliner nantinya juga akan bermanfaat meningkatkan jumlah kunjungan blog kita. Bahkan, bisa jadi blog kita akan diendorse oleh para pemilik restoran agar kita menuliskan tentang restoran mereka di blog yang kita kelola. 

Menarik, bukan?

5. Artikel Ulasan Pendidikan

Pendidikan adalah yang paling dibutuhkan oleh masyarakat kita, ia menjadi kebutuhan yang sangat bermanfaat pada keberlangsungan hidup bahkan masa depan. Oleh sebab itu, banyak sekali lulusan SMA terutama yang ingin mendaftar kuliah, namun masih bimbang terkait di mana dan jurusan apa. 

Ulasan pendidikan ini bisa memuat tentang profil lembaga pendidikan hingga jurusan-jurusan yang ditawarkan. 

Menulis tentang ulasan pendidikan sangat membantu untuk menaikkan traffic blog kita, lo. 

Apa hanya terbatas pada kampus saja? 

Tentu tidak, banyak sekali pilihan-pilihan yang bisa ditentukan, misalnya lagi soal lembaga pesantren, lembaga kursus dan lain sebagainya. 

Coba saja, deh. 

Simpulan

Dari kelima pilihan di atas, bisa mengambil simpulan bahwa pada dasarnya semua itu adalah terkait kebutuhan masyarakat. Apa yang dibutuhkan masyarakat, nah itu yang kita tulis. Sederhana sekali bukan? 

Penutup

Semoga konten tulisan tentang 5 jenis artikel yang paling banyak dicari pada tahun 2022 ini bisa memberikan manfaat dan semangat menulis. 


Qowim Musthofa
Qowim Musthofa Dosen IIQ An-Nur Yogyakarta Fakultas Ushuluddin Prodi Ilmu Hadis

Post a Comment for "5 Jenis Artikel yang Paling Banyak Dicari Tahun 2022"