Ads #1

Panduan Open Journal System (OJS) bagi Reviewer [Mitra Bestari]

Cara reviewer atau mitra bestari melakukan proses pemeriksaan (review) artikel yang ditugaskan. Sebenarnya hal ini sangat mudah dan sederhana jika kita memahami alur kerja (workflow) dari OJS PKP. Namun karena banyak yang belum memahaminya, maka saya tuliskan tutorial tentang reviewer. Panduan open journal system bagi reviewer.

cara reviewer jurnal online
reviewer jurnal online

Sebelum ke sana, ada baiknya anda membaca terlebih dahulu Pembagian Peran di OJS sesuai dengan Workflow di Jurnal Online. Agar mengerti lebih jauh tentang peran-peran yang harus dimainkan di dalam OJS. 

Cara Mitra Bestari Melakukan Review Jurnal di OJS. Hal ini ada 3 tahap yang harus dilakukan, menerima permintaan review, mengunduh berkas, melakukan review lalu mengunggahnya sekaligus memberikan keputusan.

Menerima Permintaan Review dari Editor

Sebagai reviewer, Anda. harus menerima permintaan dari editor terlebih dahulu untuk berkenan menjadi reviewer. Gambar di bawah ini ada 4 tahap. 

Sebelum menerima review tersebut, anda harus memastikan bahwa tema dari artikel tersebut sesuai dengan bidang keahlian Anda. Dan perhatikan pula waktu review yang diberikan kepada Anda.

Jika kedua hal tersebut belum bisa Anda setujui, anda berhak menolak proses review. Namun, jika dua hal tersebut memungkinkan untuk dilakukan, silakan menerimanya dengan mencentang (check) Yes, I agree to have my data collected and stored according to the privacy statement. 

mitra bestari jurnal
gambar 1

Memperhatikan Guideline dari Jurnal

Pada gambar 1 setelah anda menyetujui melakukan review, perhatikan step kedua yaitu tentang panduan review. Masing-masing jurnal memilki panduan yang berbeda. Jadi, pastikan sebelum melakukan review harus membacanya terlebih dahulu. 

Mengunduh dan melakukan Proses Review

Silakan unduh terlebih dahulu berkas yang sudah disiapkan oleh editor. Lakukan review secukupnya sesuai dengan panduan reviewer. 

Catatan Penting

Dalam proses review silakan buka berkas yang akan direview. Pada menu microsoft word silakan pilih menu peralatan/tools lalu pilih protected documen/lindungan dokumen silakan pilih dan centang privasi untuk menghapus semua informasi perubahan. Lihat gambar di bawah ini; 

double blind review
qowim.net

Mengapa demikian? karena sistem di jurnal ilmiah menggunakan blind atau double blind review yang meniscayakan tidak ada informasi dari reviewer yang bisa diketahui oleh penulis.

Proses mereview artikel

Ketika mereview artikel silakan menggunakan fitur komentar di dalam microsoft word. Anda tidak perlu mereview dengan cara mengedit atau memberikan catatan di dalam dokumen. Cara memberikan komentar sebagai berikut;

  1. Pilih/blok tulisan yang ingin dikomentari
  2. Pilih menu insert/sisipkan di dalam microsoft word
  3. Lalu cari menu komentar/comment di toolbar microsoft word

Jika sudah melalukan review, silakan melanjutkan dengan memberikan keputusan dan mengunggahnya di OJS. 

Di dalam OJS sudah disiapkan dua kolom komentar. Pertama untuk editor dan penulis, kedua hanya untuk editor. Hal ini sifatnya optional jadi tidak harus diisi. Jika semua catatan sudah disematkan di dalam berkas, komentar dua kolom tersebut boleh saja dikosongkan. 

Namun, baiknya diisi saja, agar tampak oleh penulis dan editor. 

Review jurnal online
gambar 2

Setelah selesai, silakan unggah Berkas hasil Review yang terdapat di menu paling bawah.

Memberikan Keputusan

Keputusan hasil review bisa dilakukan setelah melakukan review artikel. Beberapa pilihan bisa dipilih untuk dijadikan referensi oleh editor tentang nasib dari artikel tersebut. 

review jurnal online
gambar 3

Meskipun keputusan terakhir ada di tangan editor, sebagai reviewer diberikan hak untuk memutuskan apakah artikel tersebut diterima, ditolak, membutuhkan revisi dan lain-lain.

Penutup

Itulah empat peran yang bisa dilakukan oleh reviewer tentang cara melakukan review artikel di jurnal online berbasis OJS. Semoga bermanfaat Panduan open journal system bagi reviewer ini. 



Qowim Musthofa
Qowim Musthofa Blogger yang tinggal di Bantul. Mengajar di Institut Ilmu al-Qur'an (IIQ) An-Nur Yogyakarta. Terima kasih telah berkunjung. Korespondensi melalui surel: [email protected]

Post a Comment for "Panduan Open Journal System (OJS) bagi Reviewer [Mitra Bestari]"