Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

ads.header2

Cara Mengetahui Broken Link yang Memengaruhi Kualitas Blog

Salah satu yang bisa merugikan dan menurunkan kualitas blog kita adalah adanya broken link di dalam blog. Apa itu broken link? 

broken link
broken link - qowim.net

Broken Link adalah tautan yang sudah tidak bisa diakses lagi, sebabnya bisa bermacam hal misalnya alamat blog dihapus, postingan dihapus atau faktor lain. Intinya tautan yang diklik ternyata sudah hilang di internet. 

Beberapa hari yang lalu saya iseng-iseng untuk cek-ricek broken link yang ada di blog saya. Setelah saya cek ternyata ada 28 link yang rusak. Bisa dilihat gambar di bawah ini;

Mengetahui Broken link di blog
Broken link di blog

Cara mudah untuk cek link erorr di Blog

Sebenarnya sangat mudah sekali kalau untuk sekadar mengetahui link erorr yang ada di blog kita. Cukup ikuti 3 langkah di bawah ini saja.

  1. Pergi ke https://brokenlinkcheck.com
  2. Masukkan alamat blog Anda
  3. Submit dan tunggu beberapa saat. Biasanya 5-10 menit tergantung jumlah postingan yang ada di blog anda. 
  4. Selesai
Setelah selesai, silakan untuk mengedit ulang postingan-postingan yang ada di postingan. Anda cukup klik url yang ada di sebelah kanan alamat yang terdapat broken link. Mengedit bisa jadi dengan mematikan link atau bisa jadi dengan mengubah alamat link tersebut agar tautannya bisa. 

Saran Tipis-Tipis

Sebagai seorang blogger, jangan sembarangan meletakkan link aktif di postingan. Pilih secara selektif saja link-link yang ingin dicantumkan di dalam blog. Minimal syaratnya blog tersebut harus update terus dan kemungkinan kecil selalu dikelola oleh pemiliknya. 

Kalau kita sembarangan meletakkan link di postingan, khawatir nantinya akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, contohnya link tersebut ternyata sudah rusak. 

Jika di dalam postingan blog terdapat tautan yang rusak, atau alamat url diganti sedangkan sudah diindeks di google, silakan baca tulisan berjudul Cara membuat pengalihan khusus di blogspot.

Penutup

Mudah sekali, kan cara mengetahui broken link di blog yang ternyata bisa memengaruhi kualitas blog kita. Semoga bermanfaat, ya. 


Qowim Musthofa
Qowim Musthofa Dosen IIQ An-Nur Yogyakarta Fakultas Ushuluddin Prodi Ilmu Hadis

Post a Comment for "Cara Mengetahui Broken Link yang Memengaruhi Kualitas Blog"